Warga Indonesia Memilih Barang Preloved Setelah Pandemi Ubah Kebiasaan Belanja

Carousell

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Menjelang Hari Bumi pada 22 April nanti, Carousell, salah satu marketplace terbesar dan paling cepat berkembang di dunia, menganalisa niat pembeli dan perilaku pembelian barang preloved di Indonesia.

Dari data yang ada, Carousell menemukan bahwa individu berusia 18-24 tahun mencari barang preloved 69% lebih sering dibanding barang baru dengan fesyen wanita dan fesyen pria menjadi kategori yang paling sering dicari. Tetapi, individu berusia 54 tahun keatas memiliki kecenderungan untuk mencari barang preloved, menunjukan ketertarikan mereka terhadap barang preloved dibanding barang baru dengan perbedaan yang mencapai 96%. Diantara tahun 2020 sampai 2021, setelah pandemi merajalela, daftar barang preloved di Carousell telah tumbuh lebih dari 100% dengan kategori fesyen wanita, fesyen pria dan barang bayi menjadi kategori unggulan.

Menurut laporan dari Ellen MacArthur Foundation, setiap tahun lebih dari $500 Milyar (IDR 7.2 Triliun) terbuang dikarenakan konsumen membuang baju yang mereka masih bisa pakai dan juga karena daur ulang tidak terlaksanakan dengan baik. Memilih untuk membeli baju preloved adalah salah satu cara berkelanjutan untuk berbelanja dan memperpanjang hidup baju yang kita miliki. Di Carousell, merek fast fashion seperti Zara, H&M dan Coach mendominasi data pencarian untuk individu berusia 25-54 tahun. Zara, H&M juga mendominasikan data pencarian untuk umur 18-24 tahun bersama dengan Uniqlo membuktikan bahwa kita dapat memperpanjang umur dari barang fast fashion tersebut.

Peringati Hari Bumi, SodaStream Berkomitmen Menyelamatkan Satu Juta Penyu Selama April Ini

Untuk membuat barang preloved menjadi pilihan pertama di Indonesia, Carousell telah melakukan kolaborasi bersama Kitabisa, platform fundraising dan donasi paling populer di Indonesia dan Lyfe With Less, komunitas sustainability lokal yang telah menjadi advokat untuk decluttering melalui inisiatif mereka #BelajarJadiMinimalis di Indonesia.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Kitabisa dan Lyfe With Less sebagai gerakan untuk mengajak warga Indonesia mengambil langkah kecil untuk kehidupan yang lebih hijau kedepannya. Sangat menggembirakan untuk tahu bawah pengguna Carousell telah memilih barang preloved sebagai pilihan pertama mereka, khususnya untuk fesyen. Laporan terkini telah menyatakan bahwa planet kita hanya memiliki 3-5 tahun untuk diperbaiki, urgensi untuk bergerak sekarang dan menyelamatkan Bumi sangatlah penting sekarang. Kami berharap Carousell dapat terus menjadi tempat pilihan untuk membeli dan menjual barang preloved” Ujar Kharisma Murti, Kepala Pemasaran Indonesia, Carousell.

Carousell ingin mengajak Indonesia untuk mengambil langkah terhadap sustainability dengan cara membeli dan menjual barang preloved. Dari sekarang sampai tanggal 22 May, pengguna Carousell dapat mendaftarkan barang mereka untuk dijual dengan tagar #PilihPreloved untuk dapat difiturkan dalam koleksi spesial Hari Bumi dimana setiap barang akan dihitung sebagai donasi sejumlah IDR 10,000 dimana dana akan disalurkan untuk pengurangan barang sekali pakai. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di laman ini.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini