Perbarui Kaspersky Safe Kids, Kini Orang Tua Miliki Banyak Pilihan Fasilitasi Preferensi Digital Anak

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Kaspersky telah memperluas fitur di versi terbaru Kaspersky Safe Kids. Kini, para orang tua memiliki lebih banyak pilihan untuk memfasilitasi preferensi digital anak dan hubungan mereka dengan gawai secara aman. Secara khusus, pemantauan YouTube yang telah diperbarui memungkinkan pengguna untuk memeriksa dengan akurat video mana yang telah ditonton anak-anak mereka di platform. Selain itu, Kaspersky Safe Kids juga memberikan perluasan bagi orang dewasa terkait perfilteran web dan fungsionalitas waktu layar untuk iOS, yang memungkinkan mereka memantau berapa lama anak-anak mereka menggunakan perangkat.

Menurut survei Kaspersky, sebagian besar anak-anak (57%) mendapatkan gawai pertama mereka ketika berusia antara enam dan sembilan tahun. Mereka menjadi akrab dengan berbagai layanan populer di masa kanak-kanak. Orang dewasa membutuhkan instrumen yang efektif untuk membantu anak-anak mereka membentuk kebiasaan penggunaan gawai yang sehat dan mengontrol waktu yang dihabiskan anak-anak pada gawai tersebut. Secara khusus, penelitian Kaspersky baru-baru ini menunjukkan bahwa YouTube adalah platform paling populer di kalangan anak-anak, sehingga orang tua ingin memastikan bahwa anak-anak mereka tidak memiliki akses ke konten yang tidak pantas di platform ini.

Pembaruan penting Kaspersky Safe Kids untuk orang tua terdapat di fitur pemantauan pada platform YouTube. Kini, laporan riwayat YouTube akan menunjukkan video tertentu yang ditonton anak-anak, sehingga orang dewasa dapat mengawasi preferensi dan hobi anak-anak mereka. Ini merupakan tambahan dari opsi sebelumnya, yang mencakup visibilitas atas kueri penelusuran YouTube si kecil serta kemampuan memblokir hasil permintaan penelusuran YouTube yang tidak sesuai usia (mis. terkait Alkohol).

Baru-baru ini, Apple memberi perusahaan otoritas untuk menggunakan Screen Time API, berkat Kaspersky yang dapat memperkaya fungsionalitas pemfilteran web dan kontrol perangkat di iOS. Pemfilteran web memungkinkan orang dewasa membatasi akses ke situs web berdasarkan kategori dan membuat laporan riwayat penelusuran. Opsi ini juga dapat membuat daftar situs yang diizinkan atau dilarang dan bahkan memblokir akses ke semua situs web, selain dari yang ditentukan oleh orang tua. Ini tersedia untuk browser seperti Google Chrome, Safari, Firefox, Yandex, Opera, duckduckgo dan Aloha.

Peningkatan penting juga telah diterapkan pada fungsi manajemen perangkat di iOS. Sebelumnya, karena keterbatasan sistem, pesan peringatan batas layar hanya dapat ditampilkan kepada anak yang menggunakan perangkat. Dengan versi yang diperbarui, ketika anak-anak melebihi batas waktu layar yang diizinkan, maka gawai mereka akan diblokir. Kaspersky Safe Kids masih memungkinkan pengoperasian aplikasi telepon penting perangkat agar tetap dapat berhubungan atau berkomunikasi dengan orang yang dicintai.

Kaspersky Safe Kids Terima Sertifikat Perangkat Lunak Pengawasan Orang Tua yang Diakui AV-TEST

Untuk memverifikasi kualitas tinggi Kaspersky Safe Kids, produk tersebut baru-baru ini menerima beberapa penghargaan. Misalnya, AV-TEST memberikan sertifikat penghargaan sebagai produk Perangkat Lunak Kontrol Orang Tua yang diakui pada tahun 2021, dan tingkat kategorisasi produk yang standarnya terus meningkat. Selain itu, di MWC 2022, Kaspersky Safe Kids dianugerahi aplikasi parental-control terbaik oleh Make Use Of (MUO).

“Anak-anak modern tidak dapat membayangkan hidup mereka tanpa ponsel cerdas, dan ini benar-benar normal. Aplikasi kontrol orang tua saat ini sebagian besar dirancang untuk membantu orang dewasa melindungi anak-anak mereka dari berbagai konten yang tidak pantas dan membantu mereka membangun hubungan si kecil dengan gawai sesuai keinginan mereka. Selain itu, aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan kebiasaan digital yang sehat sejak usia dini,” komentar Marina Titova, Wakil Presiden, Pemasaran Produk Konsumen di Kaspersky.

Untuk membantu anak-anak menghabiskan waktu di Internet dengan aman, Anda dapat:

  • Luangkan lebih banyak waktu untuk berkomunikasi dengan anak-anak tentang langkah-langkah keamanan online. Coba terlebih dahulu memperhatikan kebiasaan pada diri sendiri – apakah Anda menggunakan ponsel cerdas saat makan atau mengobrol? Lihat apakah ada pola anak-anak yang mengikuti kebiasaan Anda – apakah mereka bereaksi dengan cara yang berbeda saat Anda menyimpan ponsel Anda?
  • Minta anak Anda untuk tidak menyetujui pengaturan privasi apa pun dan dapatkan bantuan Anda sebagai gantinya. Orang dewasa harus membiasakan diri membaca semua perjanjian privasi.
  • Pertimbangkan untuk mengunduh aplikasi kontrol orang tua dan mendiskusikan topik ini dengan anak Anda. Jelaskan cara kerja aplikasi tersebut dan mengapa itu diperlukan agar tetap aman saat online.
  • Libatkan diri Anda dalam aktivitas online anak-anak sejak usia dini, sehingga ini adalah norma yang ditetapkan dan Anda dapat membimbing mereka dalam praktik keamanan online.
  • Jadikan pembicaraan tentang keamanan siber lebih menyenangkan dan menarik dengan mendiskusikannya dengan anak Anda melalui permainan dan format hiburan lainnya.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini