China Matters Tampilkan Warisan Hidup Bordir Miao di Guizhou

Bordir Miao

BISNISASIA.CO.ID, BEIJING – Terletak di medan kompleks barat daya China dan salah satu dari empat dataran tinggi, provinsi Guizhou adalah rumah untuk puluhan kelompok minoritas. Salah satu yang terbesar adalah kelompok etnis Miao.

Dengan sejarah lebih dari 2.000 tahun, minoritas Miao terbentuk selama Dinasti Qin dan Han. Di antara 11 juta penduduknya, sekitar setengahnya tersebar di provinsi Guizhou.

Menghuni terutama di daerah pegunungan, orang Miao hidup dengan bertani dan beternak. Kelompok etnis ini juga dikenal dengan pakaian dan sulamannya yang khas dan indah.

Orang Miao terlahir dengan bakat menyulam. Diajarkan oleh ibu dan saudara perempuan mereka, mereka mulai dilatih untuk menyulam Miao sekitar usia tujuh tahun. Pada masa remaja, gadis-gadis muda ini sudah terampil dalam kerajinan tangan.

Memperjuangkan Kebahagiaan Rakyat: Perjalanan Tiongkok Menuju Kesejahteraan Umum

Desa Huawu, yang terletak di kota Qianxi provinsi Guizhou, adalah rumah bagi ribuan pengrajin sulaman Miao yang berbakat. Direlokasi dari daerah pegunungan ke daerah pemukiman baru, penduduk desa Huawu hidup lebih baik dengan bordir Miao. Mereka juga melakukan upaya besar dalam meningkatkan lingkungan ekologi di sepanjang Sungai Wujiang.

Untuk mengetahui kisah lengkapnya, jurnalis video Inggris Adam datang dari Shanghai ke desa Huawu untuk mencari tahu lebih lanjut. Dia mengunjungi bengkel bordir Miao di desa dan mempelajari bagaimana kerajinan antik ini diturunkan dari generasi ke generasi. Adam juga menyaksikan transformasi tempat tinggalnya dari pondok-pondok usang menjadi rumah baru mereka yang tertata rapi.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini