Canton Fair Ke-131 Menandatangani Kontrak Kerja Sama Global dengan Riyadh Chamber of Commerce

Canton Fair Ke-131 menggelar acara peresmian kerja sama secara virtual bersama Riyadh Chamber of Commerce pada 14 April lalu.

BISNISASIA.CO.ID, GUANGZHOU – Canton Fair Ke-131 menggelar acara peresmian kerja sama secara virtual bersama Riyadh Chamber of Commerce pada 14 April lalu. Kerja sama ini menjadi bagian dari Canton Fair Global Cooperative Partnership Program untuk menjalin kemitraan resmi, serta meningkatkan hubungan perdagangan bilateral antara Tiongkok dan Arab Saudi.

Arab Saudi merupakan negara penting yang berpartisipasi dalam Belt and Road Initiative (BRI) Tiongkok, serta negara asal pembeli dalam jumlah yang cukup besar di Canton Fair. Riyadh Chamber of Commerce berdiri pada 1961 dan kini beranggotakan lebih dari 260.000 perusahaan. Asosiasi ini mengadakan lebih dari 1.000 kegiatan setiap tahun, serta menjadi kamar dagang terbesar dan paling berpengaruh di Arab Saudi.

Xu Bing, Juru Bicara Canton Fair dan Deputy Director-General, China Foreign Trade Centre, berkata, agar menjadi sarana yang baik bagi kebijakan pintu terbuka, serta mempromosikan pencapaian yang saling menguntungkan, Canton Fair Global Cooperative Partnership Program menjalin kerja sama multilevel, beraneka ragam, dan komprehensif bersama asosiasi bisnis dan industri asal luar negeri. Program ini menyediakan layanan perdagangan secara lengkap bagi perusahaan asal Tiongkok dan luar negeri guna mendukung perkembangan ekonomi serta perdagangan.

“Kami gembira menjalin kemitraan dengan Riyadh Chamber of Commerce, serta ingin mewujudkan kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua pihak. Kemitraan ini akan bermanfaat bagi kalangan perusahaan dari kedua negara, serta mendukung perkembangan ekonomi dan hubungan dagang Tiongkok-Arab Saudi,” ujar Xu.

Tiongkok dan Arab Saudi menjalin hubungan diplomatik pada 1990, sedangkan, hubungan bilateral kedua negara terus berkembang dalam banyak bidang. Kedua negara juga meningkatkan kegiatan pertukaran dan aliansi sebagai bagian dari Belt and Road Initiative, serta strategi “Visi 2030” Arab Saudi.

Canton Fair Ke-131 Mulai Berlangsung Hari Ini

Naif A. Alrajhi, Vice Chairman, Riyadh Chamber of Commerce, menilai, penandatanganan kontrak kerja sama ini mencerminkan pentingnya hubungan ekonomi dan dagang bilateral antara kedua negara. Riyadh International Convention & Exhibition Center, salah satu anggota Riyadh Chamber of Commerce, tak hanya merangsang pertumbuhan ekonomi lokal, namun juga mempromosikan hubungan dagang bilateral.

“Harapannya, kami akan berbagi sumber daya dan pertukaran kanal demi mewujudkan pencapaian yang saling menguntungkan. Hubungan bilateral akan menjadi unsur penting dalam keterkaitan “Visi 2030″ Arab Saudi dan Belt and Road Initiative,” jelasnya.

Canton Fair Ke-131 akan aktif memperluas jaringan pemasaran internasional, serta meneken kontrak kerja sama dengan 13 asosiasi industri dan bisnis di luar negeri yang berasal dari 12 negara (termasuk Laos, Kuwait, dan Albania). Canton Fair Global Cooperative Partnership Program juga akan menjangkau negara-negara anggota RCEP.

Hingga kini, China Foreign Trade Centre telah menjalin kerja sama dengan 157 asosiasi industri dan bisnis di luar negeri yang berasal dari 83 negara dan wilayah di seluruh dunia. Sebanyak 67 di antaranya berasal dari 40 negara yang berpartisipasi dalam Belt and Road Initiative, atau setara dengan 43% dari jumlah mitra.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini