Euisun Chung Dinobatkan Sebagai ‘Visionary of the Year’ di Ajang Newsweek’s World’s Greatest Auto Disruptors Award

Executive Chair Hyundai Motor Group Euisun Chung

BISNISASIA.CO.ID, SEOUL – Executive Chair Hyundai Motor Group, Euisun Chung, hari ini meraih penghargaan ‘Visionary of the Year’ pada acara Newsweek World’s Greatest Auto Disruptors.

Program penghargaan World’s Greatest Auto Disruptors 2022 ini telah berkembang dari Newsweek America’s 50 Greatest Disruptors – berisi daftar para visioner, inovator, dan pionir – yang diperkenalkan pada tahun 2021. Penghargaan baru ini juga memperhitungkan figur-figur yang berkontribusi terhadap perubahan di industri otomotif yang menggunakan teknologi secara optimal dan mampu memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat.

‘Visionary of the Year’ menjadi satu dari enam penghargaan yang diberikan pada acara tersebut, dan ditujukan kepada seorang pemimpin yang mengambil tindakan dan memberikan dampak dalam membentuk masa depan industri otomotif sekarang dan selama 30 tahun ke depan.

Newsweek mengakui Chung atas perannya yang berdampak bagi perkembangan Hyundai dan Kia di industri otomotif global. Di bawah kepemimpinan Chung, Hyundai Motor Group mendefinisikan kembali apa yang mungkin dikembangkan dari sisi mobilitas dengan terus meningkatkan kebebasan bergerak bagi umat manusia melalui elektrifikasi kendaraan, robotika, dan advanced air mobility (AAM) atau mobilitas udara tingkat lanjut.

“Para produsen mobil terdepan saat ini tengah mencoba mendorong batasan-batasan yang ada, dan hal inilah yang terus menginspirasi kami untuk terus bergerak dan memikirkan hal yang belum terpikirkan sebelumnya. Para pemain dalam daftar ini layak mendapatkan pengakuan karena telah berkontribusi mendorong industri, serta kepemimpinan mereka dalam menanggapi tantangan yang muncul selama pandemi, ”kata Nancy Cooper, Pemimpin Redaksi Global, Newsweek.

Executive Chair Euisun Chung, saat menerima penghargaan, mengatakan: “Mewakili Hyundai Motor Group, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Newsweek atas tiga penghargaan bergengsi ini. Penghargaan ini mencerminkan kerja keras semua yang ada di Hyundai dan mitra bisnis kami, yang berfokus pada transformasi Hyundai Motor Group menjadi penyedia solusi mobilitas cerdas dengan esensi keberlanjutan sebagai inti dari apa yang kami lakukan. Dedikasi mereka untuk menciptakan teknologi yang belum terpikirkan sebelumnya menjadi sebuah kenyataan adalah alasan saya di sini untuk berbagi kehormatan ini.”

Chung menambahkan: “Saya percaya kendaraan adalah cara untuk menghubungkan orang. Tidak ada yang lebih manusia daripada keinginan yang tak terpuaskan untuk mengeksplorasi, berimajinasi, dan membuat kemajuan. Mobilitas secara harfiah dapat menyatukan orang. Dan ketika kita bekerja sama, manusia mampu melakukan hal-hal yang luar biasa.”

Dukung Ekosistem Usaha Sosial, Hyundai Motor Group Luncurkan Hyundai Start-Up Challenge Indonesia 2021

“Hyundai Motor Group berkomitmen untuk mewujudkan visi mobilitas yang memberi manfaat bagi seluruh umat manusia. Kami ingin memberikan lebih banyak waktu dan lebih banyak ruang bagi semua orang untuk melakukan apa yang benar-benar menginspirasi mereka. Tentu saja, Hyundai Motor Group tidak dapat mencapai ini sendirian. Saya berharap visi kami menginspirasi imajinasi orang-orang berbakat di seluruh dunia, dan mereka akan bergabung dengan kami dalam memecahkan tantangan terbesar yang dihadapi umat manusia,” kata Chung mengakhiri pidatonya.

Secara keseluruhan, Hyundai Motor Group memenangkan tiga dari enam penghargaan yang diberikan pada acara World’s Greatest Auto Disruptors 2022. Disamping penghargaan yang diterima Chung sebagai ‘Visionary of the Year’, Newsweek juga memberikan penghargaan kepada Group untuk ‘Research and Development Team of the Year’ and ‘Powertrain Evolution of the Year’.

Pusat Pengembangan Arsitektur Kendaraan atau Vehicle Architecture Development Center dari Hyundai Motor Group dianugerahi penghargaan ‘Research and Development Team of the Year’ untuk pengembangan Electric-Global Modular Platform (E-GMP), sedangkan Unit Teknologi Penggerak Elektrifikasi atau Electrified Propulsion Technology Unit dianugerahi ‘Powertrain Evolution of the Year’ untuk mengembangkan sistem baterai 800 volt. Kedua penghargaan tersebut mencerminkan upaya berkelanjutan Hyundai Motor Group untuk berinovasi dan menghadirkan solusi mobilitas baru ke pasar.

Di bawah kepemimpinan Chung, Hyundai Motor Group mempercepat penyebaran penerapan robotika dan teknologi AAM serta mengeksplorasi peran mereka dalam pengembangan kota pintar di masa depan. Chung juga mempelopori transformasi perusahaan menjadi penyedia solusi mobilitas yang berpusat pada manusia.

Hyundai Motor Group mengembangkan komersialisasi produk robotnya melalui perusahaan afiliasi robotika mereka yaitu Boston Dynamics. Awal tahun ini di acara CES, Group mengumumkan visi robotikanya, yang menghubungkan robot dan Metaverse untuk menciptakan ‘MetaMobility’, memperluas mobilitas ke dunia virtual.

Untuk “autonomous driving”, Hyundai Motor Group berinovasi melalui Motional, perusahaan joint-venture bersama Aptiv, untuk mengembangkan teknologi mengemudi otonom yang revolusioner namun tetap aman yang akan dipamerkan melalui robotaxi IONIQ 5 yang akan dikomersialkan di tahun 2023.

Selain itu, afiliasi Hyundai Motor Group lainnya, Supernal, akan mengembangkan mobilitas udara canggih bertenaga listrik atau advanced air mobility (AAM) pada tahun 2028 untuk digunakan di daerah perkotaan. Sambil menambahkan dimensi baru pada mobilitas, kerjasama ini juga bertujuan untuk merevolusi bagaimana masyarakat bergerak, saling terhubung, dan beraktivitas sehari-hari.

Hyundai Motor Group juga telah melakukan kemajuan yang signifikan dalam elektrifikasi dengan memperkenalkan kendaraan listrik penuh bertenaga baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV) yang telah mendapatkan berbagai penghargaan yaitu Hyundai IONIQ 5 dan Kia EV6. Kedua mobil listrik ini menggunakan platform BEV khusus yang diciptakan Hyundai Motor Group, yaitu E-GMP. Dengan jajaran produk yang sangat kompetitif, Hyundai bertujuan untuk mencapai penjualan BEV tahunan sebesar 3,07 juta unit pada tahun 2030.

Selain elektrifikasi, Hyundai Motor Group juga secara aktif menciptakan ekosistem energi hidrogen, bekerja sama dengan mitra eksternal dan berhasil mendapatkan kemampuan penting seperti pembangkit tenaga menggunakan sel bahan bakar atau fuel cell.

Chung juga mengawasi peluncuran dari lini produk performa tinggi N brand dari Hyundai Motor Company, serta merek premium Genesis.

Selain itu, Chung bertanggung jawab untuk membawa desainer terkenal dunia termasuk Peter Schreyer dan Luc Donckerwolke menjadi bagian dari Hyundai Motor Group. Mereka membawa Hyundai dan Kia sebagai yang terdepan dalam hal desain dengan produk yang sangat diminati dan menarik hati generasi baru pembeli mobil, sehingga menelurkan berbagai penghargaan desain untuk merek Hyundai, Kia dan Genesis.

Chung merupakan Presiden Kia dari 2005 hingga 2009 sebelum menjadi Vice Chairman dan kemudian menjadi Executive Vice Chairman Hyundai Motor Group, dan bertanggung jawab untuk beragam perusahaan afiliasi di industri otomotif, baja dan konstruksi, termasuk Hyundai Motor Company dan Kia Corporation. Chung dilantik sebagai Executive Chair Hyundai Motor Group di bulan Oktober 2020.

Di bawah kepemimpinan Chung, budaya perusahaan baru sedang dibangun, dengan mendorong orang untuk mencoba hal-hal baru, berpikir kreatif dan proaktif. Dia percaya bahwa transformasi besar perusahaan dapat dibentuk oleh karyawannya, memanfaatkan bakat dan antusiasme mereka untuk mempercepat perubahan.

Kepemimpinan Chung telah diakui dengan banyak penghargaan industri bergengsi, termasuk Trofi Issigonis yang diberikan oleh Autocar, dimana Chung dinobatkan sebagai salah satu dari Top 200 New Generation Industry Leaders by the World Economic Forum.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini