Illumina Singapore Raih Dua Peringkat Unggulan dalam “Singapore’s Best Employers Award”

BISNISASIA.CO.ID, SINGAPURA – Illumina Singapore, anak usaha Illumina Inc (NASDAQ: ILMN) menempati peringkat #17 pada kategori umum, dan peringkat #1 pada kategori Healthcare Equipment & Services dalam ajang “Singapore’s Best Employers Award”.

“Singapore Employer of Choice” adalah riset berskala luas dan komprehensif tentang perusahaan pemberi kerja. Riset ini mengevaluasi daya tarik perusahaan sebagai tempat berkarier di Singapura berdasarkan survei independen yang melibatkan tenaga kerja. Lebih dari 200.000 rekomendasi telah terkumpul pada Agustus-September tahun lalu.

“Kami gembira menerima penghargaan ini untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Peringkat kami terus meningkat selama beberapa tahun terakhir, khususnya di tengah tantangan pandemi. Kami ingin mewujudkan pengalaman terbaik bagi tenaga kerja, serta selalu menghargai dan merespons masukan dari tenaga kerja dengan sebaik-baiknya. Hal ini turut mendukung peningkatan yang berlangsung selama beberapa tahun terakhir,” ujar Dorothy Wong, Vice President, Human Resources, Asia Pasifik.

Program pelatihan dan pengembangan SDM Illumina dijalankan dengan prinsip bahwa peluang pengembangan diri dan belajar selalu hadir pada setiap jenjang karier. Pola pikir yang mengutamakan pertumbuhan ini berawal dari konsep learning over knowing, secara bersama-sama mencari ide baru dan menjawab tantangan sambil berkembang.

“Program pengembangan karier Illumina memiliki keunikan. Saat pertama kali bergabung, saya belum pernah bekerja di industri bioteknologi. Namun, saya termotivasi memiliki impian besar, mencoba dan bereksperimen. Dengan berpegang pada prinsip-prinsip inovasi dan bergerak cepat, Illumina sering memberikan kebebasan bagi saya untuk menjalankan uji coba cepat, menemui kegagalan dengan cepat, belajar, dan meneruskan langkah. Hal ini saya peroleh dalam banyak inisiatif. Dengan demikian, saya menguasai banyak keahlian baru dan berkembang baik dalam karier,” jelas Ee Leen Goh, Consumables Manufacturing Director, sosok yang telah bekerja selama sembilan tahun di Illumina.

Illumina Singapore menawarkan tempat berkarier yang mengutamakan inovasi dan minat, menghargai bakat-bakat unik dari setiap orang, serta menghadirkan kolaborasi terbaik. Seluruh hal ini bertujuan guna menjalankan misi Illumina pada jenjang global.

Keterkaitan karier dan kehidupan pribadi bermakna penting bagi tenaga kerja Illumina. Demi membina hal ini, tenaga kerja memiliki hak cuti tambahan di luar ketentuan. Fasilitas cuti ini termasuk cuti dalam tanggungan perusahaan bagi ayah yang anaknya baru lahir (paid paternity leave) selama enam minggu. Cuti ini tidak berlaku spesifik pada gender tertentu. Selain itu, Illumina juga menawarkan hak cuti yang disebut Flexible Time Off. Fasilitas tersebut merupakan cuti tambahan dalam tanggungan perusahaan, di luar cuti tahunan, yang dapat digunakan sebanyak satu kali jika cuti tahunan telah habis, dan tidak ada batas waktu yang tetap untuk fasilitas cuti tambahan ini.

Illumina Singapore merupakan fasilitas kerja multifungsi yang dilengkapi pabrik, lokasi litbang, serta menawarkan metode bekerja fleksibel dan campuran. Dalam beberapa tahun terakhir, skor Engagement serta Trust & Confidence Illumina Singapore tetap konsisten, masing-masing mencapai di atas 85% dan 90%.

“Sejalan dengan budaya kolaborasi sebagai kunci kesuksesan perusahaan, kami memberdayakan para pemimpin dan timnya untuk mengelola metode bekerja secara kolektif. Metode bekerja ini menyeimbangkan kebutuhan SDM dan perusahaan. Hal tersebut sangat bermanfaat di tengah masa Covid yang menuntut fleksibilitas yang lebih besar,” kata Wong.

Berkantor pusat di San Diego, California, fasilitas operasional pertama Illumina di Singapura dibuka pada 2008, saat itu masih beranggotakan 10 orang tenaga kerja, dan menempati fasilitas seluas 38.000 kaki persegi. Kini, jumlah tenaga kerja Illumina Singapore telah mencapai lebih dari 1.600 orang, sedangkan, fasilitas kerjanya bertambah menjadi tiga gedung, bahkan lahannya kini 10 kali lebih luas dari fasilitas awal—mencapai luas 385.000 kaki persegi. Momentum berlanjut dengan fasilitas baru untuk penelitian dan pengembangan yang akan dibuka pada Triwulan I-2023.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini