Meta Melalui SheMeansBusiness, YCAB Foundation dan Rahasia Gadis Luncurkan Program Karya Perempuan 2.0

Program Karya Perempuan 2.0

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Setiap tanggal 21 April, Indonesia merayakan perjuangan R.A. Kartini sebagai pahlawan kesetaraan gender. Kiprah Kartini telah membuka pintu bagi perempuan Indonesia untuk berkarya, salah satunya adalah sebagai pengusaha. Namun perjuangan ini masih belum usai. Walaupun sebanyak 64,5 persen (BPS, 2021) dari total UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan, perempuan pelaku usaha kerap mengalami kendala dalam mengelola dan menumbuhkan usahanya dibandingkan laki-laki. Bahkan, menurut penelitian Cherie Blair Foundation for Women yang dilakukan di 42 negara, 70 persen perempuan mengatakan bahwa stereotip gender berdampak negatif pada usaha mereka. Turut memperjuangkan hal ini, Meta melalui SheMeansBusiness, YCAB Foundation bersama Rahasia Gadis meluncurkan program pelatihan Karya Perempuan 2.0.

Program ini hadir sebagai lanjutan dari kesuksesan pendahulunya, yang telah berhasil menjangkau lebih dari 500 perempuan pelaku usaha di 15 Provinsi. Karya Perempuan telah menjadi wadah bagi para perempuan pelaku usaha untuk saling berinteraksi, berjejaring, dan berkolaborasi untuk meningkatkan keahliannya dalam mengelola usaha. Tahun ini, Karya Perempuan 2.0 memiliki dua fokus utama, yakni memberdayakan perempuan pelaku usaha dan menjangkau perempuan muda dengan menggandeng komunitas Rahasia Gadis. Dari kolaborasi ini, ditargetkan memberdayakan 2.000 perempuan pelaku usaha dan 1.000 calon perempuan muda pelaku usaha, sehingga bisa menjadi pengusaha yang tangguh dan mematahkan bias perempuan pada lingkup usaha.

Veronica Colondam, CEO dan Pendiri YCAB Foundation menyampaikan, “Pemberdayaan perempuan merupakan salah satu fokus dari pelayanan YCAB Foundation. Perempuan yang berdaya, memiliki potensi untuk berkontribusi besar tak hanya bagi keluarganya, tapi juga masyarakat umum dan negara. Melalui Karya Perempuan 2.0, YCAB Foundation berharap dapat berkontribusi dalam menumbuhkan generasi perempuan pelaku usaha yang tangguh dan berdaya.”

Program Karya Perempuan 2.0 hadir dengan serangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan yang berdampak bagi perempuan pelaku usaha. Diantaranya, pelatihan Training of Trainers, kewirausahaan, literasi keuangan pemasaran digital, dan pendampingan usaha Semangat program Karya Perempuan juga sejalan dengan agenda pemerintah Indonesia dalam Presidensi G20 tahun 2022 yang mengangkat kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

YCAB Foundation Gandeng PT Chevron Pacific Indonesia Menggelar Pelatihan Manajemen Gudang Alat Kesehatan

Karissa Sjawaldy Manajer Kebijakan Publik Meta di Indonesia mengatakan, “Meta melalui SheMeansBusiness berusaha untuk menginspirasi, memberdayakan dan merayakan perempuan pelaku usaha di seluruh dunia, termasuk Indonesia di mana lebih dari 50 % pemilik UMKM merupakan perempuan. Kami berharap dengan kerjasama YCAB Foundation dan Rahasia Gadis, kehadiran Karya Perempuan bisa turut menjadi solusi untuk terciptanya kesetaraan gender yang lebih baik di lingkungan usaha , serta mendorong tumbuhnya generasi perempuan pelaku usaha yang tangguh.”

Sebagai langkah peluncuran program, Karya Perempuan 2.0 mengadakan webinar yang bertajuk “Perempuan Juga Bisa Berkarya, Dong!”. Webinar yang diadakan pada 13 April 2022 ini menghadirkan sejumlah pembicara yang merupakan penentu kebijakan, pakar, dan praktisi perempuan pelaku usaha. Diantaranya, Teten Masduki Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Veronica Colondam CEO & Founder YCAB Foundation, Nagita Slavina sosok figur publik dan perempuan pelaku usaha, Karissa Sjawaldy Manajer Kebijakan Publik Meta di Indonesia, Adelle Odelia Tanuri dan Dhika Himawan Co-Founder Rahasia Gadis. Webinar ini bertujuan untuk mengkampanyekan kepada publik tentang pentingnya peningkatan kualitas perempuan pelaku usaha dalam mendorong kesetaraan gender dan partisipasi perempuan pelaku usaha untuk mendukung pemulihan ekonomi Indonesia di masa pandemi.

“Kami sangat berterima kasih atas kerjasama dengan Meta serta YCAB Foundation dalam memperluas dampak kami agar seluruh perempuan di Indonesia bisa mendobrak stereotip negatif dan memenuhi potensi berkarya. Melalui platform yang kami miliki, sangatlah penting bagi kami untuk menghapus stereotip yang meremehkan dan merendahkan perempuan, terutama untuk membuka jalur bagi gadis-gadis muda yang ingin menjadi pengusaha atau berkarya dalam bidangnya.” ucap Adelle Odelia Tanuri dan Dhika Himawan, Co-Founder Rahasia Gadis.

Penting bagi perempuan untuk mengetahui bahwa mereka memiliki hak dan kekuatan untuk bekerja di sektor bisnis, sama seperti laki-laki. Melalui program ini, diharapkan dapat mengakselerasi pendobrak hambatan dan menghapus bias untuk mendorong lebih banyak perempuan terampil yang bisa membawa perubahan yang berkelanjutan dalam sektor bisnis.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini