Huawei Digital Power Selenggarakan Seminar Global Fasilitas Pusat Data Generasi Baru

Huawei Digital Power mengadakan "Next-Generation Data Center Facility Seminar" pada 12 April 2022.

BISNISASIA.CO.ID, SHENZHEN – Huawei Digital Power mengadakan “Next-Generation Data Center Facility Seminar” pada 12 April 2022. Acara ini mempertemukan hampir 200 pakar teknis dari Colo, perusahaan besar, operator telekomunikasi, biro konsultan, dan lembaga riset dari seluruh dunia. Para peserta acara bertukar ide tentang tiga topik penting, yakni definisi pusat data generasi baru, solusi daya listrik dan pendingin yang inovatif, serta cara mewujudkan otomatisasi fasilitas pusat data.

Charles Yang, Senior Vice President, Huawei dan CEO, Huawei Data Center Facility, dalam sambutannya, menyampaikan, “Setelah netralitas karbon menjadi konsensus global dan perkembangan ekonomi digital, industri pusat data menemui sejumlah tantangan, yakni borosnya konsumsi energi, besarnya jejak karbon, kendala kegiatan operasional dan pemeliharaan, serta rendahnya keandalan sistem. Demi menjawab sederet tantangan ini, pusat data harus mengubah format layanan, peranannya dalam suplai energi, serta model operasional dan pemeliharaan. Huawei akan berdiskusi secara mendalam bersama klien dan pelaku industri guna memahami tren pasar secara tepat waktu. Di sisi lain, Huawei juga ingin mempromosikan pembangunan hijau dan berkelanjutan di industri melalui inovasi dan investasi berkesinambungan.”

Topik 1: Definisi fasilitas pusat data generasi baru

Sanjay Kumar Sainani, Global Senior Vice President, dan Chief Technology Officer (CTO), Huawei Data Center Business, menilai, di tengah pesatnya pertumbuhan volume data dan daya komputasi, pusat data generasi baru berkembang menuju desain ramah lingkungan dan rendah karbon, ekspansi kapasitas yang elastis, implementasi cepat, arsitektur modular dan ringkas, serta kelestarian alam.

Pakar industri di acara ini mencapai konsensus tentang indikator kinerja utama untuk pusat data masa depan: selain Power Usage Effectiveness (PUE) yang telah banyak dipakai, metrik-metrik penting lainnya, termasuk Carbon Usage Effectiveness (CUE), Water Usage Effectiveness (WUE), Space Usage Effectiveness (SUE), Grid Usage Effectiveness (GUE), serta penurunan emisi polutan sepanjang siklus pemakaian, turut memengaruhi masa depan industri. Maka, pusat data generasi baru harus memiliki tingkat utilisasi energi terbarukan yang tinggi, efisiensi energi yang baik, keandalan, dan manajemen dengan teknologi cerdas.

Huawei Dukung Three Gorges Group Membangun Klaster Pusat Data Ramah Lingkungan yang Terbesar di Tiongkok Tengah

Topik 2: Inovasi teknologi daya listrik dan pendinginan untuk fasilitas pusat data generasi baru

Sistem catu daya dan pendinginan merupakan unsur-unsur penting dalam fasilitas pusat data. Di acara ini, para pakar memperkirakan, fasilitas pusat data generasi baru akan menggunakan arsitektur catu daya yang sangat sederhana, baterai litium ion, sistem pendinginan natural, serta sistem pendinginan dengan zat cair. Mengingat energi terbarukan yang segera menjadi sumber energi dominan, pengembangan pusat data rendah karbon dengan Sinergi “Generation-Grid-Load-Storage” akan menjadi tren utama. Lebih lagi, di tengah perkembangan teknologi dan kebijakan heat recovery, pusat data akan bertransformasi dari fasilitas yang menguras energi menjadi fasilitas yang menghasilkan energi.

Topik 3: Cara mewujudkan otomatisasi fasilitas pusat data

Hal terakhir, dalam hal manajemen fasilitas pusat data, para pakar berkata, teknologi digital kelak semakin terintegrasi dengan sistem catu daya dan pendingin. Integrasi ini memfasilitasi kegiatan pemeliharaan prediktif sehingga meningkatkan keandalan sistem. Teknologi cerdas juga diandalkan guna mengoptimalkan efisiensi energi demi menghasilkan PUE terbaik. Di era regulasi karbon, teknologi digital twin akan membantu pusat data mencapai manajemen karbon yang tervisualisasi dan akurat pada seluruh siklus pemakaian.

Sementara, collective intelligence akan dihimpun untuk menggambarkan masa depan fasilitas pusat data. Fei Zhenfu, CTO, Huawei Data Center Facility, menutup acara ini, dan berkata bahwa Huawei akan selalu membuat terobosan dalam solusi fasilitas pusat data, berkolaborasi dengan mitra untuk membangun ekosistem terbuka yang saling menguntungkan, serta menyambut era fasilitas pusat data generasi baru.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini