Huawei Dukung Three Gorges Group Membangun Klaster Pusat Data Ramah Lingkungan yang Terbesar di Tiongkok Tengah

BISNISASIA.CO.ID, YICHANG – Pada 29 Maret 2022, Three Gorges Group merampungkan tahap pertama Dongyuemiao Data Center Project di Yichang, Hubei. Huawei Digital Power memasok seluruh solusi infrastruktur pusat data dalam proyek ini. Pusat data ini terletak di sisi kanan Three Gorges Dam—salah satu pembangkit listrik tenaga air (PLTA) terbesar di dunia. Setelah ketiga tahap konstruksi dalam proyek tersebut selesai, pusat data ini akan memiliki 26.400 rak dengan luas lokasi lebih dari 100.000 meter persegi—menjadi klaster pusat data terbesar di Tiongkok Tengah.

Proyek tahap pertama, bernilai RMB 845 juta, membangun 4.400 rak seluas 40.000 meter persegi, termasuk ruang peralatan pusat data, gedung pusat komunikasi, dan gardu listrik 35 kV. Proyek tahap pertama menghabiskan lebih dari 200 juta kWh listrik per tahun yang dipasok PLTA Three Gorges Dam. Proyek pusat data ini menggunakan pendingin alami dari air di sungai sehingga menghemat konsumsi energi secara signifikan dan meningkatkan efisiensi energi.

Dongyuemiao Data Center dirancang dengan standar ruang peralatan kelas A tingkat nasional. Pusat data ini menggunakan teknologi unggulan serta produk yang dirancang secara internal, aman, dan mudah dikendalikan. Dengan demikian, Dongyuemiao Data Center menjadi pusat data berskala besar pertama yang ramah lingkungan dan tanpa karbon di Tiongkok. Huawei menyediakan seluruh solusi L0+L1, termasuk desain arsitektur sistem pusat data, suplai peralatan utama, serta pelaksanaan dan pengelolaan proyek secara terintegrasi.

Huawei Siap Luncurkan HUAWEI MateBook D14 dan D15 Terbaru Berdesain Mewah

Peralatan utama dalam rangkaian lengkap solusi dari Huawei Digital Power mencakup 160 ruang peralatan modular, 38 PowerPODs, 320 perangkat SmartLi, 160 kipas dinding bersuhu tinggi, 1 [email protected] (smart cooling system), serta 1 AI-Robot (untuk intelligent inspection). Peralatan tersebut membantu Three Gorges Group membangun pusat data yang ringkas, cerdas, aman, dan ramah lingkungan.

Seluruh Tiongkok berupaya mencapai target-target puncak karbon dan netralitas karbon yang telah ditetapkan. Unsur penting dalam proses ini adalah penurunan emisi karbon pada pusat data. Huawei Digital Power bekerja keras membantu Three Gorges Group membangun Dongyuemiao Data Center sebagai pusat data ramah lingkungan dan tanpa karbon. Demi mencapainya, Huawei menerapkan solusi mutakhir [email protected] guna menjaga angka power usage effectiveness (PUE) tahunan pada 1,25. Di saat bersamaan, solusi catu daya (power supply) PowerPOD+SmartLi menjamin tingkat keandalan pusat data dalam jangka panjang. Solusi PowerPOD+SmartLi juga menghemat suplai listrik dan ruang distribusi sebesar 40%. Dengan demikian, pusat data ini dapat menampung 500 rak tambahan. Seluruh solusi tersebut merupakan prafabrikasi agar klien cepat menerapkannya dalam beragam tahap. Artinya, TTM lebih singkat 50% dari metode konstruksi pusat data yang biasa.

Dongyuemiao Data Center adalah proyek transformasi digital penting bagi Three Gorges Group, serta menjadi bagian dari Rencana Lima Tahun Ke-14 yang memprioritaskan pembangunan hijau dan digital. Proyek pusat data ini membantu Tiongkok mengalihkan sumber daya komputasi dari Tiongkok Timur ke Tiongkok Barat. Berkat lokasinya yang berada di pusat provinsi Hubei dan berdekatan dengan Three Gorges Dam, proyek ini memiliki suplai energi bersih yang andal, serta tingkat keamanan yang baik. Proyek ini juga menjadi pengembangan ekonomi di kawasan sekitar Sungai Yangtze, dan mendukung digitalisasi nasional di Tiongkok.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini