Kolaborasi Shionogi dan Cloudera Percepat Litbang dan Mencapai Inovasi yang Berorientasi pada Data di Sektor Farmasi

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

BISNISASIA.CO.ID, SINGAPURA – Cloudera, perusahaan hybrid data cloud, hari ini mengumumkan, perusahaan farmasi asal Jepang, Shionogi & Co., Ltd., memilih Cloudera untuk meningkatkan fitur analisis data guna menghasilkan kinerja bisnis yang lebih baik, dan mewujudkan visinya, yakni membuat inovasi yang berorientasi pada data. Lewat kemitraan ini, Shionogi ingin mendemokratisasi akses atas data berjumlah masif, dan meningkatkan literasi data yang mempercepat riset dan peluncuran produk.

Sebagai perusahaan farmasi yang berfokus pada penemuan obat, Shionogi meneliti dan mengembangkan pengobatan dan bahan-bahan obat yang lebih efektif demi melindungi kesehatan dan kondisi kehidupan pasien. Masifnya data yang dihasilkan Shionogi berada di tempat terpisah pada platform yang berbeda-beda dan tersebar di beragam lokasi. Untuk mencapai visinya, mewujudkan inovasi yang berorientasi pada data, Shionogi memerlukan platform data komprehensif yang cepat mengumpulkan dan menganalisis data tersebut secara aman dan teratur. Kunci pentingnya adalah mendemokratisasi akses data sekaligus menjaga keamanan dan tata kelola data.

Lewat kolaborasi ini, Cloudera memperbarui platform data lama yang dipakai Shionogi menjadi Cloudera Data Platform (CDP), platform yang aman dan teratur, serta mudah terintegrasi dengan beragam sistem lain yang digunakan Shionogi. Shionogi juga telah menyatukan seluruh data yang sebelumnya ditempatkan secara terpisah. CDP akan berfungsi sebagai bank data terkonsolidasi. Satu sumber kebenaran data mempermudah akses data sehingga meningkatkan produktivitas ahli dan ilmuwan data Shionogi. Kemudahan akses ini diperoleh dari aktivitas berbagi informasi pada seluruh jenjang perusahaan, meningkatkan literasi data Shionogi. CDP memperlancar koneksi dengan perangkat business intelligence (BI) dan sistem analisis. Hal ini juga terwujud sambil menjamin keamanan dan tata kelola data. Dengan demikian, Shionogi mempercepat siklus hipotesis dan pengujian atas penemuan dan pengembangan obat.

Smart Axiata bermitra dengan Cloudera Guna Percepat Transisi Sebagai Perusahaan yang Berorientasi pada Data

Dr. Yoshitake Kitanishi, Vice President, Data Science Department, Shionogi & Co. Ltd., berkata, “Shionogi meyakini, data dan pengetahuan kolektif harus digunakan secara maksimal demi mencapai inovasi yang berorientasi pada data. Cloudera Data Platform menjawab kebutuhan kami—bank data yang aman, terkelola dengan baik, dan terintegrasi. Berkat kemampuan mengumpulkan dan menganalisis beragam data internal dan eksternal, baik terstruktur atau tidak terstruktur, CPD cepat mengolah data bervolume banyak. Lalu, kami segera memperoleh analisis bisnis, serta terhubung dengan perangkat BI dan sistem analisis sekaligus memenuhi proteksi privasi data dan regulasi lainnya.

“Kami gembira mendukung Shionogi memanfaatkan data untuk mentransformasi bisnis. Shionogi tengah mengembangkan obat-obatan Covid-19 dan kami bangga terlibat dalam proses tersebut. Solusi hybrid data cloud berskala luas dari Cloudera akan membantu Shionogi menjadi perusahaan yang berorientasi pada data,” ujar Takeshi Osawa, Managing Director, Jepang, Cloudera.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini