Toshiba Mewujudkan Masa Depan Tenaga Surya dengan Panel Fotovoltaik Perovskite

Isao Takasu, Fellow, Nano Materials and Frontier Research Laboratories Transducer Technology Laboratory, Corporate Research & Development Center, Toshiba Corporation

BISNISASIA.CO.ID, SINGAPURA – Tenaga surya adalah salah satu solusi energi bersih yang paling efektif dan penting. Sel surya perovskite yang tipis, ringan, dan fleksibel merupakan pilihan tepat. Toshiba telah mengembangkan sel surya perovskite dari lembaran film yang paling efisien dan berskala besar. Dengan demikian, Toshiba akan berkontribusi mewujudkan masyarakat yang berbagi masa depan yang lebih bersih, aman, dan berkelanjutan.

Kini, panel fotovoltaik (photovoltaic/PV) yang paling banyak digunakan terbuat dari silikon kristalin—komposisi berat dan kaku yang mempersulit pemasangan produk tersebut. Itu sebabnya, panel Perovskite PV dari lapisan film polimer menjadi produk alternatif generasi baru yang menarik. Panel jenis ini juga menawarkan beberapa keunggulan jika dibandingkan panel PV dari bahan silikon kristalin yang banyak dipakai. Lebih tipis, ringan, dan fleksibel, panel Perovskite PV dapat dipasang di lokasi-lokasi yang sangat sulit menggunakan modul PV silikon, seperti atap dengan daya dukung beban yang rendah dan jendela perkantoran.

Panel Perovskite PV berpotensi menghasilkan tingkat power conversion efficiency (PCE) yang serupa dengan panel silikon—Toshiba telah mengambil langkah penting untuk mencapai hal tersebut melalui metode one-step meniscus coating terbaru dan inovatif. Metode yang penuh terobosan ini meningkatkan PCE hingga 15,1% pada panel berukuran 703cm2—angka PCE tertinggi di dunia untuk panel Perovskite PV dari bahan lembaran film polimer yang berukuran besar. Keunggulan lain terletak pada kecepatan aplikasi zat pelapis (coating), kini 25 kali lebih cepat ketimbang proses Toshiba sebelumnya yang melibatkan dua tahap. Sederet keunggulan ini memperingkas dan menghemat biaya produksi, serta menghadirkan teknologi yang memiliki kelayakan dari sisi komersial pada masa mendatang. Maka, Toshiba ingin memasarkan panel ini pada 2025.

Kimberly-Clark Softex Beralih ke Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Menurut perkiraan, teknologi terbaru ini mampu menghasilkan daya listrik yang setara dengan dua per tiga konsumsi listrik tahunan di berbagai hunian di Tokyo jika terpasang di area atap seluas 164,9km2–kira-kira setara dengan luas atap seluruh bangunan di Tokyo. Teknologi ini juga berpotensi mendatangkan manfaat di seluruh industri, seperti manufaktur dan pertanian.

Ketika masyarakat ingin mengatasi berbagai jenis masalah lingkungan hidup, termasuk perubahan iklim dan sumber daya energi yang semakin menipis, tenaga surya dan sumber energi terbarukan lainnya sangat berperan penting dalam membangun masa depan berkelanjutan.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini