PT TPL Bawa UMKM Binaan ke Event The Onan Of Caldera Toba

PT Toba Pulp Lestari, Tbk (Foto: www.tobapulp.com)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Toba Pulp Lestari, Tbk (PT TPL) mengikutsertakan produk UMKM binaan perseroan di acara The Onan Of Caldera Toba di kawasan Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun pada 11-13 Maret 2022.

The Onan Of Toba Kaldera merupakan event yang menghadirkan hasil produksi UMKM dari 8 Kabupaten se-Kawasan Danau Toba.

Pada event ini, PT TPL menghadirkan sejumlah produk binaan di antaranya Madu Situak Ni Loba, Keripik Andaliman, Keripik Pisang Toba, Sambal Andaliman, Kopi dan Sabun Cuci Piring.

Produk tersebut merupakan hasil olahan dari Desa Siantar Utara, Kecamatan Parmaksian dan Desa Simare, Kecamatan Borbor, Kabupaten Toba, Desa Sosor Tolong Sihite II dan Lumban Julu Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, serta Nagori Sihaporas, Kabupaten Simalungun.

Ketua Asosiasi UMKM Kawasan Danau Toba, Marandus Sirait menuturkan, event ini harus bisa menjadi sarana bagi UMKM untuk mengembangkan berbagai produk, seiring dengan ditetapkannya Danau Toba sebagai destinasi super-prioritas pariwisata.

Dia juga mengajak para pelaku usaha untuk bergabung dalam asosiasi dalam upaya berbagi informasi dan meningkatkan kemampuan diri melalui pelatihan-pelatihan yang difasilitasi mitra kerja, seperti PT TPL.

“Kami berharap kepada para mitra kerja untuk terus melakukan pendampingan secara berkesinambungan agar pelaku UMKM berjalan dengan lebih cepat lagi,” ujarnya.

Dukung Pertumbuhan UMKM, DBS Sediakan Solusi Perbankan Digital Terintegrasi di Aplikasi CARInih

Sementara itu salah satu UMKM binaan TPL Jupiter Lumban Raja yang juga petani lebah madu dari Desa Aek Natolu merasakan dampak positif dukungan PT TPL, sehingga ternak Lebah yang dikelola berkembang.

Dia menceritakan, pendampingan yang diberikan telah berjalan selama 8 tahun, dan selama itu pula dia memperoleh pelatihan ternak Lebah hingga bisa menghasilkan produk Madu Situak Ni Loba.

Dia berharap, kedepannya PT TPL tetap memberikan fasilitas dan ilmu agar mereka lebih maju.

Hema Butar-butar didampingi Alexander Sitorus, Community Development Officer PT TPL mengatakan, pandemi COVID-19 memang memberi dampak yang besar dan mempengaruhi ekonomi dan pendapat masyarakat, terutama bagi pelaku bisnis lingkup besar maupun kecil.

“Namun PT TPL terus berkomitmen untuk dapat hadir memberikan kontribusi, serta mendukung pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi sosial, khususnya para pelaku UMKM yang menjadi mitra binaan perusahaan, sekaligus mendukung program Aku Cinta Produk Indonesia,” kata Hema.

Dia mengungkapkan bahwa perseroan bangga melihat UMKM, khususnya di kawasan Danau Toba yang mampu berkembang dan mandiri secara ekonomi, sehingga punya kesempatan untuk menaikkan kualitas hidup.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini