5 Ide Ciptakan Area Hobi di Rumah ala IKEA

Area Hobi IKEA

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Pandemi Covid-19 hingga kini masih belum kunjung usai. Pemerintah kembali menganjurkan masyarakat untuk membatasi aktivitas di luar rumah guna mengurangi jumlah kasus penyebaran Covid-19. Menghadapi situasi ini tentunya masyarakat bisa merasa jenuh dan bosan, sehingga membutuhkan hal yang menyenangkan untuk mengalihkan pikiran.

Untuk meningkatkan perasaan bahagia, kamu bisa mengelola rasa jenuhmu dengan melakukan hobi selama di rumah. Hal ini ternyata turut menjadi cara yang banyak dipilih masyarakat demi menjaga keseimbangan diri selama menghadapi pandemi Covid-19.

Namun, hobi juga tentu memerlukan beberapa peralatan khusus, aksesoris, hingga perabotan yang diperlukan untuk menjalankan hobimu tersebut. Maka dari itu, untuk mendukung anggota keluarga dalam menyalurkan hobi di rumah, kamu bisa berkreasi membuat suatu ruangan khusus sebagai area hobi keluarga. Ruangan khusus ini penting agar kamu bisa lebih fokus pada saat menyalurkan hobi dan memudahkan penataan barang-barang hasil kreasi tanpa mengganggu estetika rumah.

Berikut adalah beberapa ide dan rekomendasi produk untuk menciptakan area hobi yang pastinya akan membantu kamu meningkatkan mood selama berada di rumah.

Semua yang dibutuhkan dalam jangkauan

IKEA percaya bahwa waktu bermain dan menyalurkan hobi adalah waktu yang berharga. Menyusun barang sesuai dengan kategori akan membantu area hobi tertata dengan baik dan tidak ada waktu yang terbuang dengan sia-sia karena harus mencari peralatan hobi. Kamu bisa menata peralatan hobi sesuai dengan warna dan jenis dalam rak khusus yang tersusun rapi agar mudah ditemukan.

Memiliki desain minimalis yang dapat menyesuaikan tema ruangan, rak penyimpanan dari seri LENNART seharga Rp249.000 dan papan berlubang SKÅDIS dengan harga Rp179.000 dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang memiliki kesulitan untuk menyimpan peralatan hobi di rumah. IKEA juga menyediakan serangkaian wadah kecil yang bisa digantung di papan SKÅDIS sebagai tempat penyimpanan dan dapat diatur sesuai kebutuhan. Dengan begitu, kamu bisa bebas berkreasi menaruh peralatan hobi sesuai dengan gayamu sendiri.

Atur pencahayaan yang sesuai

Pencahayaan menjadi faktor yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan pencahayaan yang sesuai dapat menciptakan suasana yang lebih hidup dan meningkatkan imajinasi untuk menyalurkan hobi. Misalnya untuk para gamers, lebih membutuhkan ruangan gelap dengan pencahayaan dari lampu berwarna-warni layaknya berada di dalam animasi game. Sedangkan bagi orang yang memiliki hobi menjahit atau melukis, biasanya membutuhkan ruangan yang tinggi pencahayaan agar dapat fokus melakukan hobinya.

Bagi kamu yang memiliki ruangan dengan pencahayaan terbatas, kamu dapat menyiasatinya dengan menggunakan lampu tambahan. Misalnya TÅGARP, lampu lantai dua tangkai yang dapat menciptakan suasana nyaman di rumah. Salah satu tangkainya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya untuk membaca atau dapat dijadikan alternatif pencahayaan tambahan di area hobi tanpa harus mengubah tatanan pencahayaan yang bersifat permanen. TÅGARP dapat dibeli dengan harga Rp249,000.

Hadirkan inspirasi melalui wall art

Banyak orang yang memiliki ketertarikan berlebih akan hobinya. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang memiliki banyak koleksi hobi yang dipajang di rumah. Agar tidak berantakan dan tetap terlihat estetik, kamu bisa menyisihkan sedikit space di dinding area hobimu untuk memajang koleksi maupun inspirasi hobi sebagai wall art.

Kamu bisa menambahkan ambalan dari seri MOSSLANDA dengan harga Rp99.900 yang memiliki berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan desain area hobimu. Kamu dapat memajang hasil karya, foto, hingga koleksi hobi untuk meningkatkan mood ketika sedang merasa bosan di rumah.

Tambahkan tanaman hias sebagai dekorasi

Untuk menambah nuansa yang segar dan alami di area hobi, kamu bisa menambahkan tanaman hias yang mudah dirawat seperti kaktus koboi atau CEREUS PERUVIANUS 15 seharga Rp69.900 dari IKEA ini untuk meningkatkan kesan estetik. Tidak hanya untuk mempercantik ruangan, namun keberadaan tanaman di dalam ruangan dapat membuat udara sekitar menjadi lebih segar dan sehat untuk dihirup, sehingga kesehatanmu dan keluarga dapat terjaga. Tidak hanya itu, tanaman hias dinilai dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik.

Bagi kamu yang tidak terlalu pandai merawat tanaman, kaktus merupakan pilihan yang tepat. Tanaman ini memerlukan perawatan yang sangat minimalis. Kamu tidak perlu menyiramnya dengan air setiap hari, justru, jika tanaman ini terlalu sering disiram ia akan mudah mati. Penyiraman hanya diperlukan satu minggu sekali. Supaya semakin indah dipandang dengan menghadirkan nuansa klasik dan mewah, kamu bisa menggunakan pot cantik seperti seri DRÖMSK seharga Rp29.900 untuk meletakkan tanaman kaktus kamu. Setelah itu posisikan kaktus pada area kering yang terkena sinar matahari. Dijamin kaktus kamu akan tumbuh subur dan semakin mempercantik area hobimu!

Sediakan tempat duduk yang nyaman

Untuk mendukungmu fokus saat menyalurkan hobi, kamu memerlukan bahan dudukan yang lembut. Kamu bisa menggunakan kursi yang nyaman dengan bantalan empuk untuk menambah kenyamanan saat harus duduk dalam waktu yang lama.

Sebuah bangku kaki dengan penyimpanan dari seri BOSNÄS seharga Rp295.000 ini dapat dijadikan pilihan bagi kamu yang memerlukan tempat duduk yang memiliki bantalan empuk yang nyaman namun juga bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan peralatan hobimu. Wah, lebih praktis, bukan!

Menciptakan area hobi di rumah tentunya penting untuk menghilangkan rasa bosan dan jenuh saat belum bisa melakukan banyak aktivitas di luar rumah. Dengan lebih banyak melakukan kegiatan positif di rumah tentunya kita turut mendukung pemerintah dalam memutus penyebaran virus Covid-19 dan menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang. Bagi kamu yang ingin membuat area hobi di rumah, produk-produk di atas bisa didapatkan di IKEA.co.id, aplikasi IKEA Indonesia, melalui WhatsApp, maupun secara langsung di seluruh gerai IKEA Indonesia. Bagi kamu yang hendak berkunjung ke toko IKEA, jangan lupa untuk patuhi protokol kesehatan ya! Yuk, saatnya ciptakan area hobi sesuai minatmu agar tetap waras walaupun harus tinggal di rumah!(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini