Fasilitas Produksi Yili Group di Yunnan Meraih Sertifikasi Netralitas Karbon

Yili Yunnan Dairy receives the first “zero-carbon factory” certification in China’s food industry.

BISNISASIA.CO.ID, TIONGKOK – Pada 28 Februari 2022, Yili Group meraih sertifikasi netralitas karbon PAS 2060 dari Bureau Veritas, pemimpin layanan pengujian, inspeksi, dan sertifikasi di dunia. Sertifikasi ini menjadi pengakuan atas fasilitas produksi Yili di Yunan sebagai “pabrik nol karbon” pertama di industri makanan di Tiongkok.

Bureau Veritas meyakini, Yili akan memanfaatkan netralitas karbon sebagai peluang yang baik, dan memakai inovasi teknologi guna menggerakkan pembangunan hijau. Menurut Bureau Veritas, Yili akan menjadi pionir dan pemimpin industri susu di Tiongkok yang mengeksplorasi jalur menuju netralitas karbon.

Yili Yunnan Dairy berdiri pada 2012, dan mulai beroperasi pada 2015. Tahun lalu, Yili Yunnan Dairy juga meraih “sertifikat listrik hijau” pertama di industri makanan Tiongkok. Melalui upaya berkesimbungan dalam manajemen energi, konsumsi energi di pabrik ini secara bertahap menurun, mencatat penurunan tahunan 15,7% menjadi 28,77 kg per ton pada 2021. Pada 22 Februari 2022, Yili Yunnan Dairy berhasil menyelesaikan asesmen atas inventori karbon dan China Certified Emission Reductions (CCER).

Pada 2020, Yili menjadi produsen susu pertama di Tiongkok yang merilis komitmen publik untuk mencapai netralitas karbon. Hal ini dilakukan Yili setelah Tiongkok merilis target-target iklim 2030/2060 (mencapai emisi karbon puncak pada 2030 dan netralitas karbon pada 2060) di Majelis Umum PBB. Tahun lalu, Pan Gang, Chairman, Yili Group, mengemukakan Visi Baru untuk menciptakan nilai tambah sosial. Dia juga memaparkan cara Yili memimpin pencapaian emisi karbon puncak dan netralitas karbon, serta meraih peringkat terbaik dalam aspek keberlanjutan).

Lenzing Resmikan Pabrik Serat Lyocell Terbesar di Thailand

Berdasarkan target-target iklim 2030/2060, serta target internal, Yili terus mempercepat langkah menuju pembangunan hijau, penghematan energi, dan penurunan karbon. Yili telah melakukan asesmen atas inventori karbon selama 12 tahun berturut-turut, serta membuat sistem akuntansi lengkap untuk pelestarian energi dan lingkungan hidup.

Yili juga mendapat pengakuan luas setelah mendirikan Yili Future Intelligence and Health Valley di Hohhot, Inner Mongolia, proyek bintang lima pertama di Tiongkok untuk netralitas karbon. Pada akhir 2021, sebanyak 23 pabrik Yili telah mendapat sertifikat “pabrik hijau” dari Kementerian Industri dan Teknologi Informasi Tiongkok.

Baru-baru ini, Yili tercantum dalam laporan “Corporate Net Zero Pathway sebagai satu-satunya perwakilan dari kalangan perusahaan di dunia yang bergerak dalam sektor pertanian dan pangan. Laporan ini merupakan publikasi pertama di dunia yang diterbitkan badan PBB sebagai panduan dan apresiasi atas upaya perusahaan dalam mewujudkan netralitas karbon.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini