Pelabuhan Tianjin, Huawei & China Mobile Raih Penghargaan “Best Mobile Innovation for Connected Economy” di MWC 2022

Pelabuhan Tianjin, Huawei & China Mobile Meraih Penghargaan dalam Kategori “Best Mobile Innovation for Connected Economy” di MWC 2022.

BISNISASIA.CO.ID, BARCELONA – Di acara Penyerahan GLOMO Awards, Smart Port Solution—diimplementasikan oleh Pelabuhan Tianjin, Huawei, dan China Mobile—meraih gelar “Best Mobile Innovation for Connected Economy”. Penghargaan ini mengapresiasi inovasi berbasiskan teknologi seluler yang menciptakan lingkungan kerja yang lebih digital. Smart Port Solution terpasang di Pelabuhan Tianjin—sistem canggih terbaru yang menghubungkan aktivitas pelabuhan, mengotomatisasi transportasi, dan meningkatkan efisiensi sekaligus menghemat biaya dan energi.

Pelabuhan Tianjin adalah salah satu dari tujuh pelabuhan terbesar di dunia. Pelabuhan ini menangani kontainer dengan kapasitas tahunan 20 juta TEU, dan melibatkan 20.000 tenaga kerja. Biaya aktivitas kerja manual dengan skala pelabuhan ini sangat masif, baik dalam hal uang dan efisiensi. Smart Port Solution memanfaatkan sejumlah teknologi terbaru— intelligent twins, autonomous driving, 5G, komputasi awan, dan IoT—untuk menciptakan sistem yang lebih terkoneksi, cerdas, dan otonom.

Hasilnya sangat jelas. Pelabuhan Tianjin berhasil mengurangi 60% jumlah staf dari sebelumnya. Pengemudi (pekerjaan yang sangat dibutuhkan) kini mengendalikan truk dari jarak jauh dan tak perlu lagi menghadapi kondisi kerja yang berbahaya serta tidak sehat. Solusi ini turut menghemat biaya, memangkas biaya total sekitar 30%. Lebih lagi, pelabuhan menjadi lebih ramah lingkungan. Pelabuhan bahkan mampu memproduksi energi terbarukan yang melengkapi sumber-sumber kelistrikan konvensional. Di saat bersamaan, konsumsi energi di pelabuhan berkurang 17% secara keseluruhan.

Yang Rong, General Manager, Tianjin Port Second Container Terminal Co., berkata: “Pelabuhan Tianjin dan Huawei memanfaatkan berbagai TIK baru dalam Intelligent Horizontal Transportation Management System. Kami menciptakan ‘intelligent port brain’ generasi baru. Sistem ini berkolaborasi dengan sumber daya penting guna mewujudkan aktivitas bongkar muat terbaik secara otomatis. Sistem ini juga menangani setiap peralatan, serta mengoptimalkan seluruh proses pengiriman barang. Terminal horizontal kami di sisi pantai memiliki armada nirawak yang terbesar di dunia.

“Pelabuhan Tianjin benar-benar berskala global—melakukan perdagangan dengan lebih dari 800 pelabuhan dan 200 negara di seluruh dunia. Kami ingin mendukung babak digitalisasi berikutnya agar pelabuhan ini semakin ramah lingkungan, cerdas, dan aman,” ujar Bruce Xun, CEO, Huawei Global Customs & Port Business.

HUAWEI AppTouch Jalani Debutnya di MWC 2022

Sejumlah keunggulan dari solusi ini

  • Terintegrasi: Arsitektur dasar yang menghubungkan beragam sistem pelabuhan secara cerdas, mengurangi kesenjangan data dan informasi. Semua aplikasi saling bekerja, didukung Smart Hub yang mengelola kegiatan operasional secara terpusat.
  • Aman: Seluruh pengumpulan dan penggunaan data sejalan dengan kebijakan keamanan Pelabuhan Tianjin dan GDPR. Berkat smart video scene yang didukung 5G, aspek keselamatan dari layanan dan aktivitas operasional kini lebih terjamin. Di saat bersamaan, jaringan komunikasi memakai teknologi keamanan terbaru yang menjamin privasi pengguna dan keandalan jaringan. O&M terintegrasi dan cerdas mengidentifikasi dan menangani risiko serta kerusakan secara cepat.
  • Efisien: Semua hal berlangsung lebih cepat dan lancar. Dari awal hingga selesai, aktivitas operasional menjadi lebih efisien berkat aplikasi dan teknologi cerdas. Berbagai proses kerja hanya memerlukan beberapa menit alih-alih jam. Sementara, personel kini berfokus pada manajemen ketimbang pekerjaan manual. Akhirnya, barang-barang bisa keluar dari pelabuhan secara lebih cepat, dan hal ini mencerminkan manfaat yang lebih besar dari sisi ekonomi.
  • Ramah lingkungan: Sebagai inisiatif pelabuhan nol karbon yang pertama, Pelabuhan Tianjin beralih menuju konsumsi energi terbarukan. Pelabuhan ini mengganti bahan bakar fosil dan sistem kelistrikannya dengan sistem tenaga bayu dan surya. Lebih lagi, smart tech Huawei ikut mengoptimalkan dan menghemat konsumsi energi.

Ajang Global Mobile (GLOMO) Awards merupakan penghargaan paling bergengsi di industri. Ajang ini melibatkan dewan juru yang terdiri atas pakar-pakar paling ternama. GLOMO Awards berlangsung setiap tahun di Mobile World Congress (MWC), Barcelona, Spanyol.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini