Huawei dan Flexxible IT Meluncurkan Solusi Layanan O&M Industri Hi-Ops 3.0

Kilian Arjona, CTO, Flexxible IT

BISNISASIA.CO.ID, BARCELONA – Di ajang Mobile World Congress 2022, Huawei dan Flexxible IT meluncurkan solusi layanan O&M industri Hi-Ops 3.0 yang membangun layanan O&M industri digital.

Setelah transformasi digital yang semakin luas, metode O&M biasa telah berubah. Platform O&M mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data O&M, lalu menentukan patokan nilai O&M. Maka, angka O&M menjadi lebih jelas. Kedua, berbagai teknologi canggih yang telah banyak dipakai, seperti massive log analysis, meningkatkan efisiensi O&M dan menekan biaya.

Untuk itu, Huawei resmi merilis O&M industri Hi-Ops 3.0 dengan konsep “1+2+3=N”. Solusi ini menghasilkan nilai O&M operasional, situation awareness, dan prediksi risiko. Pada solusi O&M industri Hi-Ops 3.0, “1” merujuk pada platform O&M terpusat, IMOC (Intelligent Maintenance and Operation Center), yang dikembangkan Huawei. Sementara, “2” merujuk pada dua jenis layanan O&M: layanan O&M dasar dan layanan O&M digital. Layanan O&M dasar terdiri atas koordinasi O&M, O&M rutin, manajemen O&M, dan peningkatan produk secara berkelanjutan (continuous improvement). Layanan O&M digital mencakup konsultasi transformasi digital O&M, konstruksi digital O&M, serta aktivitas digital O&M. Selanjutnya, “3” merujuk pada tiga jenis mitra: mitra komponen platform, mitra pengembangan adaptasi, serta mitra kerja sama solusi. Kemudian, “N” merujuk pada beragam skenario O&M, seperti smart city, smart transportation, smart finance, serta smart government.

Nilai O&M operasional: Artinya, model nilai dan sistem O&M harus disusun berdasarkan target-target bisnis. Secara bertahap, target O&M dipisahkan dari target layanan sehingga membentuk sistem indikator yang mengacu pada target O&M. Kemudian, kita harus membuat model sistem lalu memperkuat platform. Langkah berikutnya adalah memverifikasi kinerja layanan, dan, terakhir, menjalankan O&M secara berkesinambungan.

Situation awareness: Seluruh tautan yang menghubungkan rantai layanan, rantai data, dan rantai implementasi diperingkas agar pemetaan tentang status layanan dapat dilakukan, khususnya guna menghasilkan status layanan secara seketika. Kita harus memvisualisasikan data dan asosiasi arsitektur jaringan. Dengan demikian, demarkasi dan pencarian titik kerusakan layanan berlangsung secara cepat, termasuk mencari dan melacak layanan/kendala layanan, mencari dan melacak kendala sumber daya sistem, mencari dan melacak titik kerusakan perangkat keras, serta menganalisis korelasi dan dampak dari berbagai insiden.

Guo Ping, Huawei: Ubah Paradigma Teknologi dalam Tiga Bidang Demi Jaga Daya Saing Jangka Menengah dan Panjang

Prediksi risiko: Hal ini berawal dari full-stack monitoring, menciptakan lebih dari 5.000 fault tree dengan mencuplik data dari jenjang platform, jenjang data, jenjang layanan, dan jenjang aplikasi dalam konteks akuisisi status dan threshold management, pengelolaan algoritma model, analisis hubungan data, deteksi aktif, serta simulasi perilaku pengguna. Intinya, pemantauan prediktif yang cerdas (intelligent predictive monitoring).

Solusi O&M industri Huawei Hi-Ops 3.0 melibatkan tiga jenis mitra: mitra komponen platform yang secara cepat memenuhi kebutuhan klien dengan menyediakan komponen yang telah berkembang, termasuk pemantauan infrastruktur TI, manajemen alamat IP, APM, visualisasi 3D, serta manajemen kinerja jaringan. Mitra pengembangan adaptasi, pihak yang menyediakan layanan adaptasi teknologi berdasarkan kebutuhan klien, termasuk pengembangan desain tervisualisasi, pengembangan adaptasi portal, pengembangan adaptor, interkoneksi proses, serta integrasi perangkat. Mitra solusi secara kolaboratif menyediakan solusi layanan O&M, termasuk solusi visualisasi data, solusi O&M jarak jauh, serta solusi pemantauan aplikasi.

Flexxible IT adalah CSP yang tersertifikasi Huawei. Kantor pusat Flexxible IT berada di Spanyol, sedangkan, kantor-kantor cabangnya tersebar di Eropa dan Amerika Serikat. Flexxible IT memiliki tim dukungan pelanggan yang beroperasi selama 7 x 24 x 365, membantu klien menangani situasi darurat dan aktivitas pemeliharaan. Flexxible IT juga menawarkan sistem pemantauan proaktif yang berfungsi selama 7*24-jam sehingga klien dapat mencegah dan mencari kendala perangkat keras. Kilian Arjona (CTO, Flexxible IT) berkata, “Huawei telah bermitra dengan Flexxible IT sejak tahun lalu. Kini, Huawei telah bekerja sama dengan berbagai NA.”

Ke depan, Huawei akan berkolaborasi dengan semakin banyak mitra untuk merancang transformasi digital Anda secara khusus, serta menghadirkan berbagai nilai tambah transformasi.

Mobile World Congress 2022 berlangsung dari 28 Februari hingga 3 Maret di Barcelona, Spanyol. Lokasi acara terletak di area 1H50, Hall 1, Fira Gran Via.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini