KedaiSayur Kembangkan Digitalisasi Pertanian Indonesia Bersama BCA

KedaiSayur menggandeng Bank Central Asia (BCA) sebagai pemberi fasilitas kredit dan membantu UMKM petani yang tergabung dalam digital ecosystem.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Kedai Sayur Indonesia, perusahaan grosir berbasis teknologi di bawah Triputra Group, akan mengoptimalkan peran sebagai digital supply chain management produk pertanian dengan menjadi penjamin pembelian atau penyalur (offtaker) hasil pertanian dari para petani lokal, termasuk dalam rangka membawa mitra petani dan peternak KedaiSayur ke dalam ecosystem digital dan mengambil manfaat dari berkembangnya teknologi terkini. Dalam mewujudkan peran tersebut, KedaiSayur menggandeng Bank Central Asia (BCA) sebagai pemberi fasilitas kredit dan membantu UMKM petani yang tergabung dalam digital ecosystem ini.

Adrian Hernanto, CEO PT Kedai Sayur Indonesia mengungkapkan, “Kami menyambut baik adanya kerja sama KedaiSayur dan BCA, dimana melalui kerja sama ini akan banyak petani yang terbantu dari sisi pendanaan serta adanya jaminan penyaluran hasil produksi mereka melalui kami. Dengan posisi kami sebagai offtaker guarantee produk hasil tani dari para petani lokal, akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak baik para petani maupun pihak BCA sebagai pemberi pinjaman. Dalam hal ini, pihak BCA akan lebih yakin dengan adanya pesanan dari KedaiSayur, sementara para petani juga merasa aman karena adanya jaminan kepastian beli dan harga jual hasil produk mereka.”

Kolaborasi KedaiSayur dan BCA akan dijalankan dengan skema penyerapan seluruh hasil Mitra petani dan peternak untuk langsung didistribusikan melalui seluruh omnichannel KedaiSayur. Pada tahap pertama, sebagai pilot project kerja sama ini akan dilaksanakan di kota Tulungagung, Kediri dan Blitar. Harapannya untuk ke depan proyek tersebut akan diperluas memasuki daerah Jawa Timur, serta memasuki skala nasional. Dalam kerja sama ini, BCA akan berperan sebagai cash management dan membiayai modal kerja (Kredit KUR dan SME) para petani serta memberikan kemudahan dalam onboarding.

Giat Ekspansi, KedaiSayur Gaet Bridging Funds USD3,5 Juta

Lebih lanjut Adrian menjelaskan, salah satu komitmen KedaiSayur yaitu memberikan kemudahan dan membantu lebih banyak petani di seluruh Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, melalu kerja sama dengan BCA, KedaiSayur berkesempatan untuk mewujudkan komitmen tersebut sambil terus memberikan operational excellence bagi seluruh pihak yang terlibat dalam ekosistem KedaiSayur. Saat ini, KedaiSayur telah dipercaya sebagai penyedia bahan-bahan dasar dan olahanbagi berbagai pelanggan B2B seperti hotel, restoran, dan kafe. Melalui KedaiSayur, mereka telah menikmati segala kemudahan dalam melakukan pesanan barang, kontrol kualitas sesuai kebutuhan spesifik pelanggan serta ketepatan distribusi ke seluruh outlet mereka. Pemilik usaha kuliner akan dapat memfokuskan diri kepada pengembangan produk dan bisnis, dan KedaiSayur akan memberikan yang terbaik dalam standar kualitas, transparansi harga dan distribusi.

“Tak hanya melayani untuk pelanggan korporasi atau B2B, kami juga melayani pelanggan B2C melalui aplikasi KedaiMart. KedaiMart merupakan online groceries untuk memenuhi kebutuhan belanja bahan makanan secara efisien, dan aman untuk rumah tangga. Sehingga diharapkan melalui kerja sama dengan BCA, akan lebih banyak petani yang menjadi supplier kami dalam menyediakan bahan makanan yang berkualitas serta terjaga kesegarannya,” tutup Adrian.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini