Karyawan dan Keluarga PT Chevron Pacific Indonesia Menjadi Relawan i-SERVE Vaccine

Perwakilan PT. Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI) menjadi relawan di Program i-Serve Vaccine yang diselenggarakan di SDN Jatimakmur V, Bekasi, Jawa Barat.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Dalam upaya mencegah rantai penyebaran virus Covid-19 di lingkungan sekolah dan membantu program vaksinasi nasional, YCAB Foundation mengadakan kegiatan vaksinasi massal bagi anak usia 6 hingga 11 tahun bertajuk i-SERVE Vaccine Roadshow Jawa Barat. Kegiatan yang telah berjalan sejak akhir Desember lalu di sejumlah sekolah di Bekasi dan Bandung ini, didukung oleh PT. Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI). Bentuk dukungan lain yang juga diberikan oleh PT. CPI adalah dengan menjadi relawan dalam kegiatan vaksinasi tersebut.

Sebanyak 30 karyawan dan keluarga PT. CPI antusias dan berperan aktif dalam membantu pelaksanaan kegiatan vaksinasi di SDN Jatimakmur V dan SDN Jatirahayu VIII. Seperti yang dituturkan oleh Teddy Abrian, Senior Manager of commercial PT. CPI, “Saya sangat bangga bisa berkontribusi sebagai relawan dalam program vaksinasi anak ini. Dengan turun langsung dalam program ini, saya dapat melihat secara langsung bagaimana para tenaga kerja kesehatan kita melaksanakan vaksinasi anak-anak secara profesional. Selama pandemi Covid-19 belum berakhir, saya akan terus mendukung program-program seperti ini untuk terus dilaksanakan.”

Diharapkan melalui program kolaboratif ini, i-SERVE Vaccine dapat mendukung pencapaian target kekebalan populasi yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia. Presiden Direktur PT. CPI, Albert Simanjuntak menyatakan, “PT CPI sangat bersyukur dapat ikut serta sebagai relawan di lapangan untuk membantu tenaga kerja kesehatan dalam program vaksinasi anak di beberapa sekolah di Bekasi. Kami berharap, dengan adanya program i-SERVE Vaccine ini dapat membantu Pemerintah Indonesia, khususnya Dinas Kesehatan setempat, dalam mencapai target vaksinasi murid-murid Sekolah Dasar.”

Kehadiran para relawan PT. CPI dalam i-SERVE Vaccine disambut baik oleh pihak sekolah dan para orang tua murid. Kepala Sekolah SDN Jatimakmur V, H. Dedi Supriyadi, S.Pd., mengungkapkan apresiasinya. “Ini merupakan kali pertama kami melihat perusahaan besar berpartisipasi secara langsung menjadi relawan dalam membantu melancarkan program vaksinasi sekolah. Tentunya, program ini memberikan manfaat yang sangat besar dalam memutuskan rantai Covid-19, baik untuk murid-murid kami, maupun masyarakat umum yang lebih luas. Semoga PT. Chevron Pacific Indonesia bisa terus menjadi penggerak dalam mendukung program pemerintah Indonesia, terutama di bidang pendidikan bagi generasi mendatang,” tutur Dedi.

Gita Elwarin, salah satu orang tua siswa juga menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan vaksinasi yang dapat dinikmati oleh seluruh siswa, “Seluruh proses vaksinasi berjalan dengan sangat baik, lancar, dan sesuai jadwal. Saya dan anak saya sangat senang bisa merasakan manfaat yang diberikan oleh PT CPI dan YCAB Foundation melalui program i-Serve Vaccine. Kami harap PT CPI dan YCAB Foundation dapat terus melanjutkan program-program seperti ini, tidak hanya untuk vaksinasi saja, tetapi juga kegiatan-kegiatan lainnya dalam waktu dekat.”

Perkuat Kekebalan Masyarakat, GoTix dan Ditlantas Polda Metro Jaya Hadirkan Sentra Vaksinasi Booster

Hingga akhir Januari, i-SERVE Vaccine telah melayani lebih dari 25 sekolah di Jawa Barat dan telah memvaksinasi 10 ribu anak usia 6-11 tahun, termasuk didalamnya anak dengan disabilitas. Layanan vaksinasi bagi usia pelajar penting untuk dilakukan karena meningkatnya kasus Covid-19 ditengah penyelenggaraan pembelajaran tatap muka 100%. Karena itu, YCAB Foundation, melalui i-SERVE Vaccine mengadakan layanan vaksinasi di sejumlah sekolah.

Veronica Colondam, Pendiri dan CEO YCAB Foundation mengatakan,” Pendidikan adalah hak dasar setiap anak untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Namun, pandemi Covid-19 semakin menghawatirkan khususnya bagi anak – anak kurang mampu yang dapat merengut hak pendidikan mereka karena berbagai keterbatasan. Salah satu kendala yang mereka alami yaitu sulit mengikuti pelajaran yang disampaikan secara daring, karena harus menunggu giliran untuk menggunakan gawai/gadget. Selain itu interaksi sosial yang penting dalam tahap pertumbuhan anak seperti bermain, juga hampir hilang. Tak heran jika banyak orang tua murid dan guru yang ingin sekolah tatap muka terus tetap dijalankan. Karenanya, YCAB Foundation mengambil peran aktif lewat i-SERVE Vaccine, untuk turut melindungi anak dari ancaman Covid-19 sekaligus membantu memenuhi hak mereka, yaitu pendidikan yang memadai.”

Layanan i-SERVE Vaccine bagi anak usia 6-11 tahun ini dapat terwujud dengan kerjasama berbagai pihak, diantaranya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung serta Bekasi. Diharapkan melalui kegiatan ini target vaksinasi nasional bagi anak usia 6-11 tahun yang mencapai 26 juta jiwa dapat segera tercapai.

Tak hanya layanan i-SERVE Vaccine, PT. CPI dan YCAB Foundation juga bekerjasama menyediakan gudang penyimpanan persediaan peralatan medis untuk respon krisis guna mendukung Kementerian Kesehatan. Pelatihan Manajemen Gudang juga diberikan oleh PT. CPI dan YCAB Foundation kepada pegawai Kementerian Kesehatan.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini