Allianz Indonesia Umumkan 3 Organisasi Nirlaba Pemenang Social Impact Fund 2021 Tingkat Nasional

SEO technology concept. Woman using laptop in office.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Melanjutkan komitmen perusahaan dalam penyediaan kesempatan kerja, pelatihan serta pendidikan yang inklusif, Allianz Indonesia menobatkan tiga organisasi nirlaba yaitu Yayasan Tani Untuk Indonesia, Yayasan HOPE Indonesia dan UCP Roda Untuk Kemanusiaan sebagai pemenang kompetisi Social Impact Fund 2021 yang berhasil melalui tahap seleksi dan penjurian di tingkat nasional. Kompetisi yang sebelumnya dibuka pada 2 – 26 Desember 2021 ini mengajak organisasi nirlaba di Indonesia untuk menjalankan program demi mendorong penyediaan kesempatan kerja yang inklusif di Indonesia sejalan dengan kepedulian Allianz terhadap permasalahan sosial dalam prinsip Environment, Social and Governance (ESG).

Dari berbagai organisasi nirlaba yang mengikuti kompetisi ini, Yayasan Tani Untuk Indonesia (TaniFoundation) dinobatkan menjadi juara pertama dari Indonesia dan berkesempatan untuk bersaing dengan organisasi nirlaba lainnya dari seluruh dunia untuk mengikuti Social Impact Fund 2021 di tingkat global dengan kesempatan meraih pendanaan program hingga 50.000 EUR. Selain itu, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli akan turut memberikan dukungan pendanaan program kepada ketiga organisasi pemenang di tangkat nasional dengan total dana sebesar Rp225 juta.

Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli menyampaikan bahwa kompetisi Social Impact Fund 2021 merupakan bagian dari komitmen Allianz dalam mendukung upaya pencapaian Sustainable Development Goals khususnya Goal ke-8, yaitu pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi. Melalui kompetisi ini, Allianz mengajak organisasi nirlaba di Indonesia untuk menjalankan program demi mendorong penyediaan kesempatan kerja, pelatihan, dan pendidikan yang inklusif bagi seluruh kalangan tidak terkecuali kaum muda, perempuan serta kelompok difabel.

“Selamat kepada Yayasan Tani Untuk Indonesia, Yayasan HOPE Indonesia dan UCP Roda Untuk Kemanusiaan atas kemenangan di tahap seleksi dan penjurian nasional Social Impact Fund 2021. Kami berharap ini dapat menjadi awalan dari kerja sama yang baik dalam upaya mewujudkan kesempatan kerja yang lebih luas di Indonesia,” ujar Ni Made Daryanti.

Program yang akan dijalankan oleh Yayasan Tani Untuk Indonesia (TaniFoundation) adalah berupa program pendirian Saung TaniFoundation yang akan menjadi pusat pelatihan pertanian dari hulu ke hilir di beberapa desa pada wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Melalui program ini, petani Indonesia khususnya petani perempuan dan petani muda diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dengan sarana dan prasana yang menunjang untuk usaha pertanian yang berkelanjutan. Para petani akan mendapatkan pelatihan mengenai pengelolaan bisnis, pemasaran maupun financial literacy agar dapat mengembangkan bisnisnya secara lebih resilient dan berkelanjutan.

Allianz Indonesia Beberkan Tips Persiapan Keuangan untuk Persalinan Buah Hati

Program selanjutnya yang dilakukan oleh Yayasan HOPE Indonesia memberikan pelatihan dalam bidang Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika (STEM) serta keterampilan komputer dan Bahasa Inggris kepada 2.000 anak muda tidak terkecuali perempuan dan juga kelompok dengan kebutuhan khusus selama 3 tahun. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang setara bagi pemuda yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah untuk memiliki keterampilan yang dibutuhkan demi bersaing dalam dunia kerja.

Program terakhir datang dari UCP Roda Untuk Kemanusiaan Indonesia yang berfokus pada pemberdayaan kelompok difabel untuk menciptakan lapangan kerja serta sumber penghasilan dari pengelolaan sampah serta urban farming. Program ini turut mendorong partisipasi dari komunitas masyarakat desa untuk menciptakan zero-waste village demi tujuan berkelanjutan.

Kompetisi Social Impact Fund 2021 merupakan salah satu inisiatif dari Allianz Group dengan tujuan untuk memberi peluang yang lebih baik dalam kesempatan kerja, pelatihan, dan pendidikan bagi generasi masa depan di seluruh dunia. Melalui kompetisi ini, Allianz mendukung upaya pencapaian Sustainable Development Goals (SDG) 8 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini