HSBC Omni Collect Memperluas Pilihan Solusi Pembayaran bagi Nasabah Allianz Indonesia

Peresmian Kerja Sama HSBC, Allianz dan DOKU.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Dengan menggunakan API, HSBC berhasil mengintegrasikan solusi pembayaran terdepannya, HSBC Omni Collect, dengan solusi pembayaran premi asuransi yang memungkinkan Allianz Life Indonesia untuk memperluas kanal koleksi pembayaran hingga meliputi salah satu jaringan mini market terbesar di Indonesia dan meningkatkan efisiensi.

Integrasi solusi pembayaran ini, yang juga menggunakan teknologi dari pemimpin payment gateway lokal, DOKU, mengotomasi proses koleksi premi Allianz Life Indonesia dan memungkinkan nasabah Allianz Life Indonesia untuk melakukan pembayaran premi asuransi, yang meliputi pembayaran premi pertama, reguler, pengaktifan kembali serta top-up di lebih dari 17.000 outlet Alfamart, Alfamidi, Lawson dan Dan+Dan di seluruh Indonesia, sehingga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan Allianz Life Indonesia.

Riko Tasmaya, Managing Director Global Banking, PT Bank HSBC Indonesia mengatakan, “HSBC berkomitmen untuk berinvestasi dalam teknologi yang dapat membantu perusahaan dalam memberikan pengalaman pembayaran yang mudah bagi pelanggan mereka. Sebagai bank internasional pertama yang memberikan solusi koleksi pembayaran ini di Asia, kami tetap berfokus untuk mendukung nasabah kami untuk mengadopsi solusi pembayaran digital.”

HSBC Omni Collect saat ini tersedia di sepuluh negara di Asia Pasifik, antara lain Australia, Tiongkok, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam, dimana masing-masing negara memiliki kemampuan yang berbeda.

Bianto Surodjo, Business Director Allianz Life Indonesia mengatakan, “Allianz selalu berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi nasabah, termasuk dalam layanan pembayaran premi, yang sangat penting guna memastikan polis asuransi mereka selalu aktif. Melalui kolaborasi ini, Allianz dapat memberikan opsi yang lebih mudah dan nyaman untuk layanan pembayaran premi bagi nasabah kami di seluruh Indonesia. Ini adalah bagian dari streamlining dan digitalisasi proses yang terus menerus Allianz lakukan sehingga nasabah akan memiliki pengalaman yang sangat positif bersama Allianz.”

Allianz dan HSBC Perluas Jalur Distribusi Bancassurance di Tengah Pandemi

HSBC Omni Collect memungkinkan perusahaan untuk melihat secara menyuluruh koleksi pembayaran dari berbagai metode antara lain transfer bank, kartu kredit dan transaksi e-wallet. Solusi ini juga akan mengurangi administrasi manual, meningkatkan working capital bagi pelanggan korporasi, serta meningkatkan kualitas layanan pelanggan mereka.

Herani Hermawan, Head of Global Liquidity Cash Management, PT. Bank HSBC Indonesia menambahkan, “Di Indonesia, kami sangat menyambut baik kemitraan dengan DOKU untuk memperkuat proses koleksi pembayaran digital di Allianz. Jaringan Alfa Group yang melayani lebih dari tiga juta konsumen per hari, memungkinkan Allianz untuk menyesuaikan layanan pembayaran premi dengan pola belanja pelanggan mereka, dan memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam pembayaran premi asuransi.”

DOKU Co-Founder and Chief Operating Officer, Nabilah Alsagoff menjelaskan, “Sebagai perusahaan teknologi pembayaran, misi kami adalah untuk selalu memperluas akses bagi konsumen di Indonesia dalam melakukan transaksi pembayaran online. Kolaborasi kami dengan HSBC yang memungkinkan pembayaran premi di jaringan Alfa Group di seluruh Indonesia tentunya akan dapat meningkatkan kenyamanan layanan pembayaran bagi pelanggan Allianz di Indonesia, terutama mereka yang tinggal di pinggiran kota.”

Di tahun 2021, lebih dari 3.000 nasabah korporasi HSBC telah menggunakan HSBC Omni Collect untuk menerima lebih dari 17 juta pembayaran melalui e-commerce dan digital, dengan nilai koleksi sebesar USD 1,5 milyar.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini