LibreOffice 7.3 Dukung Produktivitas Pribadi di Desktop, Seluler dan Cloud

LibreOffice 7.3

BISNISASIA.CO.ID, BERLIN – Komunitas LibreOffice 7.3, rilis besar baru dari office suite gratis yang didukung sukarelawan untuk produktivitas desktop, tersedia dari https://www.libreoffice.org/download. Berdasarkan platform Teknologi LibreOffice untuk produktivitas pribadi di desktop, seluler, dan cloud, ini menyediakan sejumlah besar peningkatan yang ditargetkan pada pengguna yang bermigrasi dari Microsoft Office ke LibreOffice, atau bertukar dokumen antara dua suite kantor.

Ada tiga jenis peningkatan interoperabilitas:

  • Pengembangan fitur baru, seperti penanganan baru pelacakan perubahan dalam tabel dan ketika teks dipindahkan, yang berdampak positif pada interoperabilitas dengan dokumen Microsoft Office.
  • Peningkatan kinerja saat membuka file DOCX dan XLSX/XLSM besar,peningkatan kecepatan rendering beberapa dokumen kompleks, dan kecepatan rendering baru peningkatan saat menggunakan back-end Skia yang diperkenalkan dengan LibreOffice 7.1.
  • Peningkatan pada filter impor/ekspor: DOC (daftar/penomoran yang sangat ditingkatkan impor); DOCX (impor daftar/penomoran yang sangat ditingkatkan; hyperlink dilampirkan ke bentuk sekarang diimpor/diekspor; perbaiki izin untuk mengedit; lacak perubahan gaya paragraf); XLSX (penurunan tinggi baris untuk file Office XLSX; indentasi sel tidak meningkat pada setiap save; perbaiki izin untuk mengedit; dukungan yang lebih baik dari XLSX grafik); dan PPTX (interaksi tetap dan hyperlink pada gambar; perbaiki yang salah impor/ekspor footer slide PPTX; memperbaiki hyperlink pada gambar dan bentuk; bayangan transparan untuk tabel).

Selain itu, Bantuan LibreOffice juga telah ditingkatkan untuk mendukung semua pengguna, dengan suatu perhatian khusus bagi mereka yang beralih dari Microsoft Office: hasil pencarian – yang sekarang menggunakan FlexSearch alih-alih Fuzzysort untuk pengindeksan – difokuskan pada pengguna modul saat ini, sementara halaman Bantuan untuk Fungsi Calc telah ditinjau untuk akurasi dan kelengkapan dan ditautkan ke halaman wiki Fungsi Calc, sedangkan halaman Bantuan untuk Pustaka skrip ScriptForge telah diperbarui.

Pustaka ScriptForge, yang mempermudah pengembangan makro, juga telah diperluas dengan berbagai fitur: penambahan layanan Bagan baru, untuk menentukan bagan yang disimpan di Calc lembar; layanan PopupMenu baru, untuk menggambarkan menu yang akan ditampilkan setelah mouseperistiwa; pilihan ekstensif untuk Manajemen Printer, dengan daftar font dan printer; dan fitur untuk mengekspor dokumen ke PDF dengan manajemen penuh opsi PDF. Keseluruhan set layanan tersedia dengan sintaks dan perilaku yang identik untuk Python dan Basic.

LibreOffice menawarkan tingkat kompatibilitas tertinggi di segmen pasar office suite, dimulai dengan dukungan asli untuk OpenDocument Format (ODF) – mengalahkan kepemilikan format di bidang keamanan dan ketahanan – hingga dukungan superior untuk DOCX, XLSX dan file PPTX. Selain itu, LibreOffice menyediakan filter untuk sejumlah besar warisan format dokumen, untuk mengembalikan kepemilikan dan kontrol kepada pengguna.

File Microsoft masih didasarkan pada format kepemilikan yang tidak digunakan lagi oleh ISO pada tahun 2008, dan tidak pada standar yang disetujui ISO, sehingga mereka menyembunyikan sejumlah besar kerumitan buatan.

Ini menyebabkan masalah penanganan dengan LibreOffice, yang defaultnya adalah standar terbuka yang sebenarnyaformat (Format OpenDocument).

LibreOffice 7.3 tersedia secara native untuk Apple Silicon, serangkaian prosesor yang dirancang oleh Apple dan berdasarkan arsitektur ARM. Opsi telah ditambahkan ke default yang tersedia di halaman unduhan.

Microsoft Dirikan Pusat Data Pertama di Indonesia, Ini Tujuannya

Kontributor untuk Komunitas LibreOffice 7.3

Fitur baru LibreOffice 7.3 Komunitas telah dikembangkan oleh 147 kontributor: 69% komit kode berasal dari 49 pengembang yang dipekerjakan oleh tiga perusahaan yang duduk di Dewan Penasihat TDF – Collabora, Red Hat dan allotropia – atau organisasi lainnya (termasuk The Document Foundation), dan 31% berasal dari 98 sukarelawan individu.

Selain itu, 641 sukarelawan telah menyediakan pelokalan dalam 155 bahasa. Komunitas LibreOffice 7.3 dirilis dalam 120 versi bahasa yang berbeda, lebih banyak dari versi gratis lainnya atau perangkat lunak berpemilik, dan dengan demikian dapat digunakan dalam bahasa asli (L1) lebih dari 5,4miliar orang di seluruh dunia. Selain itu, lebih dari 2,3 miliar orang berbicara salah satunya bahasa sebagai bahasa kedua mereka (L2).

LibreOffice untuk Perusahaan

Untuk penerapan kelas perusahaan, TDF sangat merekomendasikan LibreOffice Enterprise rangkaian aplikasi dari mitra ekosistem – untuk desktop, seluler, dan cloud – dengan sejumlah besar fitur nilai tambah khusus. Ini termasuk dukungan jangka panjang pilihan, bantuan profesional, pengembangan yang dipersonalisasi, dan manfaat lain seperti SLA (Service Level Agreements).

Terlepas dari rekomendasi ini, semakin banyak perusahaan yang menggunakan versi didukung oleh sukarelawan, alih-alih versi yang dioptimalkan untuk kebutuhan mereka dan didukung oleh perusahaan ekosistem yang berbeda.

Seiring waktu, ini merupakan masalah bagi keberlanjutan proyek LibreOffice, karena memperlambat evolusi proyek. Faktanya, setiap baris kode dikembangkan oleh perusahaan ekosistem untuk pelanggan perusahaan mereka dibagikan dengan komunitas di repositori kode master, dan meningkatkan platform Teknologi LibreOffice.

Produk berdasarkan Teknologi LibreOffice tersedia untuk operasi desktop utama sistem (Windows, macOS, Linux dan Chrome OS), untuk platform seluler (Android dan iOS), dan untuk cloud. Memperlambat pengembangan platform merugikan pengguna di setiap level, dan proyek LibreOffice mungkin tidak memenuhi harapannya dan kemungkinan.

Dukung Pemberdayaan UMKM, Bukalapak dan Microsoft Luncurkan E-Learning Platform “Akademi Jagoan by Bukalapak”

Migrasi ke LibreOffice

The Document Foundation telah mengembangkan Protokol Migrasi untuk mendukung perusahaan pindah dari suite kantor berpemilik ke LibreOffice, yang didasarkan pada penerapan dari versi LTS dari keluarga LibreOffice Enterprise, ditambah konsultasi migrasi dan pelatihan yang bersumber dari para profesional bersertifikat yang menawarkan solusi bernilai tambah sejalan dengan penawaran kepemilikan.

Faktanya, LibreOffice – berkat basis kode yang matang, rangkaian fitur yang kaya, dukungan yang kuat untuk standar terbuka, kompatibilitas luar biasa, dan opsi LTS dari mitra bersertifikat – adalah solusi ideal untuk bisnis yang ingin mendapatkan kembali kendali atas data mereka dan membebaskan diri mereka sendiri dari penguncian vendor.

Untuk pengguna yang tujuan utamanya adalah produktivitas pribadi, dan karena itu lebih memilih rilisyang telah menjalani lebih banyak pengujian dan perbaikan bug atas fitur-fitur baru, The Document Foundation memelihara keluarga LibreOffice 7.2, yang mencakup beberapa bulan back-perbaikan porting. Versi saat ini adalah LibreOffice 7.2.5.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini