Dukung Startup Potensial, Alpha JWC Targetkan Terus Gulirkan Pertumbuhan di Tahun 2022

General Partner Alpha JWC

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Perusahaan modal ventura asal Indonesia Alpha JWC Ventures (Alpha JWC), mengumumkan kinerja kuartal keempat dan lanjutan momentum yang kuat memasuki tahun 2022 dalam mempertahankan posisinya sebagai dana modal ventura tahap awal terbesar dan berkinerja terbaik di Asia Tenggara. Di tahun 2021, perusahaan Venture Capital (VC) ini telah memiliki empat unicorn dalam portofolionya, dengan 14 perusahaan memiliki valuasi 500 juta hingga 1 miliar dolar AS dan didukung oleh minat investor global serta kinerja kuat sektor teknologi Indonesia.

Tahun lalu merupakan tahun yang sangat penting bagi Alpha JWC sebagai perusahaan yang telah berinvestasi dalam 29 kesepakatan (deals) dengan nilai lebih dari 80 juta dolar AS; dan menyambut 18 startup baru di Asia Tenggara ke dalam portofolionya. Perusahaan-perusahaan baru tersebut termasuk agregator e-commerce yang berlokasi di Asia Pasifik, UnaBrands, platform aftermarket otomotif online dan offline terbesar Indonesia, dan software-as-a-service (SaaS) untuk bisnis makanan dan minuman terbesar Indonesia, ESB. Alpha JWC juga menutup tahun 2021 dengan kehadiran unicorn keempatnya yaitu, waralaba kopi Kopi Kenangan, menyusul unicorn-unicorn sebelumnya yaitu Carro, Kredivo, dan Ajaib.

Partner, Value Creation, Alpha JWC Ventures, Erika Dianasari mengungkapkan, “Dengan penutupan Fund III terbesar kami dan pasar Indonesia yang kuat, kami berada di posisi yang lebih baik dalam memberikan kesempatan kepada startup potensial, sekaligus membantu para founder meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka, menutup investasi dan membawa bisnis mereka ke tingkat yang lebih tinggi. Kami adalah VC pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang menerapkan pendekatan manajemen value adding pada perusahaan portofolio dan telah terbukti berhasil berdasarkan pencapaian kami. Sekarang kami membawa kinerja Alpha JWC ke level selanjutnya lewat ekspansi tim internasional, kehadiran yang lebih kuat di negara-negara lain di Asia Tenggara, juga dengan dukungan terhadap perusahaan portofolio yang lebih intensif dan ekstensif,” kata Erika.

Co-Founder & General Partner, Alpha JWC Ventures, Chandra Tjan mengungkapkan, “Sepanjang tahun 2021, kami melihat sektor fintech dan konsumen berkembang pesat dan terbukti dari dua unicorn yang menjadi mitra kami saat ini. Tahun ini kami yakin kedua sektor tersebut akan terus berkembang dan kami akan terus berinvestasi pada sektor tersebut sambil memantau peluang yang ada pada sektor teknologi dan sektor tech-enabler lainnya. Dengan fleksibilitas kami dalam berinvestasi di berbagai sektor karena kami tidak terpaku pada satu sektor saja dan beragam tahap pendanaan serta ukuran tiket, mulai dari 100.000 hingga 60 juta dolar AS dalam pendanaan bertahap, kami ingin mendukung lebih banyak lagi perusahaan potensial serta para founder yang ulung pada 2022,” kata Chandra.

5 Tahun Terakhir, Alpha JWC Ventures Investasi di Puluhan Startup di Asia Tenggara

Sebagai bentuk komitmen berkelanjutan Alpha JWC dalam mendukung pertumbuhan para founder startup, baru-baru ini Alpha JWC menunjuk pemasar berpengalaman, Cheryl Ng sebagai Vice President, Marketing & Value Creation, yang bertempat di Singapura. Sebelumnya, Cheryl berperan sebagai Head of Marketing & Innovation APAC di perusahaan digital marketing berbasis data “Xaxis”, dan Global Head of Marketing & Brand Strategy di perusahaan AI dan perangkat lunak komputer “ViSenze”.

“Saya sangat senang bergabung dengan Alpha JWC karena tidak hanya bertanggung jawab dalam membangun brand perusahaan, tetapi yang paling penting adalah memberikan dukungan pemasaran dan saran kepada perusahaan portofolio serta founder-nya yang memberikan perubahan pada dunia. Fokus dan semangat perusahaan dalam membantu para founder mewujudkan mimpi mereka merupakan motivasi terbesar bagi saya,” kata Cheryl Ng, Vice President, Marketing & Value Creation, Alpha JWC Ventures.

Kedepannya, Alpha JWC akan fokus melanjutkan upaya membantu para founder membangun bisnis yang terukur, berkelanjutan, dan sukses pada tahun 2022.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini