Virtue Diagnostics Raih Pendanaan Seri B Senilai 100 Juta Dollar AS

Ilustrasi (Foto: Pixabay.com)

BISNIASIA.CO.ID, JAKARTA – Virtue Diagnostics, perusahaan IVD inovatif, berhasil meraih pendanaan Seri B senilai US$100 juta.

Virtue Diagnostics, berdiri pada 2019, bergerak dalam uji klinik di Tiongkok dan pasar-pasar berkembang. Sequoia China dan Morningside Ventures memimpin babak investasi ini bersama ORIZA Holdings.

Investor-investor sebelumnya, Lilly Asia Ventures dan PerkinElmer Ventures, turut berpartisipasi, sementara, HAOYUE Capital menjadi penasihat keuangan eksklusif.

Virtue Diagnostics adalah perusahaan global yang menyediakan IVD (In Vitro Diagnostic) berbasiskan platform. Virtue Diagnostics menawarkan solusi klinik yang terjangkau untuk seluruh tahap perkembangan penyakit, termasuk skrining tahap awal, diagnosis awal, pemantauan perawatan penyakit, dan minimal residual disease management.

Kantor pusat perusahaan dan litbang Virtue Diagnostics berada di Singapura, sedangkan, fasilitas produksinya berada di Suzhou, Tiongkok, dan CRO/Lab Klinis di Beijing.

Prospek pasar IVD di Tiongkok digerakkan oleh inovasi lokal. “Strategi Virtue Diagnostics adalah memperkenalkan platform teknologi baru lewat kolaborasi bersama perusahaan teknologi global, mengembangkan produk dan solusi yang secara khusus dirancang untuk pasar Tiongkok, serta mempercepat time to market dengan dukungan tim litbang, perizinan, dan bisnis yang sangat berpengalaman,” ujar Johnson Zhang, CEO, Virtue Diagnostics.

Virtue Diagnostics secara ekslusif bermitra dengan PerkinElmer untuk clinical mass spectrometry di Tiongkok. Alat triple quadrupole mass spectrometer buatan Virtue Diagnostics diluncurkan pada Triwulan III-2021 setelah memperoleh izin NMPA. Sementara, Panovue, diakuisisi Virtue Diagnostics pada 2021, memimpin multiplex pathology, dan menyediakan solusi lengkap untuk platform landscape analysis.

Meski inovasi lokal menggerakkan pasar IVD Tiongkok, industri IVD di banyak negara berkembang masih tergolong baru, bahkan mengandalkan produk-produk impor. Namun, Covid-19 memaksa pemerintah memperkuat keahlian IVD lokal lewat insentif. Maka, Virtue Diagnostics berekspansi dan menghadirkan produk IVD terjangkau yang bermutu tinggi ke beberapa pasar berkembang.

Johnson menambahkan, “Virtue Diagnostics akan memperkenalkan teknologi diagnostik inovatif di Tiongkok, serta pasar-pasar berkembang melalui merger dan akuisisi, usaha patungan, dan entitas usaha lokal. Dengan pengalaman industri yang luas, keahlian inovasi, latar belakang internasional, kami akan meraih kesuksesan.”

Yunxia Yang, dari Sequoia China, berkata, ” Virtue Diagnostics mengembangkan platform teknologi diagnostik yang kompetitif. Tim mereka telah banyak diakui atas pengalaman global, keahlian teknis yang lengkap, dan eksekusi baik. Kami meyakini Virtue sangat berpotensi menjadi pemimpin global. Sequoia China membantu perusahaan-perusahaan yang menyediakan alat-alat medis dan diagnostik untuk berkembang pesat, serta mempercepat ketersediaan produk yang lebih baik bagi pasien.”

Lu Huang dari Morningside Ventures, berkata, “Setelah berkembang selama 20 tahun, industri IVD di Tiongkok berhasil melakukan subtitusi impor. Pertumbuhan pasar yang pesat pun tercapai berkat teknologi. Virtue berada di posisi unik setelah sukses di Tiongkok dan pasar internasional. Virtue telah berkembang pesat dan membuat banyak pencapaian. Morningside akan memanfaatkan latar belakang internasional, modal global, dan sumber daya teknologinya, agar Virtue menjadi pemimpin industri IVD di Tiongkok.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini