VinFast akan Mengembangan Mobil Listrik

Ilustrasi (Foto: Pixabay.com)

BISNIASIA.CO.ID, JAKARTA – Setelah debut di Amerika Serikat, tepatnya di ajang 2021 LA Auto Show, VinFast mengambil langkah penting menuju masa depan mobilitas berkelanjutan.

VinFast menghentikan produksi mobil dengan mesin pembakaran dalam (internal combustion engines/ICE) pada akhir 2022.

VinFast akan berfokus pada penelitian dan pengembangan mobil yang sepenuhnya digerakkan sistem tenaga listrik.

Terobosan ini menjadikan VinFast salah satu perusahaan otomotif pertama di dunia yang sepenuhnya beralih memproduksi kendaraan listrik, dan memperkuat posisinya sebagai pemimpin revolusi mobil listrik (EV) global.

Selain berkomitmen menjadi produsen mobil listrik, VinFast resmi meluncurkan lini mobil listrik: tiga model menjalani debut pada segmen A-B-C, VF 5 (segmen A), VF 6 (segmen B), dan VF 7 (segmen C); dua model lainnya, yakni VF e35 dan VF e36 di segmen D dan E (diluncurkan di ajang 2021 LA Auto Show) kini bernama VF 8 dan VF 9. Awalan “e” (elektrik) pada nama-nama mobil tersebut telah dihilangkan demi menegaskan konsistensi VinFast pada segmen mobil listrik.

Kelima mobil listrik ini, menampilkan eksterior yang memukau dan modern, dirancang dua biro desain asal Italia yang ternama di dunia, Pininfarina dan Torino Design.

Perkuat Komitmen di Segmen Mobil Listrik, Hankook Menjadi Ban Resmi Audi e-tron GT

VF 8 dan VF 9 akan dilengkapi fitur-fitur Swakemudi (Autonomous Driving) level 2+ untuk versi Eco dan Plus, serta level 3-4 untuk versi Premium. Model-model ini juga memiliki fitur-fitur cerdas, termasuk Smart Home, Mobile Office, In-car Shopping, In-car Entertainment, serta banyak lagi fitur-fitur nyaman dan canggih. Sederet fitur ini akan menciptakan keseruan dalam setiap perjalanan dan kehidupan sehari-hari.

“VinFast ingin menciptakan masa depan berkelanjutan bagi manusia dan bumi lewat mobilitas ramah lingkungan, bersih, dan aman. Masa depan ini didukung layanan-layanan cerdas, pengalaman pelanggan terbaik, serta pelestarian bumi dan generasi mendatang,” kata Madam Le Thi Thu Thuy, Vice Chair, Vingroup, dan CEO, VinFast Global.

VinFast berkomitmen terhadap desain mobil inovatif, kualitas, dan teknologi, serta layanan pelanggan terbaik.

“Kami bahkan bercita-cita mewujudkan pencapaian yang lebih besar—menjadi salah satu produsen mobil listrik terkemuka di dunia sekaligus memberikan inspirasi bagi pelanggan agar bergerak tanpa batas dan berkolaborasi dalam revolusi mobil listrik, serta menciptakan masa depan berkelanjutan bagi semua orang,” katanya.

Di acara “VinFast Global EV Day”, VinFast juga resmi mengumumkan harga ritel dan program pemesanan produk yang penuh terobosan untuk VF 8 dan VF 9 di Amerika Serikat, Eropa, serta Vietnam.

VF 8 ditawarkan mulai seharga US$ 41.000 di Amerika Serikat; mulai EUR 36.133 di Eropa, dan VND 961 juta di Vietnam. Sementara, VF 9 ditawarkan mulai seharga US$ 56.000 (Amerika Serikat); EUR 49.280 (Eropa), dan VND 1,312 miliar (Vietnam). Setiap mobil listrik VinFast memiliki garansi hingga 10 tahun atau hingga 200.000 km (mana yang tercapai lebih dulu).

Selama tiga bulan, dari 5 Januari-5 April 2022 (PST), VinFast akan meluncurkan program keanggotaan eksklusif, “VinFirst – Pioneer’s Gratitude to Pioneers”. Program ini menawarkan beragam bonus dan manfaat bagi pelanggan yang melakukan pemesanan mobil pada tahap awal (informasi lebih rinci tersedia pada lampiran di bawah ini).

Ini Motor Listrik Kolaborasi Unik Niu dan Gundam

VinFast adalah produsen mobil listrik pertama yang memakai teknologi blockchain untuk menerima pemesanan mobil dan membuktikan kepemilikan mobil. Banyak insentif lain dapat diperoleh pelanggan di Amerika Serikat yang bergabung dalam program VinFirst. Seluruh pemesanan mobil tahap awal dapat dikembalikan, diberikan dalam bentuk hadiah, atau ditransfer mulai 6 April 2022.

Selain membagikan kebijakan harga, VinFast mengumumkan program penyewaan baterai yang inovatif.

Program ini menawarkan dua paket langganan: “Flexible” (biaya langganan minimum untuk setiap 300 mil/500 km setiap bulan, biaya tambahan berlaku mulai 301 mil/501 km), dan “Fixed” (tanpa batas jarak tempuh).

Biaya bulanan untuk mengendarai mobil listrik VinFast kira-kira setara dengan biaya bensin di setiap pasar.

Lebih lagi, VinFast akan menanggung seluruh biaya perawatan baterai mobil, dan mengganti baterai mobil milik pengguna secara gratis jika kapasitas pengisian daya dan pengosongan dayanya berada di bawah 70%.

Program pemesanan mobil untuk model-model VF 8 dan VF 9 resmi dibuka pada 5 Januari 2022 pukul 5 sore PT di Las Vegas, Amerika Serikat.(BA-06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here