Intel Umumkan Prosesor 12th Gen Intel Core untuk IoT

Ilustrasi

BISNIASIA.CO.ID, JAKARTA – Intel meluncurkan prosesor 12th Gen Intel® Core™ (dengan code-name Alder Lake S-series dan H-series) di CES 2022, keluarga prosesor pertama yang ditingkatkan untuk edge dengan fitur performance hybrid architecture yang mengombinasikan Performance-cores dan Efficient-cores dengan Intel® Thread Director. Ditingkatkan untuk mengakselerasi inovasi aplikasi Internet of Things (IoT), prosesor baru ini menawarkan peningkatan jumlah core dan kemampuan grafis/media/layar dan AI yang lebih mutakhir, rentang harga yang lebih luas, performa, dan power, bagi kalangan retail, manufaktur, layanan kesehatan, dan keselamatan digital.

“Mulai dari mendukung pengalaman visual yang lebih kaya di berbagai perangkat, hingga menjalankan berbagai workload yang sangat penting dalam satu platform edge, prosesor 12th Gen Intel Core akan memberdayakan pelanggan kami guna mengambil langkah terbesar menuju dunia yang diatur software di edge,” ungkap John Healy, Intel vice president of the Internet of Things Group dan general manager of Platform Management and Customer Enablement

Dengan kombinasi antara performance hybrid architecture terbaru dari Intel dan teknologi proses Intel 7, keluarga prosesor 12th Gen Intel Core menghadirkan fitur-fitur kunci yang membedakannya dengan solusi-solusi lain yang tersedia untuk kalangan retail, layanan kesehatan, manufaktur, dan video, termasuk:
– Performa komputasi tingkat tinggi dan fleksibilitas untuk menunjang workload IoT yang lebih berat.
– Kemampuan AI yang diakselerasi dan deep learning tanpa hardware tambahan.
– Keandalan kondisi penggunaan yang sudah tertanam.
– Graphics processing unit terintegrasi yang sudah ditingkatkan untuk mendukung layar 4K dan 8K.
– Keamanan berbasis hardware untuk membantu perangkat IoT yang rentan melawan berbagai serangan.
– Ekosistem yang kuat dan komunitas open source untuk mendukung beberapa sistem operasi, memungkinkan pelanggan IoT untuk memilih sistem operasi yang sesuai untuk aplikasi-aplikasi yang mereka inginkan.

Prosesor desktop 12th Gen Intel Core untuk IoT yang 1,36 kali lebih cepat dalam single-thread performance1, hingga 1,35 kali lebih cepat dalam multithread performance2, hingga 1,94 kali lebih cepat dalam graphics performance3 dan hingga 2,81 lebih cepat dalam GPU image classification inference performance4 dibandingkan dengan prosesor 10th Gen Intel® Core™. Prosesor desktop 12th Gen Intel Core untuk IoT berisi Intel® UHD Graphics 770 yang digerakkan oleh arsitektur Intel® Xe yang mendukung tampilan virtualisasi dan hingga empat tampilan independen. Mendukung memori PCIe 5.0/PCIe 4.0 dan DDR5/DDR4 dikombinasikan dengan fitur keamanan dan pengelolaan serta pemberdayaan AI untuk membantu meningkatkan produktivitas dan mendorong inovasi masa depan dalam aplikasi IoT. SKU IoT memiliki fitur hingga 16 core dan 24 thread pada TDP 35W hingga 65W, kemampuan real-time, ketersediaan jangka panjang, dan dukungan software dalam jangka panjang.

Intel Mempercepat Inovasi Process dan Packaging

Prosesor ini memberikan manfaat di berbagai industri.
– Pelanggan ritel, perbankan, perhotelan, dan pendidikan akan dapat meningkatkan konvergensi workload, mendorong nilai dari frictionless point-of-sale dan kiosk untuk meningkatkan pengalaman tampilan yang interaktif.
– Pelanggan manufaktur industrial dapat memanfaatkan PC industrial, server edge, pengontrol canggih, sistem machine vision, dan platform kontrol yang tervirtualisasi, dengan lebih baik.
– Pelanggan layanan kesehatan akan mampu menghadirkan peningkatan pencitraan ultrasound, medical cart, endoskopi dan perangkat klinis di edge.
– Pelanggan keselamatan dan keamanan digital akan dapat mendorong lebih banyak hasil dari AI box analytic, perekam video jaringan, dan video wall.

Prosesor mobile 12th Gen Intel Core untuk IoT diperkirakan meraih hingga 1,04 kali lebih cepat dalam single-thread performance5, hingga 1,18 kali lebih cepat dalam multithread performance6 dan hingga 2,29 kali lebih cepat dalam graphics performance7 dibandingkan dengan prosesor 11th Gen Intel® Core™. SKU-SKU ini memiliki fitur hingga 14 core dan 20 threads pada 35W hingga 45W TDP. Intel juga mengumumkan U-series dan P-series dari prosesor 12th Gen Intel Core dengan rentang TDP dari 15W hingga 28W. Empat display pipe akan memungkinkan pemasangan video wall yang lengkap dengan grafis Intel® Iris® X yang kaya dan imersif, dikombinasikan dengan AI untuk skenario inferensi dan machine vision.

Prosesor ini memberikan berbagai manfaat di berbagai industri, termasuk:
– Pelanggan ritel, perbankan, perhotelan, dan pendidikan akan dapat meningkatkan konsolidasi workload dan meningkatkan pengalaman dengan empat display pipe untuk video wall, serta whiteboard dan kiosk yang interaktif dengan AI untuk menghasilkan analitik.
– Pelanggan manufaktur industrial akan dapat memanfaatkan machine vision dengan lebih baik untuk menginspeksi suku cadang, dikonsolidasikan dengan panel antarmuka manusia-mesin dan PC industrial.
– Pelanggan layanan kesehatan akan menyadari adanya peningkatan pencitraan medis dalam perangkat seperti ultrasound dengan adanya AI/analitik untuk membantu melakukan diagnostik, telemedicine, dan robotika.
– Pelanggan keselamatan dan keamanan digital akan menggunakan machine vision dalam penggunaan edge, perekam video jaringan dengan kemampuan AI, dan dapat memanfaatkan teknologi ini untuk sejumlah aplikasi termasuk smart building, smart factory, dan smart city.

Intel Luncurkan Platform Pusat Data dengan Performa Tercanggih

Prosesor 12th Gen Intel Core telah memiliki lebih dari 80 pelanggan IoT yang berpartisipasi dalam Program Early Access dari Intel. Alder Lake S-series diperkirakan akan tersedia pada Januari 2022; Alder Lake H-series diperkirakan akan tersedia pada April 2022.(BA-06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here