SMI Umumkan Pemenang Kompetisi “Indonesia Edge.AI Challenge 2021”

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Synnex Metrodata Indonesia (“SMI”)—salah satu entitas anak Metrodata Group yang fokus dibidang Distribusi Teknologi, Informasi dan Komunikasi bersama Intel pada mengumumkan pemenang kompetisi bergengsi yaitu Indonesia Edge.AI Challenge 2021 (“Edge.AI Challenge”), dimana kompetisi ini menyasar bagi perusahaan (korporasi) dan Independent Software Vendor (ISV) yang sudah menggunakan teknologi AI dalam aplikasi dan solusi yang dikembangkan dan siap dipasarkan.

Kecerdasan buatan (AI) memungkinkan bagi mesin untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan dengan hal-hal baru dan melakukan pekerjaan yang dilakukan manusia. Oleh karenanya SMI bersama Intel mengembangkan ekosistem ISV agar lebih berkembang dan lebih banyak Market Ready Solution di Indonesia. Kompetisi ini telah melahirkan berbagai aplikasi/solusi berbasis AI di lintas industri yang sudah ditentukan. Adapun kriteria penjurian adalah mencari aplikasi yang berorientasi dalam bisnis serta memiliki nilai bisnis, selain itu solusi juga mudah direplikasi serta dapat dipakai oleh banyak orang.

Kompetisi Edge.AI Challenge menetapkan kategori yaitu AI Bots/Chat bots, Transportation – Logistics & Tracking, Emotion & Behavioral AI – Situational Monitoring, Financial, Asset & Operations Optimization, Healthcare AI – Human Wellness Monitoring, Consumer/Retail/AI Technology – Interactive Displays, Energy Monitoring & Management, Environment Monitoring, Control Optimization & Automation, Manufacturing – Machine Condition Monitoring, dan Product Inspection.

Kompetisi Edge.AI Challenge dengan juri dari Kantor Pusat Intel & SMI melakukan penjurian peserta yang terbagi dalam 3 tahapan. Dan sebanyak 4 finalis berhasil memasuki tahap 3 atau tahap babak final. Dan yang berhasil menjadi pemanang adalah:

Pemenang 1: Lenna.AI – Smart Parking System with Chatbot
Pemenang 2: Panelo – Smart Signage Solution
Pemenang 3: Egeroo.AI – NLP Chatbot

PT Synnex Metrodata Indonesia Resmi Luncurkan Nexworld

“Dengan diadakannya kompetisi Indonesia Edge.AI Challenge 2021, kami senang sekaligus bangga dapat melahirkan bibit-bibit baru khususnya dalam bidang solusi AI. Babak final merupakan bagian yang sangat menantang karena para finalis memaparkan solusi-solusi terbaiknya. Sementara kami dan para juri menilai berdasarkan kriteria utama yang sudah ditetapkan, diantaranya dapat disesuaikan, jumlah penerapan, harga, adopsi teknologi Intel, jangkauan pemasaran, dukungan platform, mudah digunakan, serta open platform technology (connect with other API). Saatnya kami fokus mencari mitra bisnis/ISV yang sudah memiliki solusi siap di pasar, terus berinovasi serta memberikan ide-ide baru yang berdampak dapat mengembangkan pasar. Nilai tambah lainnya dari kompetisi ini adalah kami akan menawarkan kontrak kerjasama distribusi atas solusi terbaik mereka”, kata Lie Heng, Solution Business Director, PT Synnex Metrodata Indonesia.

Para pemenang mendapatkan hadiah dan berkesempatan mendapat bimbingan langsung dari para ahli untuk pengembangan produk mereka, serta dukungan dari sisi pemasaran. Selain itu, peserta juga akan mengikuti program ‘inkubasi’ guna memperluas solusi dan jangkauan pasar hingga ke seluruh dunia.

SMI dikenal sebagai distributor TIK inovatif yang memiliki infrastruktur bisnis yang dapat diandalkan. Dengan lebih dari 5200 channel partner yang berpengalaman di lebih dari 150 kota di seluruh Indonesia, SMI semakin diperkuat dengan layanan kelas dunia, ragam portofolio produk dan solusi-solusinya.(BA-06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here