JICT Catat Throughput Lebih Dari 2 juta Teus Sepanjang 2021

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

BISNIASIA.CO.ID, JAKARTA – Pelayanan petikemas ekspor impor di PT Jakarta International Container Terminal (JICT) tumbuh sepanjang 2021. Tercatat pertumbuhan volume (throughput) petikemas secara tahunan mencapai 2.037.518 teus (satuan petikemas ukuran 20 kaki) pada tahun 2021.

“Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh elemen di JICT dan para mitra stakeholders,” ujar Direktur Utama Ade Hartono saat menyambut kapal perdana tahun 2022 di terminal JICT 1 Jakarta pada Sabtu (01/01/2022).

JICT telah menerapkan beberapa inovasi digital pelabuhan untuk menyederhanakan dan mempercepat proses keluar masuk petikemas dengan lebih cepat dan handal. Tujuannya agar arus barang semakin lancar dan produktivitas pelabuhan terus meningkat.

Dalam kurun waktu 14 tahun terakhir, JICT berhasil menerapkan beberapa sistem digital pelabuhan diantaranya autogate, e-billing, Truck Identification system dan yang akan diluncurkan yakni online booking system bagi pelanggan untuk pemesanan truk.

“Pengalaman terbaik pelanggan lewat berbagai inovasi di JICT semata agar mereka puas atas layanan kami,” ujar Ade.

Selain itu, sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan, JICT mengadakan seremoni bagi kapal yang terakhir sandar di tahun 2021 dan sandar perdana di tahun 2022.

Berdasarkan data, kapal KMTC Yokohama berlayar terakhir dari JICT saat pergantian tahun. Sementara kapal KMTC Rio Grande bersandar di JICT untuk mengawali tahun 2022.

Hadir pada saat penyambutan kapal perdana KMTC Rio Grande, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Wisnu Handoko, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok Andi Hartono, General Manager Pelabuhan Indonesia Regional II Silo Santoso, Wakil Direktur Utama JICT Budi Cahyono dan beberapa pejabat dari instansi terkait di Tanjung Priok.

“Berbagai capaian ini merupakan wujud komitmen JICT dalam memberikan layanan pelabuhan dan inovasi digital terbaik untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ke depan JICT secara aktif akan terus menjadi pioneer dalam pengembangan sistem pelabuhan melalui ekosistem digital yang mumpuni,” tutup Ade.

Penyerahan secara simbolis donasi program lelang foto Selembar Kebaikan di showroom Datascrip, Kemayoran (4/1). Hasil lelang foto sebesar Rp 35.200.000 disalurkan melalui Lentera Anak Pelangi untuk membantu anak-anak yang hidup dengan HIV.(BA-06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here