Melalui Kerja Sama dengan NLE, GUUD Indonesia Kini Terintegrasi dengan Sistem CEISA 4.0

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT GUUD Logistics Indonesia (“GUUD Indonesia”), unit usaha lokal milik GUUD group, perusahaan teknologi perdagangan terkemuka, telah mengumumkan, Clickargo, platform logistik digital pertama di Indonesia, berhasil melakukan uji coba integrasi dengan system CEISA 4.0 di bawah naungan National Logistic Ecosystem (NLE). Integrasi ini memperlancar proses kepabeanan. GUUD Indonesia juga resmi terdaftar sebagai LPL, serta berwenang memungut bea dan cukai mewakili pemerintah.

Bekerja sama dengan NLE di Indonesia, integrasi yang dilakukan Clickargo dengan sistem CEISA 4.0 milik Direktorat Jenderal Bea dan Cukai turut memfasilitasi integrasi dan kolaborasi antara pihak pemerintah dan pelaku industri logistik. Dengan demikian, pemetaan, pengiriman, dan persetujuan dokumen berlangsung secara cepat, aman, dan mudah.

Berkat kecerdasan buatan canggih yang didukung cognitive machine recognition (CMR) pada layanan kepabeanan ClicDeclare dari Clickargo, pengguna dapat memindai dokumen yang ditulis dengan tangan atau PDF pada platform Clickargo. Dokumen ini secara otomatis teridentifikasi dan terkumpul pada jenis pengajuan kepabeanan yang tepat, serta diproses oleh Dirjen Bea dan Cukai. Teknologi ini meningkatkan akurasi, menghemat waktu, dan mempermudah pengecekan dokumen.

Guna memperlancar proses perizinan, di samping proses kepabeanan, Clickargo juga memiliki ClicGatepass, sebuah modul yang dirancang khusus untuk melakukan pembayaran akses (gatepass) secara digital. Setelahnya, Anda dapat mengirim kargo dari pelabuhan atau bandara.

Modul-modul ini membantu pengguna menghemat waktu pemrosesan dokumen secara manual, mencegah kehilangan dokumen kertas, serta menghasilkan visibilitas, akuntabilitas, dan keterlacakan data yang lebih baik. Setelah Clickargo resmi ditunjuk sebagai LPL, pembayaran digital cepat atas pajak dan bea pemerintah kini dapat dilakukan. Hal ini menghasilkan alur kerja yang cepat dan mudah bagi pelaku perdagangan dan penyedia jasa logistik yang ingin mengoordinasikan proses regulasi dan pengiriman barang pada satu platform tunggal.

Shipper Tingkatkan Layanan Logistik yang Efisien guna mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia

Johan Djaja, Direktur Utama PT GUUD Logistics Indonesia berkata, “Kami gembira menjadi platform teknologi perdagangan pertama yang bergabung dalam proyek integrasi dengan CEISA 4.0 dalam naungan NLE. Integrasi ini memperlancar proses kepabeanan dengan Dirjen Bea dan Cukai. Integrasi ini juga sangat bermanfaat bagi pengguna dari kalangan bisnis. Kini, mereka dapat dengan mudah mengirim, melacak, dan memperoleh perizinan secara lebih cepat. Selain pengiriman dan pelacakan dokumen digital secara mudah, Clickargo menjanjikan data reusability dan analisis data yang canggih. Dengan kedua hal tersebut, pemilik bisnis dapat mempersiapkan laporan dan dokumen relevan yang akan dikirimkan kepada pemerintah.”

Agus Sudarmadi, IT Director, National Logistics Ecosystem, berkata, “Kami yakin bahwa platform digital seperti Clickargo sangat bermanfaat bagi pelaku perdagangan di Indonesia. Manfaat ini terwujud lewat akses terintegrasi dengan layanan pemerintah yang berada dalam naungan NLE, serta meningkatkan kinerja layanan logistik di Indonesia. Setelah terintegrasi dengan CEISA 4.0 yang berada dalam naungan NLE, pengguna kini mudah mengirim dokumen logistik dan perdagangan, serta memperoleh respons secara langsung dari instansi-instansi terkait, termasuk Dirjen Bea dan Cukai.”

Clickargo, bagian dari ekosistem GUUD, adalah platform digital yang memperlancar transaksi perdagangan terpadu, mulai dari pengajuan perizinan hingga pemerintah, memesan layanan pelayaran dan pengiriman barang melalui truk, serta pembayaran pajak dan bea.(BA-06)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini