Satu Aplikasi untuk Wujudkan Resolusi Keuangan 2022

Ilustrasi

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Agar kondisi finansial menjadi semakin baik dan tujuan keuangan terpenuhi, aplikasi perbankan digital CommBank Mobile bisa membantu mewujudkannya. Head of Marketing, Branding and Digital Products Bank Commonwealth Lia Rosmalia mengatakan bahwa resolusi keuangan dapat terwujud jika kita memiliki literasi keuangan yang baik dan memahami perencanaan serta pengaturan keuangan.

Pada tahun 2020, Bank Commonwealth melakukan survei dengan responden berusia 20-40 tahun di kota-kota besar di Indonesia. Hasilnya, 60% responden yang merupakan pekerja/karyawan merasa bahwa mereka konsumtif dan kesulitan untuk menabung, tapi mereka juga menyadari pentingnya menabung. Selain itu, ada 50% responden yang tidak melakukan tracking pengeluarannya dan 53% responden berpendapat bahwa menabung itu mudah tapi mereka masih berpikir bahwa sebenarnya mereka dapat menabung dengan lebih baik jika mereka kurang konsumtif dan lebih sadar akan pengeluaran mereka. “Hal ini memperlihatkan bahwa masih ada banyak ruang untuk kita memperbaiki perencanaan keuangan agar lebih teratur dan terukur,” kata Lia dalam acara diskusi dengan media, BizInsight, yang diadakan Bank Commonwealth, hari ini.

Lia memberikan tips agar resolusi keuangan dapat terwujud dengan mudah. Pertama dan yang paling penting dilakukan adalah membuat anggaran setiap bulan. “Idealnya, kita menganggarkan 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk entertainment, dan 20% untuk tabungan, investasi, dan cicilan.” jelas Lia.

Kedua, melakukan pencatatan keuangan yakni mencatat anggaran dan melakukan tracking pengeluaran. Menurut Lia, pencatatan ini harus dilakukan rutin setiap bulan agar secara rutin kita bisa meningkatkan tabungan dan juga melacak pengeluaran yang tidak dibutuhkan. Terakhir adalah disiplin. Disiplin dalam membuat anggaran setiap bulan, disiplin tracking pengeluaran atau melakukan evaluasi rutin.

Bukalapak dan Bank Commonwealth Berbagi Ilmu Kembangkan Bisnis Pelaku UMKM Perempuan

Lia melanjutkan, untuk menjalankan tips tersebut, tidak perlu repot menuliskan di buku catatan. Aplikasi perbankan digital CommBank Mobile didesain khusus untuk mewujudkan resolusi keuangan ini. Aplikasi ini memiliki fitur Anggaran dan Pengeluaran yang memungkinkan kita dapat mengatur anggaran pengeluaran bulanan dengan berbagai macam kategori seperti membayar tagihan, kesehatan, pendidikan atau pengeluaran untuk liburan, dll. Ketika ada pengeluaran untuk kategori yang sudah dianggarkan, CommBank Mobile secara otomatis mengatur kategori tersebut. Hal ini sangat membantu untuk evaluasi kita dan melacak pengeluaran-pengeluaran kita di bulan tersebut. Selain itu, kita juga bisa melacak pengeluaran kita secara harian, mingguan, maupun bulanan.

Tak hanya itu, lanjut Lia, untuk mewujudkan resolusi keuangan di tahun 2022, kita bisa menggunakan Goal Saver yang tersedia di CommBank Mobile. Goal Saver merupakan produk tabungan yang sangat fleksibel dengan pengalaman digital yang menyeluruh dan suku bunga yang kompetitif. Dengan Goal Saver, kita memiliki keleluasaan untuk mengatur periode tabungan termasuk jangka waktu dan nilai target, serta mudah untuk mengatur jumlah setoran awal untuk disimpan dan setoran rutin per bulan-nya. Dananya juga bisa diambil kapan saja tanpa biaya penalti, serta goals dapat diubah. “Goal Saver juga sangat cocok bagi kita yang memiliki pengeluaran rutin tahunan, seperti pajak kendaraan, zakat, dll. Kita bisa menjaga cash flow kita dengan menyiapkan pengeluaran rutin ini jauh-jauh hari dengan membuat Goal Saver, agar kita bisa menghindari pengeluaran yang besar secara langsung.” tutup Lia.(BA-06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here