Tingkatkan Penjualan, HOKI Siapkan Produk Baru

PT Buyung Poetra Sembada Tbk

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Buyung Poetra Sembada Tbk (“HOKI”), emiten produsen beras berkualitas merek “Topi Koki” dan “HOKI”, terus berusaha melakukan inovasi dalam bisnis dengan menyiapkan dua produk baru sebagai langkah untuk menjadi consumer goods company. Produk baru HOKI yang sedang disiapkan ialah beras jagung dan beras singkong yang diproduksi oleh anak usaha barunya, yaitu PT Hoki Distribusi Niaga (HDN). Adanya produk baru ini adalah untuk menggenjot peningkatan penjualan HOKI kedepannya, diharapkan produk-produk baru yang disiapkan HDN dapat memberikan kontribusi yang baik untuk kinerja HOKI.

Budiman Susilo selaku Direktur HOKI, “Kami optimis kedepannya dapat terus meningkatkan penjualan kami. Terlebih dengan adanya diversifikasi produk-produk baru dari anak usaha kami, yaitu HDN. Tujuannya adalah untuk dapat memberikan nilai tambah dan menjadi berkat bagi konsumen dan stakeholders. Oleh karena itu, dalam proses riset dan pengembangan produk, kami senantiasa mengarahkan prioritas dan fokus untuk memastikan hadirnya customer value yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup konsumen kami saat ini. Di mana produk baru ini juga merupakan bagian dari strategi pengembangan produk berkualitas Perseroan untuk menunjang gaya hidup lebih sehat masyarakat kita.”

HOKI melalui HDN, untuk produk beras jagung dan beras singkong, saat ini sedang tahap akhir persiapan peluncuran. Produk ini diharapkan sesuai dengan gaya hidup konsumen yang semakin peduli dengan kesehatan, kualitas, dan kepraktisan. Produk beras jagung dan beras singkong Perseroan tersebut juga telah mendapatkan izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Rencananya, HOKI akan mulai memasarkan produk-produk tersebut di Jabodetabek pada tahun 2022 mendatang. Pemasaran produk baru HOKI ini juga berencana untuk akselerasi perluasan di lima kota besar di Indonesia.

RUPSLB HOKI Menyetujui Stock Split

HOKI juga ada penambahan mesin pengering dan penggilingan padi di pabrik Subang, Jawa Barat. Seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian pasca pandemi, serta didukung dengan inovasi produk yang berpihak pada kebutuhan dan gaya hidup konsumen saat ini, HOKI terus memenuhi kapasitas produksinya.

Di sisi lain, HOKI juga terus fokus dalam Environmental, Social and Governance (ESG). Menyambut era pajak karbon pada April 2022 mendatang, HOKI juga terus mendukung bisnis yang berkelanjutan. Upaya-upaya yang dilakukan HOKI, antara lain dengan menjalankan Pembangkit Listrik Tenaga Sekam Padi berkapasitas 3MV di Palembang, Sumatera Selatan, dalam rangka memanfaatkan limbah dari sekam padi. Selain itu, HOKI telah melakukan pemasangan mesin pengolah sekam menjadi pellet. HOKI juga telah mendapat sertifikasi ESG tahap pertama secara global oleh Planet Mark dan saat ini dalam proses tahap kedua.

Sebagai informasi, pada Kuartal III-2021, HOKI mencatatkan kenaikan margin laba kotor sebesar 14,18%. Margin laba kotor HOKI juga meningkat dalam beberapa kuartal terakhir karena adanya penambahan mesin pengering. Seiring dengan perubahan pola perilaku konsumen dimasa pandemi Covid-19, penjualan online HOKI juga tercatat meningkat sekitar 147% pada Kuartal III-2021 dibandingkan pada Kuartal III-2020. “Diharapkan dengan adanya produk baru dan penerapan ESG HOKI dapat menargetkan kenaikan penjualan kedepannya. Serta, HOKI dapat terus berkontribusi dalam lingkungan keberlanjutan,” tutup Budiman.(BA-06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here