Kaspersky EDR Menangkan Nilai Tertinggi Tes SE Labs

Ilustrasi

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Kaspersky Endpoint Detection And Response (EDR) telah meraih penghargaan AAA tertinggi dalam tes Enterprise Advanced Security SE Labs (sebelumnya dikenal sebagai Breach Response Test). Solusi ini terkenal karena kemampuannya untuk mendeteksi serangan bertarget kompleks, melacak perilaku berbahaya dari awal hingga akhir serangan, dan tidak menghasilkan hasil positif palsu. Selama proses evaluasi, solusi mengekspos mulai dari alat, teknik, hingga prosedur yang digunakan oleh kelompok ancaman tingkat lanjut.

Dengan serangan siber yang semakin canggih dan titik akhir yang masih menjadi target utama para pelaku kejahatan siber, perlindungan titik akhir yang andal tidak boleh dilewatkan. Namun, menilai keefektifan solusi ini bukanlah tugas yang mudah, dan banyak faktor, seperti kemampuan mendeteksi, relevansi, dan akurasi berperan saat mengevaluasi seberapa baik produk akan membantu saat terjadi serangan nyata.

Untuk mengevaluasi kemampuan Kaspersky EDR, teknisi SE Labs menguji produk di bawah serangkaian serangan kompleks yang serupa atau identik dengan yang digunakan oleh kelompok ancaman Dragonfly dan Dragonfly 2.0, FIN7 dan Carbanak, Oilrig, dan APT29. Performa solusi dilacak di semua tahap serangan utama, mulai dari pengiriman hingga eskalasi dan aksi lateral. Penguji berperilaku sebagai musuh nyata, menyelidiki target menggunakan berbagai alat, teknik, dan vektor sebelum mencoba mendapatkan akses ke infrastruktur. Setelah itu, mereka mencoba menyelesaikan tujuan serangan, termasuk mencuri informasi, merusak sistem, dan menghubungkan ke sistem lain di jaringan. Tes ini juga mempertimbangkan kemampuan EDR untuk mengidentifikasi aplikasi dan perilaku yang sah dengan tepat, serta mengukur deteksi positif palsu atau interaksi sub-optimal lainnya.

Menurut laboratorium independen, Kaspersky EDR berhasil mendeteksi setiap serangan yang ditargetkan dan melacak setiap aktivitas berbahaya yang terjadi selama pengujian. Selain itu, solusi juga mendeteksi wawasan mendalam, menangkap detail saat setiap ancaman berjalan di rantai serangan dari pengenalan awal ke sistem melalui eksekusi dan perilaku lanjutan dari penyerang. Dengan 100% serangan yang terdeteksi, solusi tersebut juga menunjukkan hasil yang luar biasa dalam mengklasifikasikan aplikasi dan URL yang sah dengan peringkat akurasi 100%.

Berdasarkan jumlah total kriteria yang dievaluasi, Kaspersky Endpoint Detection and Response menyelesaikan proses evaluasi dengan 98% dalam peringkat akurasi total dan dianugerahi tingkat estimasi tertinggi dari Penghargaan AAA.

“Mendeteksi pelanggaran adalah tugas yang sangat menantang. Mendeteksi setiap tahap serangan, tanpa membuat kesalahan jauh lebih sulit. Kaspersky telah melakukan pekerjaan yang baik dalam memberikan wawasan yang lengkap dan mendalam tentang berbagai serangan tingkat lanjut,” kata Simon Edwards, Chief Executive Officer di SE Lab.

“Kami sangat bangga bahwa solusi EDR Kaspersky berhasil mengulangi kesuksesan platform Kaspersky Anti-Targeted Attack yang diberi peringkat AAA oleh SE Labs pada tahun 2019 dan menunjukkan hasil yang luar biasa selama salah satu tes keamanan siber yang paling menantang dilakukan. Tim kami mendukung pendekatan pengujian holistik SE Labs yang melibatkan penggunaan skenario dunia nyata, validasi kinerja pada setiap tahap serangan, dan tolok ukur evaluasi yang transparan. Kami berharap dapat berpartisipasi dalam pengujian SE Labs lebih lanjut untuk menegaskan kembali bahwa produk Kaspersky memberikan perlindungan tingkat tinggi bahkan terhadap ancaman paling canggih,” komentar Alexander Liskin, Head of Threat Research di Kaspersky.

Kaspersky Endpoint Detection and Response (EDR) memberikan visibilitas di semua titik akhir di jaringan perusahaan dan memberikan pertahanan yang unggul, memungkinkan otomatisasi rutin untuk menemukan, memprioritaskan, menyelidiki, dan menetralisir ancaman kompleks hingga serangan tingkat APT.(BA-06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here