Allianz Indonesia Gelar Diskusi Survival Asuransi & Media di Tengah Pandemi serta Outlook 2022

Allianz Indonesia menggelar sebuah sesi diskusi virtual untuk media bertajuk How Insurance and Media Survive During the New Normal and Get Ready for 2022.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Upaya pemulihan ekonomi saat ini sudah menunjukkan banyak perkembangan, walaupun masih diwarnai ketidakpastian karena masa pandemi belum berakhir. Upaya yang dilakukan berbagai pihak, terutama pemerintah dalam menyusun strategi kebijakan fiskal, bersinergi untuk mengembalikan keadaan ekonomi yang stabil. Hal ini bersifat inklusif seiring pandemi Covid-19 yang sudah lebih terkendali. Kemampuan adaptasi dan kebiasaan masyarakat yang berdisiplin menjalani protokol kesehatan, akan menjadi faktor penting dalam melanjutkan pemulihan yang semakin solid. Termasuk di dalamnya kecepatan adaptasi digital yang memungkinkan masyarakat tetap beraktivitas dan bertransaksi sambil menjaga jarak.

Industri asuransi menjadi salah satu bagian yang senantiasa mendukung pemulihan ekonomi nasional. Para pelaku di industri asuransi dan media terbukti juga memegang peranan penting, karena secara konsisten mendorong masyarakat mendapatkan informasi dan edukasi mengenai literasi keuangan dan asuransi secara masif. Oleh karena itu, Allianz Indonesia selalu menggandeng media dalam setiap strategi komunikasinya. Allianz Indonesia senantiasa mengapresiasi setiap bentuk sinergi yang ada dalam proses penyaluran informasi tepat guna pada masyarakat.

Mengakhiri 2021 serta memasuki 2022 dengan optimis, Allianz Indonesia menggelar sebuah sesi diskusi virtual untuk media bertajuk How Insurance and Media Survive During the New Normal and Get Ready for 2022. Diskusi ini menghadirkan para narasumber, yaitu; Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia, Poltak Hotradero, Peneliti Senior & Ekonom di Bursa Efek Indonesia, dan Tri Agung Kristanto, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas. Allianz Indonesia bersama para pembicara mengulas mengenai kiat bertahan di tengah sulitnya keadaan krisis pandemi Covid-19, serta bagaimana industri optimis melangkah masuk ke 2022. Terdapat juga paparan Outlook Ekonomi Makro 2022 serta digitalisasi asuransi.

“Fokus pemerintah dalam pemulihan perekonomian Indonesia tetap pada aspek kesehatan, sosial dan ekonomi. Seiring dengan perkembangan teknologi digital di era revolusi industri 4.0, pemerintah dan sektor privat akan terus berakselerasi mengadaptasi teknologi digital untuk memberikan kemudahan dan menyesuaikan kebutuhan manusia terutama di tengah normal baru ini. Demikian pada sektor asuransi yang terus bertransformasi ke arah digital untuk memberikan layanan terbaik dan menjaga kelangsungan bisnis kedepannya. Nasabah dan masyarakat dapat memilih layanan, melakukan transaksi, pengajuan klaim hingga membayar tagihan hanya dengan satu portal saja.” ujar Poltak Hotradero, Peneliti Senior & Ekonom di Bursa Efek Indonesia.

Berdasarkan data OJK, industri asuransi membukukan pertumbuhan premi sebesar 18,35 persen per Juni 2021. Pertumbuhan ini mendorong Allianz untuk terus menciptakan inisiatif yang senantiasa mengutamakan customer experience, distributor experience, serta employee experience. Allianz Indonesia telah menghadirkan berbagai inisiatif untuk menciptakan pengalaman berasuransi yang terdigitalisasi dengan menyesuaikan kebutuhan nasabah yang unik dan mengutamakan kemudahan.

“Walau masih banyak pembatasan aktivitas, hal ini tidak menjadi penghalang bagi Allianz Indonesia untuk tetap menghadirkan inisiatif inovatif dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat. Di sepanjang tahun 2021, kami tetap mengadakan literasi finansial dan edukasi asuransi secara rutin secara virtual, tidak hanya untuk nasabah namun juga masyarakat luas. Kami terus memantau perkembangan pasar dan selalu konsisten dengan strategi bisnis yang kami miliki, agar dapat terus memenuhi kebutuhan nasabah yang berbeda-beda dan memberikan perlindungan ke lebih banyak masyarakat Indonesia. Sebagai sebuah perusahaan asuransi yang mengedepankan sustainability, kami senantiasa memperhatikan segi lingkungan, sosial dan governance dalam menjalankan bisnis. Allianz akan tetap fokus untuk bertumbuh dan terus mengembangkan ekosistem digital untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan perlindungan asuransi yang mengedepankan kemudahan serta keamanan data,” terang Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia.

Dari sisi media, Tri Agung Kristanto selaku Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas turut menyampaikan bahwa sekarang adalah momen krusial bagi media untuk terus bertahan dan menjadi sumber informasi bagi masyarakat. “2021 juga tidak mudah bagi pelaku industri media, namun tidak mengurangi semangat idealisme kebanyakan pelaku industri untuk tetap menyajikan berita yang terpercaya ditengah ketidakpastian krisis ekonomi. Saat ini teknologi informasi dan komunikasi menjadi tulang punggung penerapan teknologi digital dalam setiap aspek kehidupan manusia. Memahami itu industri media pun berakselerasi guna dorong tumbuhnya kemampuan literasi keuangan dan asuransi yang dipadukan dengan kemampuan literasi digital, yang menjadi modal penting masyarakat dalam menghadapi digitalisasi sektor jasa keuangan dan asuransi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini pula, Allianz Indonesia menggelar puncak acara Allianz Journalist Writing Competition 2021, ajang kompetisi bagi insan jurnalis Indonesia, yaitu pengumuman para pemenang penulisan artikel terbaik. Kompetisi telah berjalan sepanjang tahun 2021 hingga ditutup pada November 2021. Ketiga dewan juri yang juga merupakan pembicara dalam webinar, mengumumkan sembilan rekan jurnalis yang berhasil menjadi pemenang penulis berita terbaik versi digital dan cetak, serta berita foto terbaik. Para pemenang selanjutnya berhak atas berbagai hadiah menarik yang telah disediakan.

Allianz Indonesia menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada rekan media yang telah berkolaborasi dalam menghadirkan pemberitaan dan informasi yang akurat mengenai perlindungan dan layanan asuransi di Indonesia sepanjang 2021. Ajang ini diharapkan dapat membawa dampak baik dengan meningkatnya literasi dan penetrasi asuransi masyarakat Indonesia.

“Dengan adanya program Allianz Journalist Writing Competition setiap tahunnya, kami senantiasa berkolaborasi dengan rekan media sebagai corong informasi dan sosialisasi program asuransi yang lengkap dan akurat bagi masyarakat. Menurut data OJK, tingkat penetrasi asuransi di Indonesia masih di angka 3,1% per Juni 2021. Padahal asuransi adalah salah salah satu proteksi dasar yang bisa menyelamatkan individu maupun keluarga dari krisis keuangan sebagai dampak dari risiko-risiko kehidupan. Itulah sebabnya sepanjang tahun Allianz konsisten menjalankan beragam inisiatif yang bersifat edukatif tentang bagaimana asuransi memegang peranan penting untuk kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih berkualitas.” tutup Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia.(BA-06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here