Hadirkan Fitur Personalisasi untuk UMKM, TOKKO Raih Penghargaan Google Play Users Choice App of 2021

BISNISASIA.CO.ID, Jakarta – Tokko, aplikasi untuk membuat toko online yang mendorong UMKM untuk ‘jualan online beneran’ dengan memaksimalkan produk dan layanannya, memenangkan penghargaan Google Play Users’ Choice Award sebagai aplikasi pilihan dari kategori pengguna.

TOKKO keluar sebagai pemenang setelah bersaing melalui proses voting bersama 9 aplikasi lokal dan internasional lainnya yakni Clubhouse, Kuncie, To-Do List, Moises, Fita, Colourise, PhotoRoom, Shipper, dan Sejuta Cita. Voting dibuka untuk para pengguna Google Play mulai 3-17 November 2021. Tahun lalu aplikasi Microsoft Office keluar sebagai pemenang dalam kategori ini.

Google Play Users’ Choice Award merupakan ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh Google secara global. Penghargaan ini merupakan bagian dari Google Play’s Best of 2021 Award yang memberikan penghargaan bagi aplikasi dan game terbaik di seluruh dunia.

TOKKO merupakan aplikasi pembuat toko online yang membantu UMKM mengatur penjualan onlinenya secara menyeluruh. Dengan memanfaatkan TOKKO, UMKM dapat membuat website resmi jualan onlinenya hanya dengan 3 klik, melakukan personalisasi branding untuk websitenya, dan menjual langsung pada pelanggan mereka. Dengan berbagai kemudahan yang didapat di TOKKO, UMKM dapat lebih fokus berjualan online.

Lorenzo Peracchione, Co-Founder and COO TOKKO mengatakan, “Kami bersyukur bahwa solusi yang kami hadirkan mampu memberikan manfaat bagi pengguna kami yang mayoritas UMKM. Penghargaan ini semakin memacu semangat kami untuk terus berinovasi mewujudkan visi misi TOKKO yaitu memberikan pemerataan akses dan kemudahan bagi UMKM mengembangkan bisnisnya melalui teknologi. Terima kasih atas dukungan dari seluruh pengguna TOKKO, dukungan tersebutlah yang menjadi kunci keberhasilan TOKKO dalam berinovasi.”

Ini bukan pertama kalinya TOKKO mendapatkan perhatian publik. Dua minggu yang lalu, TOKKO Semesta, program komunitas dari TOKKO, diresmikan di Surabaya oleh Ibu Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur. Ibu Khofifah memuji upaya Tokko dalam mentransformasi kehidupan UMKM dan menyambut baik kehadiran TOKKO di Surabaya “Selamat datang TOKKO di Jawa Timur, mari rangkul lebih banyak UMKM untuk membantu mereka berkembang dan mengambil peran dalam upaya pemulihan ekonomi nasional dan daerah.”

TOKKO Semesta adalah sebuah inisiatif untuk memberdayakan UMKM melalui program komunitas untuk mensukseskan bisnis online melalui pelatihan dan pendampingan secara personalisasi. TOKKO Semesta mulai diluncurkan pertama kali di Bandung pada bulan September dikukuhkan oleh Ridwan Kamil, Gubernur Provinsi Jawa Barat. Pada acara peluncuran TOKKO Semesta Bandung, Ridwan Kamil mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sangat memperhatikan upaya peningkatan keterampilan UMKM dalam menghadapi persaingan digital. UMKM telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap 90% perekonomian Jawa Barat.

“Kami mendorong seluruh UMKM di Jawa Barat untuk beralih bisnisnya ke digital, untuk itu kami memberikan pendampingan dan pelatihan, salah satunya dengan dukungan aplikasi TOKKO,”ujar Ridwan Kamil

TOKKO berkomitmen untuk memberikan solusi bagi UMKM pasca go-digital agar mereka dapat terus bertahan, menjangkau lebih banyak pelanggan, dan mengembangkan usahanya. Dengan keunggulan solusi personalisasi yang dimiliki TOKKO, UMKM dapat terus memaksimalkan keuntungannya dengan cara ‘jualan online beneran’. Saat ini TOKKO telah memiliki 2,5 juta pengguna di seluruh Indonesia yang terdiri dari pelaku usaha kecil, menengah dan besar.

Mencermati kata-kata dukungan dari tokoh-tokoh terkemuka serta kepercayaan para pengguna yang dibuktikan dengan TOKKO memenangkan Google Play Users’ Choice Award 2021, upaya TOKKO untuk berinovasi dan memberikan solusi yang berbeda di ekosistem UMKM Indonesia membuat TOKKO layak mendapatkan pengakuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here