MTDL Terus Dukung Pengembangan Data Analytic di Indonesia

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL), emiten Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) khususnya di bidang solusi digital serta distribusi hardware dan software, melalui anak usahanya PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) ditunjuk sebagai Mitra Distributor pertama TigerGraph di Indonesia untuk solusi Graph Analytic.

Selain ditunjuk sebagai Distributor melalui SMI, TigerGraph juga akan bekerjasama dengan anak usaha MTDL lainnya, yaitu PT Mitra Integrasi Informatika (MII). Kerja sama dengan MII dilanjutkan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman pada 11 November 2021. Hal ini untuk mendukung penerapan Graph Analytics yang ditujukan bagi profesional dalam industri dan para mahasiswa, yang diterapkan dengan Big Data, Business Analytics, Artificial Intelligence (AI), dan Machine Learning (ML). TigerGraph merupakan penyedia platform Graph Analytics terkemuka asal Amerika Serikat.

Lie Heng, Direktur SMI mengatakan, pihaknya sudah melihat peningkatan permintaan data grafik dan analitik dari pelanggan-pelanggan di Indonesia.

“Kami sangat senang menjadi distributor pertama TigerGraph di Indonesia, yakni grafik data asli pertama di dunia. Berbekal jaringan channel partners global, pengalaman kelas dunia, dan kehandalan teknis, SMI merupakan mitra yang sempurna dalam mendukung ekspansi pasar TigerGraph untuk menjangkau pelanggan di berbagai industri. Misalnya, perbankan, layanan keuangan, asuransi, kesehatan, dan manufaktur,” kata Lie Heng dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis (18/1).

TigerGraph juga memiliki keunggulan pada cloud solution yang memudahkan setiap perusahaan dalam melakukan proses analisa data dengan jumlah besar secara real-time. TigerGraph mampu mendukung pengambilan keputusan dengan cepat yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam bisnis. Sebagai contoh, pencegahan ancaman cyber security, deteksi potensi penipuan, risiko pencucian uang, supply chain management, optimalisasi jaringan, serta customer360 bagi industri keuangan & perbankan, teknologi, manufaktur, dan sektor kesehatan.

Adanya kolaborasi ini juga turut membantu dalam pengembangan talenta digital di Indonesia melalui MII khususnya Metrodata Academy dalam bidang pendidikan dan pelatihan TIK.Herryanti Herman, Direktur MII mengatakan, menurut Gartner, 80% dari database dan inovasi analitik di dunia akan menggunakan teknologi grafik.

“Melalui penandatanganan ini, MII sangat bangga dapat meletakkan dasar bagi mahasiswa lokal kami dan profesional industri untuk menerima dengan segera akses bagi seorang revolusioner dan teknologi kritikal bisnis dalam beberapa tahun kedepan. Akademi kami akan bekerja dengan erat bersama pemimpin industri TigerGraph dalam menyiapkan pelatihan dan menjembatani ke dalam komunitas grafik. Kami akan menciptakan lapangan pekerjaan dan mengembangkan karir dari peserta yang mengikuti program jangka panjang. Serta, bersama-sama bergerak menuju industri TI dan negara maju,” paparnya.

Diharapkan kemitraan ini dapat memberi manfaat bagi 16 vendor dan 180 kampus di Indonesia yang sudah bekerjasama dengan Metrodata Academy. Di sisi lain, juga menambah portofolio SMI sebagai distributor TIK di Indonesia yang sudah memiliki 20 lokasi di lebih dari 150 kota dan 5.200 mitra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here