Kenali 3 Prinsip Utama Berinvestasi

ShopeePay dan Bibit.id Ajak Generasi Muda Wujudkan Kebebasan Finansial

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Kebebasan finansial merupakan sesuatu yang perlu direncanakan sedari dini. Bagi sebagian besar generasi milenial dan generasi Z, hal ini mungkin cukup menantang, khususnya karena pendapatan bulanan yang relatif pas untuk memenuhi kebutuhan harian dan kebutuhan hidup lainnya.

Namun, kebebasan finansial dapat mulai dibangun secara perlahan dengan langkah sederhana berbekal strategi yang matang dan komitmen yang kuat.

Untuk itu, Bibit.id dan ShopeePay memberikan tiga prinsip utama berinvestasi yang dapat menjadi landasan generasi muda dalam mewujudkan kebebasan finansial yang diimpikan:

Realistis dalam menetapkan target keuangan dan jangka waktu

Mewujudkan kebebasan finansial tentu harus dibekali dengan target yang jelas dan realistis agar Anda bisa merancang strategi keuangan dengan matang dan terperinci sesuai kemampuan.

Memiliki target yang terlampau tinggi atau mustahil terkadang malah bisa menimbulkan rasa putus asa dan kecewa hingga akhirnya malas untuk melanjutkan investasi.

Yusuf Mansur Ajak Ibu-ibu dan Remaja Putri ‘Naik Kelas’ Melalui Investasi Emas

Untuk memiliki target keuangan yang realistis, Anda bisa menggunakan prinsip SMART yaitu Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time bound (spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis dan ada jangka waktu tertentu).

Anda bisa memulai dengan menentukan secara spesifik jumlah dana yang hendak dicapai. Selain spesifik, target dana yang akan dikumpulkan juga harus realistis dengan mempertimbangkan budget untuk kebutuhan harian, hiburan, serta dana darurat.

Setelah menentukan nominal dana dan waktu yang spesifik, realistis, dan terjangkau, carilah pilihan investasi yang cocok dengan profil risiko Anda.

Anda bisa memanfaatkan fitur Robo Advisor pada aplikasi Bibit.id untuk mempermudah pemilihan produk investasi yang sesuai. Cukup pilih salah satu tujuan investasi yang tersedia, memasukkan target dana yang harus terkumpul, setelah itu Robo Advisor Bibit.id akan secara otomatis memberikan rekomendasi produk investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda.

Melakukan diversifikasi instrumen investasi secara tepat

Dalam upaya memaksimalkan hasil investasi, diversifikasi investasi menjadi salah satu strategi untuk menghindari risiko kerugian tertentu.

Sebagaimana ungkapan yang mengatakan “jangan letakkan seluruh telur Anda di dalam satu keranjang”, Anda disarankan untuk berinvestasi pada produk reksa dana pasar uang, reksa dana obligasi, dan reksa dana saham dengan proporsi yang sesuai dengan profil risiko Anda.

Investasi Pembiayaan $2,55 juta pada Ekosistem Paladin

Ketiga jenis reksa dana ini memiliki aspek likuiditas, keuntungan, dan risk tolerance yang berbeda-beda. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisasi risiko dari investasi yang Anda lakukan.

Apapun yang terjadi, harus tetap konsisten dan disiplin

Salah satu kunci untuk mewujudkan kebebasan finansial adalah dengan menjadikan investasi sebagai kegiatan yang harus dilakukan secara konsisten.

Tentukan frekuensi investasi sesuai dengan kemampuan dan komit untuk menjalaninya secara disiplin. Misalnya, setiap minggu atau setiap bulan.

Kabar baiknya, Anda bisa membeli berbagai produk reksa dana di Bibit.id dengan mudah dan instan menggunakan ShopeePay. Berbagai keuntungan dan fasilitas yang diberikan oleh ShopeePay dapat membantu Anda mewujudkan kebebasan finansial dengan lebih efektif, seperti gratis biaya transfer, promo cashback 30%, hingga fasilitas auto-split yang memungkinkan Anda membeli hingga tiga produk investasi dalam satu transaksi saja. Dengan begitu, walaupun di tengah kesibukan dan aktivitas yang padat, Anda tetap bisa konsisten berinvestasi di mana pun dan kapan pun dengan mudah. (BA-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here