5 Tahun Terakhir, Alpha JWC Ventures Investasi di Puluhan Startup di Asia Tenggara

Co-Founder dan General Partner Alpha JWC Ventures, Chandra Tjan dan Jefrey Joe

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Alpha JWC Ventures, perusahaan modal ventura (venture capital atau VC) yang berbasis di Indonesia, telah menutup dana kelola (fund) ketiga yang oversubscribed sebesar USD 433 juta – ini merupakan modal ventura terbesar di Asia Tenggara yang menargetkan perusahaan tahap awal.

Fund III Alpha JWC Ventures ini didukung oleh investor lokal, regional, dan global, termasuk International Finance Corporation (IFC) dari Grup Bank Dunia dan Morgan Stanley Alternative Investment Partners, menjadikan total aset dana kelolaan (Assets Under Management) Alpha JWC Ventures mencapai sekitar USD 630 juta. 


Selama lima tahun terakhir, Alpha JWC Ventures telah melakukan investasi di puluhan startup di berbagai negara, mencakup Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Meski memiliki jangkauan regional, Alpha JWC Ventures sebagai firma asal Indonesia akan terus memberikan fokus lebih kepada startup dan founder Indonesia.

Dana dari Fund III ini akan digunakan untuk melanjutkan misi Alpha JWC Ventures dalam menemukan dan membangun perusahaan-perusahaan teknologi terbaik di Asia Tenggara dan Indonesia. Selain itu, dana kelola yang lebih besar ini memungkinkan Alpha JWC Ventures untuk memperluas jangkauan sektor dan jumlah investasinya, mulai dari ratusan ribu dolar hingga USD 60 juta dalam bentuk pendanaan bertahap. 

Pemulihan Bisnis di Indonesia Tercepat di Asia Tenggara


Co-Founder dan General Partner Alpha JWC Ventures, Chandra Tjan mengatakan, sejak awal pendirian Alpha JWC Ventures pada tahun 2015, kami memiliki misi yang jelas yaitu membawa Indonesia dan Asia Tenggara menjadi pusat ekonomi digital dunia yang baru.

Perjalanan kami dan portofolio Alpha JWC Ventures selama ini telah membuktikan bahwa startup Indonesia dan Asia Tenggara mampu bersaing di kancah global. Kami akan terus berada di garis depan sebagai pembawa perubahan dan tidak berhenti di sini.”


Co-Founder dan General Partner Alpha JWC Ventures, Jefrey Joe mengatakan, telah dan akan terus bekerja keras untuk menjadi partner yang terpercaya bagi startup kami.

Dengan fund yang lebih besar, kami dapat meningkatkan upaya untuk mendukung dan mendampingi para founders menciptakan perusahaan yang sukses dan berdampak positif di Indonesia dan Asia Tenggara.

Investasi Pembiayaan $2,55 juta pada Ekosistem Paladin


Meskipun pandemi belum usai, 2021 telah menjadi tahun yang membanggakan bagi Alpha JWC Ventures dan portofolionya. Secara kolektif, perusahaan portofolio Alpha JWC Ventures telah berhasil menghimpun pendanaan senilai lebih dari satu miliar dolar (USD 1 billion) tahun ini.

Alpha JWC Ventures juga merupakan investor institusional pertama di tiga startup berstatus Unicorn pada tahun 2021, yaitu perusahaan Buy-Now-Pay-Later terbesar di Indonesia Kredivo; Carro, e-commerce mobil bekas terbesar di Asia Tenggara; dan platform broker daring, Ajaib. Ajaib bahkan tercatat sebagai startup yang mencapai status Unicorn tercepat di Indonesia hanya dalam kurun waktu 30 bulan. 


Di samping itu, Alpha JWC Ventures juga mencatat sebelas perusahaan yang mendekati status Unicorn (atau disebut juga Centaur), termasuk di antaranya adalah kedai kopi grab-and-go Kopi Kenangan, e-commerce business-to-business (B2B) terbesar di Indonesia GudangAda, produsen makanan dan produk sehat Lemonilo, dan platform peer-to-peer lending terbesar di Asia Tenggara Modalku.


Fund III ini juga mendapat sambutan baik dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Ketua Umum Kadin Indonesia dan Dewan Penasehat Alpha JWC Ventures, Arsjad Rasjid, mengatakan: “Melihat dari dekat perjalanan Alpha JWC selama ini, pertumbuhan startup-startup mereka, dan Fund 3 ini, saya optimis akan masa depan industri digital Indonesia. Saya yakin pencapaian sebesar ini akan membawa Indonesia ke kancah dunia sebagai salah satu pusat perkembangan teknologi di masa datang. Kami di Kadin menanti datangnya inovasi-inovasi serta generasi baru pengusaha dari portofolio Alpha JWC.”


Partner di Alpha JWC Ventures, Eko Kurniadi, mengatakan, “Kami memiliki visi untuk mentransformasi ekosistem teknologi di Indonesia.

Dana kelolaan yang lebih besar ini akan membantu kami mendukung perusahaan startup untuk terus berkembang. Kesuksesan kami selama ini telah membuktikan besarnya potensi ekonomi digital Indonesia.

Dengan tiga startup Unicorn dan belasan Centaur saat ini, kami optimis dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap target pemerintah untuk menciptakan 25 perusahaan startup Unicorn di Indonesia dalam waktu dekat.”


“Sebagai VC yang berasal dari, didirikan, dan dioperasikan oleh orang Indonesia, kami bekerja untuk meningkatkan dampak positif ekonomi digital di negara ini melalui investasi dan perusahaan portofolio kami. (BA-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here