
BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Qiscus, perusahaan teknologi penyedia platform Multichannel Chat untuk bisnis, meluncurkan serangkaian fitur dan produk baru pada puncak acara konferensi tahunan Conversa 2021.
Qiscus ingin membantu lebih banyak pelaku bisnis dalam menciptakan customer experience yang lebih relevan dengan konsumen, menghadirkan layanan teknologi yang lebih sesuai dengan kebutuhan bisnis, serta menyediakan layanan untuk berkolaborasi bagi partner atau perusahaan SaaS lainnya.
Sebagai salah satu penyedia multichannel chat terbaik di Asia Tenggara, Qiscus menambahkan beberapa fitur pada Qiscus Multichannel Chat, serta merilis Qiscus Robolabs dan Qiscus App Center. Kehadiran rangkaian fitur dan produk tersebut dilatarbelakangi riset yang dilakukan tim Qiscus serta untuk memenuhi besarnya permintaan pasar.
“Terdapat tiga hal utama yang kami highlight pada rilis produk kali ini, yaitu customer experience, automasi, dan kolaborasi. Ketiga hal ini menjadi poin penting dalam konteks menjadikan platform Qiscus Multichannel Chat sebagai digital ekosistem yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dalam memenuhi ekspektasi konsumen,” ujar Evan Purnama, CTO Qiscus dalam keterangannya, Sabtu (2/10/2021).
Kantongi ISO 27001, Qiscus Tingkatkan Keamanan Data
Peluncuran pertama yang diumumkan Qiscus adalah tiga fitur baru pada Qiscus Multichannel Chat. Pertama adalah Messenger API for Instagram, yang memungkinkan pengguna mengintegrasikan akun Instagram Direct Message-nya dengan dashboard Qiscus Multichannel Chat.
Fitur kedua adalah Multichannel Contacts yang berfungsi untuk manajemen dan pengelolaan data pelanggan yang bersumber dari berbagai platform. Fitur ketiga yaitu Multichannel Mobile Widget, dimana pengguna Qiscus Multichannel dapat memasang widget Multichannel Chat Qiscus di dalam mobile application-nya, sehingga memudahkan konsumen saat mereka hendak menghubungi melalui aplikasi.
Qiscus juga meluncurkan produk Qiscus Robolabs, sebuah platform Chatbot builder dari Qiscus, yang berfungsi mempermudah pengguna untuk membuat Chatbotnya sendiri dengan template chatbot sederhana dan secara no-code/low-code hanya dengan menggunakan file Excel, serta bisa mempermudah pengguna melakukan training. Chatbot tersebut juga akan otomatis terhubung dengan Multichannel.
Waspadai Peningkatan Trojan Mobile Banking di Asia Tenggara
Saat ini, Qiscus Robolabs sudah terintegrasi dengan platform NLP dari Google, yaitu Dialogflow. Qiscus Robolabs akan terus melakukan improvement untuk dapat terintegrasi dengan bot engine lainnya.Qiscus Robolabs memiliki banyak fitur yang dapat menunjang kebutuhan bisnis, khususnya dalam hal pelayanan customer service seperti: Handover agent, Bot template, Training bot, Integrate with External Webhook, dan Analytics sehingga bisnis dapat melihat metrik penggunaan chatbot, seperti jumlah percakapan yang dapat dihandle oleh bot, atau percakapan mana yang diteruskan ke human agent. (BA-01)