Terima Pendanaan USD 30 Juta untuk Akselerasi Pertumbuhan UKM Digital Indonesia

KoinWorks

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Dengan adanya kepercayaan ini, Lendable Inc memberikan komitmen untuk kembali menyalurkan modal usaha senilai USD 30 Juta atau sekitar Rp 435 Miliar kepada para UKM Indonesia melalui KoinWorks. Dan meningkat sekitar 300% dari jumlah sebelumnya yang sudah diberikan pada Mei 2020.

Mark Bruny Chief Financial Officer KoinWorks mengatakan bahwa KoinWorks menyambut baik kepercayaan yang diberikan Lendable Inc untuk kedua kalinya dalam mempercepat akselerasi pertumbuhan UKM Digital di Indonesia.

“Hal ini dapat menjadi indikator bahwa UKM terutama Digital di Indonesia dinilai memiliki daya tahan yang kuat selama masa pandemi, bahkan dapat memanfaatkan momentum pandemi untuk dapat tumbuh lebih besar lagi,” ujar Mark Bruny, CFA dalam siaran persnya di Jakarta belum lama ini.

Beberapa UKM Digital yang ada di KoinWorks sendiri berhasil meningkatkan performa bisnis di masa pandemi, ini diperkuat juga dalam laporan riset Digital SME Confidence H1 2021 yang dikeluarkan pertengahan Agustus kemarin, bahwa dari 1.376 survey yang dilakukan kepada UKM Digital dari 34 Provinsi di Indonesia, 48% UKM Digital menunjukkan peningkatan kinerja penjualan rata-rata 44% dibanding dengan laporan tahun 2020.

Kenaikan penjualan ini didorong oleh inisiatif transformasi digital di mana sebanyak 20% bisnis telah mengalihkan usaha penjualan mereka dari konvensional beralih ke digital dan terus aktif menambah kanal penjualan digital mereka.

Hipmi Jaya Berikan Bantuan Melalui Program UMKM

Riset menunjukkan bahwa UKM yang menggunakan kanal konvensional dan digital ternyata lebih mendominasi pasar dengan porsi 48% dibanding UKM yang hanya menggunakan kanal digital saja (40%) atau kanal konvensional saja (12%).

Kami percaya inisiatif transformasi digital ini telah berhasil membantu UKM Digital tidak hanya bertahan namun mampu berkembang di masa pandemi.

Adanya transformasi ini juga menjadi faktor utama naiknya Digital SME Confidence Index ke level 2.49 dari level 2.37 di akhir tahun lalu dan mendorong semakin dekatnya kita ke level normal, yaitu pada level 3.00.

Hingga saat ini, KoinWorks telah menyalurkan pendanaan pada kuartal 2 tahun 2021 sebanyak lebih dari Rp 1 Triliun Rupiah kepada 300ribu pendana UKM di Indonesia dan naik tiga kali lipat dibandingkan tahun 2020. Ini menandakan perkembangan yang signifikan di pandemi ini dengan banyaknya UKM yang hadir dan pivot ke Digital.

KoinWorks Genjot Penyaluran Pembiayaan UKM Jelang Ramadhan

Chief Investment Officer Lendable Hani Ibrahim mengutarakan bahwa tantangan mengakselerasi pertumbuhan industri usaha kecil, dan menengah (UKM) di Indonesia kian dinamis. Terlebih di tengah situasi pandemi seperti ini, strategi yang dipasang perlu dicermati dengan seksama agar tidak salah langkah.

“Dengan visi misi yang sama dengan Lendable, yaitu memberikan akses kepada setiap orang untuk mewujudkan impian mereka dengan menyediakan solusi keuangan yang dapat diakses dan terjangkau, kami percaya kepada KoinWorks untuk mengembangkan pertumbuhan segmen UKM apalagi untuk pemanfaatan kanal digital, karena kami yakin bahwa inklusi keuangan bisa tercapai dengan teknologi”, tambah Ibrahim.

Dari semenjak 2015, Lendable Inc melalui fintech telah menyalurkan banyak permodalan kepada masyarakat di dunia. Ini merupakan cara yang baik untuk dapat memberikan akses layanan keuangan kepada masyarakat. Melalui KoinWorks, yang merupakan pionir fintech peer to peer lending di Asia, lendable berkomitmen untuk membantu akselerasi pertumbuhan UKM khususnya Digital di Indonesia.

KoinWorks terus mengembangkan layanan teknologi keuangan yang dibarengi dengan strategi adaptasi digital kepada segmen UKM untuk meningkatkan pendapatan mereka dengan menghadirkan layanan baru yang mempunyai berbagai macam fitur yang akan membantu dalam segi bisnis. (BA-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here