Galaxy Watch4 Series : Mendefinisikan Ulang Pengalaman Memakai Smartwatch

Galaxy Watch 4

BISNISASIA.CO.ID, SEOUL – Samsung Electronics Co., Ltd. hari ini mengumumkan kehadiran Galaxy Watch4 dan Galaxy Watch4 Classic — menandai era baru inovasi jam tangan pintar. Keduanya adalah smartwatch perdana yang menggunakan Wear OS™ Powered by Samsung terbaru, dikembangkan dalam kolaborasi dengan Google™, dan dilengkapi dengan One UI Watch, antarmuka yang paling intuitif untuk pengguna Samsung. Seri Galaxy Watch4 didukung dengan kinerja hardware yang canggih dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih seamless dan terhubung dibanding sebelumnya. Perangkat baru ini juga telah sepenuhnya didesain ulang untuk menyediakan kelengkapan terbaik bagi konsumen dalam mengelola kesehatan mereka.

 “Kami menyaksikan pertumbuhan yang luar biasa untuk seri Galaxy Watch bersamaan dengan konsumen yang telah menemukan manfaat kesehatan dan kenyamanan dari perangkat wearables,” ucap Dr. TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics. “Kami memahami bahwa setiap orang memiliki pola dan cara yang berbeda untuk mencapai dan mempertahankan kebugaran, sehingga kami mengembangkan rangkaian fitur kesehatan dan kebugaran yang mumpuni untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam dan lebih bermanfaat tentang kebugaran secara menyeluruh bagi pengguna.”

Rangkaian Fitur Kesehatan dan Kebugaran Tercanggih dari Samsung

Galaxy Watch4 dilengkapi dengan BioActive Sensor yang inovatif dari Samsung, yang menawarkan desain yang lebih kecil dan lebih ringkas yang tidak menurunkan akurasi pengukuran. Sensor 3-in-1 yang baru ini menggunakan satu chip untuk dapat menjalankan tiga sensor kesehatan yang akurat — Optical Heart Rate, Electrical Heart, dan Bioelectrical Impedance Analysis — sehingga pengguna dapat memantau tekanan darah mereka[1][2], mendeteksi detak jantung AFib[3] yang tidak teratur, mengukur kadar oksigen dalam darah[4]7, dan, untuk pertama kalinya, dapat menghitung body composition[5]. Alat pengukuran Body Composition terbaru dapat memberi pemahaman yang lebih dalam bagi para pengguna mengenai kesehatan dan kebugaran mereka secara umum, dengan pengukuran utama seperti skeletal muscle, tingkat metabolisme basal, kadar air dan persentase lemak tubuh. Sekarang, Anda dapat dengan mudah memeriksa body composition dari pergelangan tangan Anda hanya dengan dua jari, di mana saja. Dalam waktu sekitar 15 detik, sensor jam tangan Anda akan menangkap 2.400 poin data.

Smartwatch ini hadir dengan serangkaian fitur kesehatan untuk memonitor aktivitas harian Anda dan menjaga motivasi untuk mendapatkan versi terbaik dari diri. Pilih salah satu dari berbagai latihan dengan panduan, nikmati Group Challenges bersama teman dan keluarga Anda, atau siapkan gym di rumah dengan menghubungkan Galaxy Watch4 Anda ke Samsung Smart TV Anda[6], dimana penghitungan kalori dan metrik detak jantung akan muncul di layar TV untuk memudahkan pemantauan. Dan saat Anda siap untuk beristirahat, seri Galaxy Watch4 menawarkan penggambaran kami yang paling lengkap tentang pola tidur Anda, dengan detail yang lebih baik dari sebelumnya[7]. Saat smartphone Anda yang kompatibel mendeteksi suara dengkuran Anda[8], jam tangan pintar Anda juga mengukur kadar oksigen darah Anda saat Anda tidur[9]. Bersama dengan fitur Sleep Scores yang canggih, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang pola tidur Anda untuk mendapatkan istirahat yang lebih baik.

Pengalaman Seluler Terbaik, dengan One UI Watch dan Wear OS Powered by Samsung

Kesederhanaan, kemudahan, dan efisiensi adalah keunggulan perangkat smartwatch Galaxy—dan dengan One UI Watch terbaru dari Samsung, dan Wear OS Powered by Samsung, kami telah membuat smartwatch dan pengalaman Galaxy menjadi lebih seamless. Dengan One UI Watch, aplikasi yang kompatibel secara otomatis terpasang pada jam tangan Anda saat Anda mengunduh aplikasi tersebut di smartphone Anda[10], dan pengaturan penting Anda – seperti jam-jam Anda menyetel mode do not disturb dan daftar nomor-nomor telepon yang Anda blokir – akan disinkronkan secara instan. Auto Switch[11] memastikan earbuds Anda dapat beralih menyajikan audio dari smartphone ke jam tangan Anda atau sebaliknya, tergantung pada perangkat yang digunakan. Anda juga dapat dengan mudah mengontrol pengalaman seluler Anda dengan Bixby voice[12], bezel, dan Gesture Controls. Gerakkan lengan bawah Anda ke atas dan ke bawah sebanyak dua kali untuk menerima panggilan telepon dan putar pergelangan tangan Anda sebanyak dua kali untuk menolaknya — atau untuk mengabaikan notifikasi dan alarm.

Seri Galaxy Watch4 juga merupakan jam tangan pintar generasi pertama yang menggunakan Wear OS Powered by Samsung — platform baru dimana setiap aspek pengalamannya telah ditingkatkan. Dibuat oleh Samsung dan Google, platform mutakhir ini memungkinkan Anda memasuki ekosistem yang luas secara langsung dari pergelangan tangan Anda – dengan aplikasi Google[13] yang populer seperti Google Maps, dan layanan Galaxy yang disukai11, seperti Samsung Pay, SmartThings, dan Bixby. Perangkat baru ini juga mencakup dukungan untuk aplikasi pihak ketiga terkemuka12, seperti Adidas Running, Calm, Strava, dan Spotify yang tersedia di Google Play. Bersama-sama dengan hardware kami yang canggih dan antarmuka pengguna yang lebih intuitif, Anda dapat menikmati pengalaman terintegrasi yang lancar dan nyaman dengan Galaxy Watch4 Anda. Contohnya, kompas bawaan kami yang disempurnakan akan bekerja bersama Google Maps untuk memudahkan pengguna menjelajahi area baru.

Hadirkan Performa Prima ke Pergelangan Tangan

Pengalaman luar biasa ini didukung oleh peningkatan yang serius di hardware termasuk prosesor yang ditingkatkan, tampilan yang lebih kaya, dan memori yang diperluas. Seri Galaxy Watch4 memanfaatkan prosesor 5nm pertama di Galaxy Watch – dengan CPU 20% lebih cepat, RAM 50% lebih besar, dan GPU 10 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. Hal tersebut berarti scrolling dan multitasking pada seri Galaxy Watch4 menjadi lebih lancar dan mudah. Kami juga meningkatkan resolusi pada layar, hingga 450 x 450 piksel[14], sehingga visual menjadi lebih tajam dan lebih menonjol. Dan dengan memori 16GB yang mengesankan, Anda akan memiliki penyimpanan yang cukup untuk mengunduh dan menyimpan aplikasi, musik, dan foto favorit Anda – dengan jaminan keamanannya, berkat platform keamanan Samsung Knox.

Kepemimpinan Samsung dalam teknologi eSIM memungkinkan pengguna untuk menikmati kebebasan dalam meninggalkan ponsel mereka, mengetahui bahwa smartwatch mereka akan secara otomatis melakukan sinkronisasi dan mengisi celah tersebut[15]. Kami juga tahu bahwa baterai yang andal sangat penting untuk smartwatch. Anda dapat memiliki daya tahan baterai hingga 40 jam[16], lebih dari cukup untuk kebutuhan daya dalam perjalanan camping semalam – sekalipun telah terpakai untuk mendukung prosesor yang lebih cepat, tampilan resolusi lebih tinggi, memori yang diperluas, dan fitur kesehatan yang lebih canggih. Dan saat Anda membutuhkan keterisian baterai dengan cepat, pengisian daya selama 30 menit dapat menyediakan daya baterai hingga 10 jam.

Harga dan Ketersediaan[17]

Galaxy Watch4 dan Galaxy Watch4 Classic tersedia lewat pre-order di Indonesia pada 11-29 Agustus 2021. Kedua jam tangan menampilkan siluet ikonik yang ramping, dengan casing yang lebih tipis dari generasi sebelumnya—dan berbagai strap[18] dan watchface yang dapat dikustomisasi, supaya jam tangan Anda mampu mencerminkan keunikan diri Anda.

Galaxy Watch4 – pilihan modern dan minimalis kami yang dirancang untuk berbagai penggunaan sepanjang hari – akan hadir dalam ukuran 40mm dan 44mm, pada harga Rp. 2.999.000 untuk versi 40mm dan Rp. 3.499.000 untuk versi 44mm. Saat diluncurkan, varian 40mm akan tersedia dalam warna Black dan Pink Gold, sedangkan varian 44mm akan ditawarkan dalam warna Black, Silver, dan Green yang memukau.

Bagi mereka yang mencari desain smartwatch yang premium dan timeless dengan bezel putar favorit para konsumen, Galaxy Watch4 Classic juga tersedia mulai dari Rp. 4.499.000 untuk versi 42mm Bluetooth, Rp. 4.999.000 untuk versi 46mm Bluetooth, dan Rp. 5.999.000 untuk model LTE. Versi Bluetooth tersedia dalam varian warna Black dan Silver, sementara versi LTE dalam warna Black.

Pre-order untuk semua model dapat dilakukan di toko online Samsung.com/id. Selama periode pre-order dapatkan paket bundling senilai hingga Rp. 1.029.000 yaitu bundle Extreme sports strap, kesempatan memperoleh cashback bank dari BRI dan DBS, dan bundle e-SIM Smartfren (khusus untuk Galaxy Watch4 Classic LTE).


[1] Fitur Blood Pressure hanya tersedia di pasar tertentu. Untuk memastikan akurasi, pengguna harus mengkalibrasi perangkat mereka setiap empat minggu sekali dengan manset tekanan darah tradisional. Aplikasi BP tidak dapat mendiagnosis hipertensi, kondisi lain, atau memeriksa tanda-tanda serangan jantung. Aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk pengukuran bagi usia 22 tahun ke atas. Fitur ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan metode diagnosis atau pengobatan tradisional oleh tenaga kesehatan profesional yang berkualifikasi.

[2] Memerlukan smartphone Samsung Galaxy dengan Android 7 atau lebih baru, dan aplikasi Samsung Health Monitor yang hanya tersedia di Samsung Galaxy app store. Karena pembatasan negara dalam memperoleh persetujuan/pendaftaran sebagai perangkat medis, aplikasi Samsung Health Monitor hanya berfungsi pada smartwatch dan smartphone yang dibeli di negara tempat layanan saat ini tersedia.

[3] Fitur EKG hanya tersedia di pasar tertentu. Aplikasi EKG tidak dimaksudkan untuk menggantikan metode diagnosis atau pengobatan tradisional. Aplikasi EKG tidak ditujukan untuk pengguna dengan aritmia yang diketahui selain fibrilasi atrium atau pengguna di bawah 22 tahun. Pengguna tidak boleh menafsirkan atau mengambil tindakan klinis berdasarkan keluaran perangkat tanpa berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional yang berkualifikasi.

[4] Fitur Blood Oxygen (SpO2) tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam diagnosis penyakit atau kondisi lain, atau dalam penyembuhan, pengurangan, pengobatan, atau pencegahan penyakit. Ditujukan untuk tujuan kesehatan dan kebugaran umum saja. Ketersediaan fitur ini dapat bervariasi menurut pasar.

[5] Ditujukan untuk tujuan kesehatan dan kebugaran umum saja. Tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam deteksi, diagnosis, atau perawatan kondisi medis atau penyakit apapun. Pengukuran hanya untuk referensi pribadi pengguna. Silakan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional untuk saran medis. Jangan mengukur komposisi tubuh Anda jika Anda memakai alat pacu jantung atau perangkat medis implan lainnya. Jangan mengukur komposisi tubuh Anda jika Anda sedang hamil. Hasil pengukuran mungkin tidak akurat jika Anda berusia di bawah 20 tahun. Ketersediaan fitur ini mungkin berbeda menurut pasar.

[6] Saat ini tersedia di Kanada, Korea, Inggris, dan AS. Fitur ini tersedia di Samsung Smart TV AU7000 (2021) atau lebih tinggi.

[7] Ditujukan untuk tujuan kesehatan dan kebugaran umum saja. Tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam deteksi, diagnosis, pengobatan kondisi medis atau penyakit apa pun. Pengukuran hanya untuk referensi pribadi Anda. Silakan berkonsultasi dengan profesional medis untuk saran.

[8] Untuk merekam dengkuran Anda, kenakan jam tangan saat Anda tidur dan letakkan ponsel di permukaan yang stabil di dekat kepala Anda, seperti nakas, dengan bagian bawah ponsel mengarah ke Anda.

[9] Ditujukan untuk tujuan kesehatan dan kebugaran umum saja. Tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam deteksi, diagnosis, pengobatan kondisi medis atau penyakit apa pun. Pengukuran hanya untuk referensi pribadi Anda. Silakan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional untuk saran. Memerlukan aplikasi Samsung Health versi 6.18 untuk melihat riwayat.

[10] Terbatas untuk aplikasi yang kompatibel dengan jam tangan yang diunduh melalui Google Play Store. Tersedia setelah menghubungkan jam tangan Anda ke smartphone. Memerlukan versi terbaru Google Play Store di perangkat Anda yang terhubung.

[11] Fitur ini tersedia di Galaxy Buds+ dan model yang lebih baru, dipasangkan dengan smartphone dan tablet Galaxy dengan One UI 3.1.1 atau lebih tinggi. Aplikasi tertentu mungkin tidak mendukung Auto Switch. Perangkat Galaxy harus masuk ke Akun Samsung untuk mengaktifkan Auto Switch.

[12] Ketersediaan dapat bervariasi menurut pasar, operator, atau perangkat.

[13] Ketersediaan aplikasi dapat bervariasi saat peluncuran. Ketersediaan dapat bervariasi menurut pasar, operator, atau perangkat. Biaya berlangganan mungkin berlaku untuk beberapa aplikasi.

[14] Berdasarkan 44mm Galaxy Watch4 dan 46mm Galaxy Watch4 Classic; akan bervariasi tergantung model dan ukuran.

[15] Konektivitas LTE hanya tersedia dalam model LTE. Panggilan suara mandiri dan pesan teks mandiri pada versi LTE memerlukan pemasangan awal dengan perangkat smartphone Android 6.0 atau lebih baru yang memenuhi syarat dan paket nirkabel terpisah yang memenuhi syarat. Operator Anda mungkin tidak mendukung panggilan suara mandiri, atau dukungan mungkin hanya tersedia di area tertentu. Silakan hubungi operator Anda untuk informasi lebih lanjut. Fungsionalitas mandiri terbatas jika telepon yang dipasangkan tidak dihidupkan atau terhubung ke jaringan nirkabel.

[16] Masa pakai baterai yang sebenarnya dapat bervariasi dan bergantung pada kondisi penggunaan seperti pengaturan fungsi, jenis file pemutaran, dan kekuatan sinyal Bluetooth.

[17] Ketersediaan dapat bervariasi menurut pasar atau operator.

[18] Pilihan tali jam tangan yang dapat diganti dijual terpisah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini