11 Tahun Berdiri, Bukalapak Konsisten Dukung UMKM Indonesia

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Di tengah kompetitifnya persaingan bisnis antar pelaku usaha di dalam negeri, ditambah dengan derasnya arus perdagangan produk-produk luar negeri di tanah air, Bukalapak terus mempertegas komitmennya sebagai perusahaan all-commerce Indonesia yang memiliki fokus utama untuk turut meningkatkan kesejahteraan UMKM di seluruh Indonesia.  

Dukungan penuh terhadap perkembangan sektor UMKM lokal terus diberikan oleh Bukalapak yang kini melayani lebih dari 6.5 juta pelapak, 8 juta Mitra Bukalapak, 100 juta pengguna dari seluruh penjuru nusantara, dan mempekerjakan lebih dari 2000 karyawan, di mana 99%-nya merupakan orang-orang Indonesia yang berasal dari berbagai penjuru negeri, lulusan berbagai universitas ternama baik dalam maupun luar negeri. 

“Bukalapak sering disebut oleh para pengguna sebagai BL, singkatan nama kami. Kami menganggap singkatan nama ini juga bisa mewakili identitas dan kebanggaan kami sebagai perusahaan asli Indonesia, dengan melihat BL sebagai singkatan dari Buatan Lokal atau Bangga Lokal. Apapun kepanjangannya, yang jelas Bukalapak ingin menjadi sebuah perusahaan yang dibuat oleh orang lndonesia, dijalankan oleh anak-anak negeri, dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa kita. Hal ini tentunya jadi semakin krusial di tengah pandemi yang membuat laju roda bisnis dan ekonomi melambat”, ujar CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin.

Mengusung misi “A Fair Economy For All” atau perekonomian yang adil untuk semua, Bukalapak memberikan akses terhadap infrastruktur, teknologi dan permodalan pada seluruh masyarakat dari berbagai latar belakang ekonomi dan sosial. Berbagai program dan inisiatif telah ditelurkan oleh Bukalapak, terutama untuk mendukung perkembangan UMKM, para penggerak ekonomi bangsa ini.

Sebagai bentuk partisipasi dan dukungan Bukalapak terhadap gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dicanangkan oleh pemerintah, Bukalapak membuat laman khusus https://www.bukalapak.com/promo-campaign/banggabuatanindonesia, sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan produk-produk buatan dalam negeri berkualitas di Bukalapak.

Selain itu, Bukalapak menjalankan sejumlah inisiatif lainnya demi mendukung ketahanan bisnis para pelaku usaha lokal di tengah pandemi, di antaranya memberlakukan satu tarif untuk layanan Super Seller-nya yaitu sebesar 0.5%, sebuah nilai tarif termurah yang diberikan oleh platform e-commerce di Indonesia untuk UMKM. 

Pada bulan Januari lalu, Bukalapak juga meluncurkan Kontes Pelapak Indonesia, sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan gairah dan kompetisi bagi UMKM, dengan insentif yang ditawarkan cukup besar, yang diharapkan dapat makin memberi angin segar bagi bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Untuk makin memperkuat dedikasi Bukalapak terhadap pertumbuhan bisnis pelaku usaha lokal, Bukalapak menginisiasi gerakan Rabu Lokal, sebuah ajakan bagi para pengguna Bukalapak dan masyarakat Indonesia untuk terus mendukung pelaku UMKM dan produk-produk dalam negeri. Rabu Lokal hadir dalam bentuk bincang virtual bersama para pelaku usaha lokal agar masyarakat dapat semakin mengenal dan antusias dalam memilih produk-produk asli Indonesia.(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here