5 Aktivitas untuk Usir Rasa Bosan WFH dan Dorong Produktivitas Diri Meski di Rumah Aja

Fitur Linigames pada aplikasi Linipoin

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Dalam beberapa pekan terakhir, sejumlah perusahaan kembali menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau yang lebih sering disebut Work From Home (WFH) menyusul adanya lonjakan kasus baru Covid-19 di sejumlah daerah.

Kebijakan WFH sudah menjadi aktivitas yang mulai akrab di kalangan pekerja sejak setahun terakhir. Namun, tidak bisa dipungkiri dengan kembali bekerja di rumah, para pekerja tentunya memerlukan penyesuaian baru agar tetap produktif dan menjalankan keseharian secara seru. 

Untuk tetap bisa menikmati dan merasakan keseruan WFH, berikut adalah beberapa tips sederhana yang mungkin bisa menjadi referensi. Selain mengusir rasa bosan setelah hampir seharian beraktivitas di dalam rumah, tips ini tentunya bisa mendorong produktivitas diri lho. Yuk, langsung disimak!

1. Atur Area Kerja dengan Nuansa Alam

Siapa yang nggak setuju kalau melihat tanaman bisa membuat kita merasa lebih rileks dan segar? Apalagi setelah menjalani keseharian yang lebih banyak dihabiskan di depan laptop atau komputer.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa menempatkan beberapa tanaman di meja kerja ataupun sudut ruangan.

Kenali Fitur Busylight dan Boom-Arm pada Jabra Evolve2 30, Solusi WFH Minim Distraksi

Beberapa tanaman yang bisa menjadi referensi seperti tanaman ivy (Hedera helix), kaktus, lidah mertua, atau tanaman hijau lainnya. Jenis -jenis tanaman ini sangat mudah dirawat. 

Selain mempercantik dekorasi area kerja, menaruh tanaman di dalam ruangan juga dapat bermanfaat bagi kesehatan, seperti misalnya memperbaiki kualitas udara, meningkatkan kelembaban, dan mengurangi stres.  Bisa langsung mulai cari tahu lebih banyak untuk tanaman yang akan mengisi meja kerja Anda nih. 

2. Dorong mood dan semangat lewat musik di radio

Tidak seperti jika WFO yang semangatnya “dipaksa” untuk keluar karena harus menempuh perjalanan ke kantor, biasanya mood dan semangat ini membutuhkan usaha lebih besar untuk “dipaksa” jika bekerja di rumah.

Apalagi ditambah dengan adanya distraksi dari keluarga, lingkungan rumah, ataupun hal lainnya.

Untuk mengatasinya, Anda bisa merangsangnya lewat mendengarkan musik di radio.

WFH Sambil Jaga Anak dengan Kamera Pintar EZVIZ C6N

Selain pilihan musik yang sudah dikurasi khusus untuk menemani aktivitas pagi  para pendengar, Anda juga bisa mendengarkan celotehan ringan para penyiar radio yang kadang mengundang gelak tawa. Stay tuned!

3. Segarkan pikiran lewat games dan kuis seru 

Setelah berjam-jam berkutat dengan dokumen dan meeting virtual bersama klien, Anda bisa sedikit refresh dengan bermain game ringan.

Salah satu yang bisa menjadi referensi adalah Linigames yang terdapat pada aplikasi Linipoin, aplikasi user friendly dari Codify (PT Kreasi Kode Digital), bagian dari ekosistem digital PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (IDX: WIFI) atau Surge. 

Terdapat enam game ringan yang bisa menyegarkan kembali pikiran dan santai sejenak mulai dari permainan bola di Poin Ball, permainan lompat di Just Hop lah, permainan susun balok di Lini Stacko, permainan mobil di Space Rover, hingga serunya mengumpulkan koin di Panjat Pinang. 

Intip Rekomendasi Aksesoris Ruang Terbuka ala IKEA, Bikin Suasana Rumah lebih Fresh!

Cara lainnya dengan menjawab kuis ringan seputar informasi ringan yang sedang hangat dibicarakan dan bersifat menghibur seperti misalnya judul lagu baru penyanyi pop Indonesia, asal lagu daerah, dan lain sebagainya di Linikuis.

Ada belasan pertanyaan yang diberikan dimana setiap menjawab pertanyaan Anda akan mendapatkan reward berupa 250 poin.

Selain seru dan refresh, sejumlah poin yang didapatkan dalam games dan kuis tersebut dapat ditukarkan ke dalam berbagai voucher menarik yang tersedia dalam Linireward. 

4. Coba olahraga ringan di tengah padatnya aktivitas 

Selain banyak konsumsi air putih, berolahraga ringan juga sangat dianjurkan ketika Anda banyak menghabiskan aktivitas di rumah saja.

Beberapa gerakan sederhana yang bisa dilakukan seperti misalnya menengokkan kepala ke kiri dan kanan secara bergantian, melakukan gerakan memutar pada pergelangan tangan, merentangkan kedua tangan dan menahannya beberapa detik, serta menekuk leher ke samping dan letakkan telinga kiri ke bahu kiri dan sebaliknya.

5. Jangan lupa untuk tetap update dengan berita terbaru 

Melakukan kegiatan di rumah bukan berarti jadi kudet alias kurang update.

Di tengah kondisi yang terjadi, penting bagi kita untuk selalu update dengan informasi-informasi yang terjadi di sekitar, mulai dari update kasus Covid-19, kebijakan pemerintah, hiburan sampai berita selebriti.

Kanal berita News di aplikasi Linipoin sekarang telah terintegrasi dengan media daring Hops.id yang punya 6 kanal pemberitaan lingkup nasional, daerah, hingga seputar hobi kuliner dan Kpop. Jadi, semakin banyak berita terbaru yang bisa menambah wawasan Anda. 

Hingga saat ini setidaknya 5.000 pengguna aktif  dari sebanyak 400.000 orang telah mengunduh aplikasi Linipoin, telah merasakan langsung berbagai keseruan Linipoin dalam keseharian mereka.

Selain menjadi selingan yang menambah wawasan, bisa dapat langsung beragam reward menarik, mulai dari voucher potongan harga food & beverage sampai barang elektronik. Serunya jadi double deh!

 Jadi, sudah siap merasakan keseruan di tengah aktivitas WFH-mu?  (BA-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here