YouCare, T-shirt untuk Pemantauan Kesehatan dengan Jaringan 5G

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – YouCare merupakan layanan pemantauan kesehatan jarak jauh yang didukung oleh teknologi revolusioner yang dapat dikenakan (wearable technology) dengan menggunakan bahan tekstil yang dapat dicuci dan mudah digunakan.

Inovasi tersebut diciptakan di Italia dan mampu mendeteksi sejumlah parameter bio-vital dan mengirimkannya dengan cara yang cerdas berkat dukungan 5G. Proyek ini berfokus pada penggunaan perangkat tekstil revolusioner seperti T-shirt tanpa komponen logam dengan sensor yang dipasang ke dalam kain.

Proyek ini telah dipresentasikan baru-baru ini di Mobile World Congress 2021 yang diadakan di Barcelona. ZTE merasa bangga dapat menjadi mitra dalam menciptakan inovasi ini dan percaya bahwa teknologi 5G adalah kunci untuk kualitas hidup yang lebih baik.

 Lebih lanjut, ZTE percaya pada bakat dan kemampuan dan akan terus memberikan kontribusi perusahaan pada perkembangan teknologi Italia dan global. Untuk itu, mulai musim gugur mendatang ZTE akan memulai uji coba 5G YouCare di Innovation and Research Center yang berlokasi di L’Aquila.

 YouCare memungkinkan deteksi parameter bio-vital, seperti elektrokardiogram “nyata”, analisis tindakan pernapasan, komponen keringat, upaya otot, dan suhu tubuh, yang belum pernah terdeteksi oleh sensor tekstil.  T-shirt memungkinkan transmisi melalui koneksi ultra-fast 5G ZTE ke pusat dan kontrol kesehatan serta ke pengguna.

“Ini merupakan penemuan yang akan mengubah kehidupan dan kualitas home medical assistance dan remote medical assitance bagi masyarakat yang mengalami masalah kesehatan dan menderita penyakit kronis, memastikan aksesibilitas ke layanan perawatan dan dukungan jaringan nasional dan internasional kami,” jelas Francesco Rocca, Chairman, Italian Red Cross dan IFRC.

“Kami telah mengerjakan proyek ini sejak tahun 2018 dan hari ini kami dapat mempresentasikan hasil eksperimen ini ditengah masa-masa sulit akibat kemunculan Covid. Eksperimen ini membuat kami bangga dengan langkah yang telah ditempuh sejauh ini dan memungkinkan kami untuk menatap masa depan dengan harapan dan kepastian untuk menunjukkan komitmen, kemampuan dan dedikasi jaringan Palang Merah untuk menggunakan dan menyebarluaskan teknologi baru dalam melayani masyarakat.”

Teknologi tekstil dipatenkan dan disertifikasi untuk mengembangkan layanan baru dalam perlindungan kesehatan di bidang telemedicine, pekerjaan, olahraga, dan kesejahteraan umum individu. Pemantauan kesehatan, stres, dan perilaku hidup aktif dapat membantu meningkatkan keselamatan orang, orang tua, dan orang-orang yang suka berolahraga.

Parameter bio-vital YouCare yang dideteksi oleh sensor polimer tak terlihat yang dipasang di kain dikirim ke unit kontrol miniatur yang merekam data untuk mengubah menjadi format digital, dan mengirimkannya dengan jaringan 5G ke platform dua arah lalu mentransmisikan ke smartphone atau smartwatch pengguna selain unit jarak jauh yang menganalisis nilai dengan perangkat lunak medis.

“Sejak awal kami percaya dan berinvestasi pada sesuatu yang tampak revolusioner, dan hari ini hal tersebut menjadi kenyataan. Mendapat sertifikasi Alat Kesehatan dan diperkaya oleh algoritma prediktif gangguan kardiovaskular dari BSP-Medical, lembaga terkemuka dunia di bidang Ilmu Data Medis.” ujar Umberto Sgambati, CEO, Proger spa Group yang memiliki start-up Let’s Web-earable Solution dibawah sayapnya dan menciptakan Smart T-shirt sensor.(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here