Tips dan Trik untuk Mencuci Lebih Efisien dan Hemat

BISNISASIa.CO.ID, JAKARTA – Pakaian bersih dan segar sangat penting agar kita dapat bekerja dan bermain dengan percaya diri dan nyaman. Namun untuk sebagian besar orang, mencuci pakaian tidak selalu menjadi tugas yang dinantikan.

Tanpa sepengetahuan banyak orang, pilihan yang kita buat – dari jenis mesin cuci yang kita pilih hingga kebiasaan mencuci sehari-hari – memiliki efek yang signifikan pada kenyamanan proses mencuci dan bahkan banyaknya daya listrik serta air yang kita gunakan. Dengan membuat pilihan yang tepat saat membeli mesin cuci, dan menerapkan kebiasaan sehari-hari yang baik, kita dapat menikmati pengalaman mencuci dengan mulus, dan juga mengurangi penggunaan energi dan air!

Berikut beberapa tips ala Samsung agar Anda dapat memaksimalkan mesin cuci di rumah.

Pilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Luangkan waktu Anda dan lakukan riset untuk memilih mesin cuci yang tepat – bagaimanapun juga hal ini merupakan investasi jangka panjang yang signifikan yang diharapkan dapat bertahan lama.

Top atau front load?

Mesin cuci bukaan atas dan depan hadir dengan keunggulannya masing-masing. Pertimbangkan faktor-faktor ini saat memutuskan di antara keduanya:

  • Aksesibilitas

Pilih mesin cuci yang sesuai dengan ruangan hunian Anda. Sebagai contoh, jika lokasi untuk menempatkan mesin cuci terletak di area pantry di apartment, akan lebih cocok memilih tipe bukaan depan yang tidak perlu dibuka tutup bagian atasnya sehingga menghemat tempat.

  • Fleksibilitas

Mesin cuci bukaan depan dapat ditumpuk dengan pengering. Ketika kedua peralatan ini ditumpuk, ruang yang digunakan akan lebih hemat – sangat berguna bagi mereka yang tinggal di apartemen.

Cari mesin cuci yang canggih

Carilah mesin cuci dengan teknologi inovatif yang dapat membuat pengalaman mencuci Anda lebih mulus dan efisien. Misalnya, teknologi QuickDrive yang tersedia pada mesin cuci bukaan depan Samsung AI Ecobubble Washer yang dapat mengurangi waktu pencucian Anda hingga 50%, didukung oleh drum perawatan kain inovatif yang dilengkapi pulsator yang menciptakan gerakan dinamis yang unik untuk mencuci pakaian Anda dengan cepat dan efisien. Mesin cuci ini juga didukung dengan teknologi Ecobubble, yang dapat meresap ke dalam pakaian anda hingga 40x lebih cepat.

Sementara itu, fungsi AI Wash yang tersedia di Samsung AI Ecobubble™ Washer tahu apa yang harus dilakukan untuk cucian Anda, dengan panel kontrol yang mudah digunakan untuk mengingat kebiasaan mencuci Anda dan menyarankan siklus pencucian favorit Anda. Keempat sensor bawaannya bekerja sama untuk menentukan jumlah air, deterjen, dan pembilasan yang optimal yang dibutuhkan cucian Anda berdasarkan tingkat kekotoran dan berat pakaian Anda. Selain itu, AI Control dapat mempersonalisasi pencucian dengan mengingat kebiasaan Anda, menyarankan siklus, dan menampilkan informasi tepat waktu. Selain menghemat waktu Anda sehingga Anda dapat melakukan aktivitas penting lain, fitur-fitur ini juga memperpanjang umur pakaian Anda dengan mencucinya memakai siklus yang tepat.

Teknologi inovatif tidak terbatas pada mesin cuci – integrasi Samsung AI Ecobubble™  Washer dengan aplikasi SmartThings, misalnya memungkinkan Anda menjadwalkan pencucian dari mana saja melalui smartphone Anda.

Mencuci Lebih Cerdas Setiap Hari

Setelah memilih mesin cuci yang cocok dengan hunian, dilengkapi dengan teknologi hemat energi, selanjutnya jangan lupa cobalah kebiasaan kecil berikut untuk memaksimalkan penghematan dan efisiensi.

Sebagai permulaan, memiliki pemahaman yang baik tentang berbagai jenis siklus pencucian yang diperlukan untuk berbagai kebutuhan dapat menghemat air yang berharga. Lagi pula, rata-rata keluarga mencuci sekitar 165 muatan cucian setiap tahun, menggunakan sekitar 60-liter air untuk satu muatan – bagian penting dari total tagihan air bagi kebanyakan dari kita.

Kebiasaan sederhana dapat membuat sebuah perbedaan yang besar –pilih siklus sesingkat mungkin untuk menyelesaikan pencucian; semakin sedikit waktu yang dihabiskan untuk memutar kain saat mencuci, semakin lama awetnya. Simpan pencucian yang lebih lama untuk pakaian yang sangat kotor dan tebal, dan siklus yang lebih pendek untuk pakaian yang tidak terlalu kotor dan lembut.

Jika hari-hari Anda dipenuhi kesibukan, baik di rumah maupun di luar rumah, Samsung AI Ecobubble Washer bertenaga AI dapat melakukan pekerjaan untuk Anda – dengan menu Laundry Planner di aplikasi SmartThings, Anda sekarang dapat menentukan kapan Anda ingin siklus selesai – karena seperti yang kita semua ketahui, cucian tidak boleh dibiarkan terlalu lama di dalam mesin cuci setelah siklus selesai, untuk mengindari pakaian bau apek dan tidak segar. Pada akhirnya, bagi kebanyakan orang, mesin cuci adalah salah satu peralatan elektronik yang paling penting dan sering digunakan di rumah kita – dan kemungkinan merupakan salah satu peralatan elektronik yang paling tahan lama. Dengan berhati-hati dalam mengambil keputusan dalam hal mencuci – dari pembelian hingga kebiasaan sehari-hari – kita tidak hanya dapat menikmati penghematan biaya yang signifikan, tetapi juga berkontribusi terhadap lingkungan.(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here