CityMall Raih Pendanaan Seri B Rp 323 Miliar dipimpin oleh General Catalyst dan Jungle Ventures

Ilustrasi- CityMall, e-commerce komunitas yang berbasis di India, baru saja mengumumkan perolehan pendanaan Seri B senilai Rp323 miliar (US$22,5 juta) yang dipimpin oleh General Catalyst dan Jungle Ventures diikuti oleh partisipasi dari investor pendahulunya seperti ACCEL, Elevation Capital, dan WaterBridge Ventures

BISNISAASIA.CO.ID, JAKARTA – CityMall, e-commerce komunitas yang berbasis di India, baru saja mengumumkan perolehan pendanaan Seri B senilai Rp 323 miliar rupiah yang dipimpin oleh General Catalyst dan Jungle Ventures diikuti oleh partisipasi dari investor pendahulunya seperti ACCEL, Elevation Capital dan WaterBridge Ventures.

Pendanaan ini membuat total pendanaan yang dikumpulkan oleh CityMall sebanyak Rp 528 miliar sejak pendanaan Seri A mereka. 

Didirikan oleh Angad Kikla dan Naisheel Verdhan pada tahun 2019, CityMall adalah platform e-commerce berbasis komunitas pertama di India yang ditargetkan untuk konsumen di kota tier 2, 3, dan 4 di India.

CityMall memberikan peluang pendapatan bagi jaringan pengusaha mikro yang disebut pemimpin komunitas.

Para pemimpin ini memainkan peran penting dalam menyediakan akses ke produk dan layanan yang terjangkau untuk konsumen internet yang tinggal di kota kecil dan desa. Dalam kurang dari setahun, CityMall telah menjadi pelopor untuk sebuah komunitas, saluran distribusi yang disesuaikan dengan konsumen.

Menurut Co-Founder CityMall, Angad Kikla, internet telah mengubah kehidupan konsumen yang tinggal di kota-kota metro besar.

Namun, bagi pengguna berpenghasilan rendah hingga menengah di kota kecil, penggunaan internet terbatas pada konten dan sosial.

Kami membangun CityMall dengan visi untuk mengubah pengalaman mereka dengan internet – dengan memberi mereka akses peluang untuk mendapatkan penghasilan serta produk dan layanan yang terjangkau. CityMall memelopori saluran distribusi e-commerce unik yang dipimpin komunitas dan ditargetkan untuk pengguna India.

Co-Founder CityMall, Naisheel Verdhan menambahkan, “Visi kami adalah membangun ekosistem e-commerce terdesentralisasi untuk 200-300 juta pengguna Internet berikutnya yang tinggal di kota kecil dan desa. Saat aplikasi kami menggambarkan perjalanan para pemimpin komunitas dan memberikan mereka teknologi dan analitik konsumen untuk menjalankan dan mengembangkan toko digital virtual mereka, aplikasi pelanggan kami menawarkan pengalaman pembelian yang sangat sederhana dan terpersonalisasi untuk konsumen.”

CityMall unik karena platformnya yang sederhana dan intuitif memudahkan para pemimpin komunitas untuk bergabung agar dapat membuka toko virtual mereka, dan mengumpulkan permintaan melalui aplikasi ‘white label’ dan WhatsApp. Aplikasi ini juga mengatur perjalanan mereka, memastikan retensi dan keterlibatan yang tinggi baik dari pemimpin komunitas maupun pelanggan. CityMall baru saja mengembangkan penawarannya secara horizontal, dengan memperluas produk yang digunakan sehari-hari seperti bahan makanan dan produk FMCG, menjadi mode, elektronik, peralatan listrik, kosmetik, dan banyak lagi.  

Melalui model pembelian kelompok komunitasnya, startup ini mampu mengurangi biaya terbesar untuk platform e-commerce tradisional – biaya akuisisi pelanggan dan biaya logistik. 

Mengomentari penggalangan dana tersebut, Partner General Catalyst Alex Tran, mengatakan “Saat penetrasi internet menjangkau melampaui kota besar, kota kecil dan komunitas yang lebih kecil, model social commerce baru dan inovatif seperti CityMall memiliki potensi untuk menawarkan pengalaman membeli yang lebih baik kepada konsumen melalui pilihan yang tepat, poin harga, dan dukungan sambil menawarkan peluang wirausaha untuk jutaan orang. Kami bangga bekerja sama dengan CityMall untuk membangun perusahaan yang tahan lama untuk melayani ratusan juta konsumen berikutnya di India.”

Co-Founder Jungle Ventures, Amit Anand menambahkan: “Social atau Community Commerce adalah peluang internet bernilai miliaran dolar berikutnya di India. Perusahaan seperti Citymall memiliki potensi untuk tumbuh lebih viral dan menguntungkan melampaui model e-commerce. Kami percaya Citymall akan segera menjadi merek pilihan di jutaan rumah kelas menengah di India. Jungle Ventures senang bergabung dalam perjalanan ini bersama tim dan membantu membangun perusahaan yang tahan lama.” 

Citymall akan menggunakan dana segar ini untuk perekrutan, pengembangan teknologi, dan membangun jaringan logistik mereka sendiri, termasuk gudang dan hub. Selanjutnya, perusahaan bermaksud untuk memperkuat kehadirannya di 40 kota yang ada di jaringannya dan bertujuan untuk memperluas jangkauannya ke 100 kota baru dalam beberapa bulan mendatang. (BA-01) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here