Inilah Mitos dan Fakta mengenai Web, News dan Google

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Google mendengar sejumlah miskonsepsi tentang Google dan industri berita. Berikut adalah beberapa mitos paling umum dan fakta sebenarnya tentang Web, News, dan Google.

Mitos: Google tidak mau membayar penerbit berita.

Fakta: Dengan memilih menggunakan layanan iklan kami, penerbit berita menerima sebagian besar pendapatan yang dihasilkan. Setiap tahun kami membayarkan miliaran dolar langsung kepada partner penerbit berita di jaringan iklan kami.

Kami juga membantu penerbit menghasilkan uang menggunakan alat berlangganan Google, seperti Berlangganan dengan Google. Sejak diluncurkan pada tahun 2018, teknologi ini telah menghasilkan lebih dari 400.000 pelanggan berbayar baru untuk mitra berita kami. Dalam enam bulan terakhir saja, mitra telah mengembangkan basis langganan mereka hingga 100.000 pembaca.

Penerbit mengontrol cara mereka menerapkan Berlangganan dengan Google di situs mereka sendiri, dan mempertahankan 85% hingga 95% dari pendapatan, sambil juga memiliki hubungan pelanggan.

Cara lain kami untuk membayar konten adalah melalui Google News Showcase, Google telah lama mengatakan bahwa kapan dan di mana ada kebutuhan untuk melisensikan konten pihak ketiga untuk suatu produk, kami akan membayarnya. Selama bertahun-tahun kami telah melisensikan skor olahraga, informasi keuangan, cuaca, dan, baru-baru ini, berita audio.

Dengan Google News Showcase, kami telah berkomitmen $1 miliar selama tiga tahun untuk membayar penerbit untuk menghasilkan pengalaman konten yang dikurasi secara editorial dan untuk akses pengguna gratis yang terbatas ke konten berbayar.

Mitos: Google seharusnya membayar untuk link.

Fakta: Kemampuan untuk saling menautkan link antar-situs dengan bebas adalah bagian fundamental dari internet. Seperti halnya Anda tidak perlu membayar untuk mencantumkan hyperlink di dalam email, situs dan search engine pun tidak perlu membayar untuk menyediakan link ke situs pihak ketiga. Keharusan membayar dapat menjadi preseden buruk dan menguntungkan sekelompok konten (yaitu, konten dari penerbit berita) dibandingkan yang lain, sehingga merusak Google Search.

Mitos: Google menghasilkan sangat banyak uang dari konten berita.

Fakta: Kami tidak menghasilkan uang dari Google News. Ada berbagai anggapan yang sangat keliru tentang nilai konten berita bagi Google. Situs berita hanyalah sebagian kecil dari informasi yang ada di internet. Dalam setahun terakhir, kueri terkait berita di Google Search berjumlah kurang dari 2% dari total kueri di Google Search secara global.

Kami tidak menayangkan iklan atau menghasilkan uang dari sebagian besar penelusuran. Dan kami tidak menjalankan iklan di Google News atau tab hasil berita di Google Search.

Hampir semua iklan yang orang lihat di Google ditayangkan untuk penelusuran dengan niat komersial seperti “sneakers”, “t-shirts”, atau “bengkel” dan umumnya bukan dari kueri pencarian berita. Dan kami hanya menghasilkan uang jika iklan terbukti berguna dan relevan, sebagaimana ditandai oleh klik Anda pada iklan tersebut.

Meskipun kami tidak menjalankan iklan di Google Berita atau tab hasil berita, kami membantu organisasi berita menampilkan iklan di situs web, aplikasi, dan video mereka. Banyak penerbit berita menggunakan alat dan platform periklanan kami. Setiap tahun, kami membayarkan miliaran dolar langsung kepada partner penerbit berita di jaringan iklan kami.

Jutaan penerbit menggunakan layanan periklanan Google untuk menjalankan iklan digital di situs web dan aplikasi mereka, dan ketika melakukannya, mereka mempertahankan sekitar 70% dari pendapatan yang dihasilkan. Produk Google membantu penayang untuk menjual, menjadwalkan, menayangkan, dan digital ad inventory.

Setiap tahun kami membayar miliaran dolarkepada partner penerbit berita di jaringan iklan kami.

Sementara sebagian besar pendapatan masuk ke penerbit, sebagian besar yang diterima Google mendanai pengembangan dan pengoperasian teknologi, termasuk pengembangan dan pemeliharaan pusat data di seluruh dunia, kemajuan dalam machine learning, dan inovasi produk yang meningkatkan pendapatan penerbit dan berkontribusi pada web terbuka.

Mitos: Google mencuri konten penerbit berita.

Fakta: Google tidak menampilkan artikel berita secara penuh. Kami menautkan Anda ke konten berita, seperti halnya kami menautkan Anda ke halaman lain di web, seperti entri Wikipedia, blog pribadi, atau situs bisnis.  Organisasi berita dapat memilih untuk tidak disertakan dalam praktik ini, mengizinkan link tetapi tidak pratinjaunya, dan banyak lagi.

Seperti inilah cara kerja search engine lain dan internet secara umum. Setiap bulan, orang mengklik hasil Google Search dan Google News untuk membuka situs penerbit berita lebih dari 24 miliar kali. Artinya, lebih dari 9.000 klik per detik.

Mitos: Google mengambil sebagian besar uang dari penerbit berita yang menggunakan produk iklannya.

Fakta: Teknologi iklan kami memungkinkan organisasi berita menjual ruang iklan mereka kepada jutaan pengiklan di seluruh dunia, termasuk pengiklan yang tidak dapat mereka akses tanpa layanan-layanan ini.

Dengan menggunakan layanan iklan kami, penerbit berita menerima sebagian besar dari pendapatan yang dihasilkan. Setiap tahun, kami membayarkan miliaran dolar langsung kepada partner penerbit berita di jaringan iklan kami.

Dalam menganalisis data pendapatan dari 100 organisasi berita teratas tersebut, kami menemukan bahwa rata-rata, penerbit berita menyimpan lebih dari 95 persen pendapatan iklan digital yang mereka hasilkan saat menggunakan Ad Manager untuk menampilkan iklan di situs web mereka. Analisis ini mencerminkan biaya rata-rata yang dipertahankan oleh Ad Manager, dan tidak termasuk biaya yang mungkin dibayarkan ke platform dan layanan lain.

Mitos: Google dapat dibayar untuk mendapatkan penempatan yang lebih baik di hasil penelusuran Search.

Fakta: Google tidak menerima pembayaran untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di Search, dan tidak membayar penerbit situs manapun agar bersedia ditautkan di Search. Google tidak menerima pembayaran untuk mengindeks situs dalam hasil penelusuran organik di Search.(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here