Masuki Era Pembelajaran Hybrid, 25 Ribu Guru dari 34 Provinsi di Indonesia Ikuti Pelatihan Keterampilan Digital Abad 21

JagatBisnis.Com – Seiring dengan transisi dunia pendidikan ke era hybrid yang mengintegrasikan pembelajaran daring dengan tatap muka, keterampilan dan penguasaan teknologi memainkan peranan yang semakin penting.

Oleh karena itu, Microsoft didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menyelenggarakan “Pelatihan Keterampilan Digital Abad 21”, sebuah pelatihan keterampilan digital gratis untuk guru-guru di seluruh Indonesia. Sekitar 25.000 guru dari 34 provinsi di Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri telah mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan ini.

Percepatan transformasi digital dalam dunia pendidikan merupakan salah satu hal krusial di tengah perkembangan situasi saat ini. Pelatihan Keterampilan Digital Abad 21 pun menegaskan komitmen Microsoft untuk memodernisasi pendidikan, serta menambah pelatihan bagi 3 juta orang Indonesia dan memberdayakan lebih dari 24 juta orang Indonesia hingga akhir tahun 2021.

“Kami senang melihat tingginya antusiasme para guru di Indonesia terhadap pelatihan ini. Kami berharap materi yang diberikan dapat membantu guru untuk mengembangkan efektivitas dan kreativitas mereka di kelas digital. Dengan demikian, siswa di Indonesia pun dapat terus belajar secara produktif,” ujar Benny Kusuma, Education Lead, Microsoft Indonesia.

Adapun pelatihan akan terbagi ke dalam dua kelas, yaitu dasar (terbuka untuk semua guru) dan menengah (terbuka bagi guru yang telah lulus kelas dasar). Kelas dasar berfokus pada pelatihan keterampilan teknologi dasar seperti penggunaan fitur-fitur umum Outlook, Microsoft Teams, dan Class Notebook.

Sementara kelas menengah memiliki fokus pada transformasi pengalaman belajar di dalam kelas digital, serta otomatisasi pekerjaan dalam dunia pendidikan, seperti dengan menggunakan Microsoft Planner, Minecraft, dan Power Automate.

Pada 2021 ini, sebanyak 80% peserta mendaftar untuk tingkat dasar, dengan 20% lainnya menengah. Pelatihan akan berlangsung secara virtual dari tanggal 14 hingga 17 Juni 2021, di mana para guru dapat mengikutinya sesuai dengan waktu yang dapat mereka atur sendiri. Guru siap berinovasi, tingkatkan kapasitas pengajaran dan berikan pengalaman belajar yang kondusif bagi siswa di Indonesia.(HAB)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini