Libatkan Talenta Terbaik Indonesia, Shopee Ultimate Case Challenge Ajak Mahasiswa Mencicipi Serunya Bisnis E-Commerce

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Shopee Ultimate Case Challenge yang diselenggarakan Shopee Indonesia memasuki babak final yang akan digelar pada 29 Mei 2021. Acara yang dilakukan secara online ini merupakan sebuah kompetisi pemecahan kasus bisnis yang dirancang untuk menguji mahasiswa yang memiliki ide inovatif dan inventif untuk menyelesaikan permasalahan khususnya bidang e-commerce. Kompetisi Shopee Ultimate Case Challenge dibuka sejak tanggal 4 Maret dan diikuti oleh 216 perwakilan universitas terkemuka di Indonesia dan luar negeri.

Kompetisi Shopee ini berbeda dengan kompetisi kasus bisnis biasanya, karena dalam kompetisi ini terdapat sesi “mentor matching”, dimana 15 tim teratas melakukan presentasi kepada tiga direktur Shopee Indonesia yang kemudian akan memilih 6 tim teratas untuk maju dan dibimbing di tahap berikutnya. Empat sesi mentoring kemudian diberikan untuk melatih berbagai keterampilan yang krusial dalam dunia kerja dan bisnis. Kasus bisnis yang perlu dijawab oleh para tim terinspirasi dari bisnis nyata Shopee Indonesia, yaitu bagaimana mengembangkan bisnis melalui ekspor ke mancanegara, khususnya ke pasar Amerika Selatan.

Pada babak final terkumpul tiga team yaitu team Bebaslah, team Arjuna dan team Hooray yang terdiri dari perwakilan mahasiswa Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara serta Universitas Katolik Parahyangan. Para finalis telah melalui tahap mentoring langsung oleh tiga direktur Shopee Indonesia yaitu Handhika Jahja, Christin Djuarto dan Jianwei Low, serta juri external Teguh Dartanto, PhD, Pj Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia dan Ronni Ardiansyah, Executive Vice President and Chief Commercial Officer, Paragon Technology and Innovation.

Melalui kompetisi ini, Shopee menghadirkan jajaran praktisi e-commerce di sesi mentoring selama dua minggu untuk mengajarkan problem solving skill, logical thinking skills, presentation skill dan berbagai kemampuan lainnya yang akan berguna ketika para mahasiswa ini memasuki dunia kerja. Selama masa mentoring, ketiga tim mendapatkan arahan dari praktisi e-commerce terkait bagaimana cara menjalankan bisnis e-commerce. Mereka juga mendapatkan mentoring untuk mencari solusi dalam memecahkan problematika bisnis e-commerce.

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengatakan “Sebagai perusahaan yang ingin meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, kami ingin memberikan generasi penerus kesempatan untuk mencicipi dunia bisnis yang kompetitif. Shopee Ultimate Case Challenge akan memberikan pemahaman bagi para peserta tentang bagaimana industri e-commerce beroperasi serta berbagai tantangan dari proses berjalannya usaha e-commerce. Selain itu kompetisi ini kami jadikan sebuah upaya pendekatan bagi mahasiswa untuk mengenal lebih dekat industri e-commerce sebagai pilihan karir setelah mereka menyelesaikan jenjang kuliah.”

Tiga tim terbaik dan satu tim favorit akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 20.000.000 (Champion), Rp 12.500.000 (First Runner Up), Rp 10.000.000 (Second Runner Up) dan Rp 2.500.000 (Favorite Team). Terlebih lagi, mereka berkesempatan untuk bekerja di Shopee Indonesia nantinya. Babak final Shopee Ultimate Case Challenge dapat disaksikan secara langsung online di bit.ly/Watchsucc pada tanggal 29 Mei 2021 pukul 10.00 WIB.

Untuk dapat menjangkau banyak talenta di Indonesia, Shopee Ultimate Case Challenge telah bekerja sama dengan 82 universitas lokal serta berbagai komunitas pelajar lokal dan di luar negeri. Shopee berusaha untuk menjaring talenta-talenta terbaik yang akan berperan kedepannya dalam pengembangan e-commerce sebagai platform yang relevan serta solutif bagi masyarakat.

Handhika menutup “Peran e-commerce kini semakin vital sebagai platform untuk menggerakkan ekonomi dan menjadi solusi bagi masyarakat dalam mencari berbagai kebutuhan. Kami harap keterampilan dan metode yang diasah di acara ini dapat menjadi pengalaman berharga untuk semakin mengembangkan diri agar kedepannya dapat menggunakan teknologi untuk memecahkan masalah bersama.”(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here