Catat! 3 Tips Mendesain Home Office agar Produktif ala Samsung

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Bagi sebagian orang, bekerja dari rumah telah menjadi kebiasaan baru sejak tahun lalu. Model kerja hybrid working pun muncul, memadukan kesempatan untuk berkolaborasi dengan rekan kerja di kantor secara teratur sambil menikmati manfaat bekerja dari rumah di hari lain.

Karena area kerja di rumah kemungkinan besar akan menjadi area permanen, membuat area tersebut menjadi lebih nyaman tentu akan bermanfaat.

Berikut adalah tiga tips ala Samsung untuk mengubah rumah menjadi tempat yang produktif untuk bekerja dan juga bersantai.

1. Sesuaikan pengaturan home office untuk meningkatkan efisiensi kerja

Ruang produktif yang terbatas pada layar laptop kecil selama berjam-jam pada akhirnya akan membebani mata, bahu, dan leher. Maka pilihan memiliki monitor untuk memperluas layar laptop akan menjadi sangat berguna.

Dengan Samsung Smart Monitor, serangkaian fitur untuk bekerja, belajar, dan hiburan disatukan dalam satu layar. Pengguna dapat mengakses aplikasi Microsoft Office 365 tanpa koneksi PC, artinya pengguna dapat melihat, mengedit, dan menyimpan dokumen di cloud langsung dari layar yang lebih besar.

Untuk pengalaman desktop yang lengkap menggunakan perangkat seluler, pengguna juga dapat menghubungkan smartphone ke Smart Monitor dengan Samsung DeX dan menggunakan aplikasi produktivitas mobile, seperti konferensi video dan dokumen, untuk beraktivitas seolah dengan PC walaupun tanpa perangkat PC.

Penting juga untuk menciptakan area kerja yang dapat membantu masuk ke ‘mode kerja’ dengan mudah. Jika tidak memiliki kamar terpisah yang dapat digunakan sebagai home office, masih dapat memanfaatkan ruang yang ada dengan membuat area kerja di sudut ruangan yang tenang yang tidak menghadap berbagai godaan seperti tempat tidur atau TV.

Saat bekerja dari rumah, cobalah berpakaian secara profesional selama jam kerja dan kenakan pakaian santai setelah selesai bekerja.

Penting juga untuk beristirahat sejenak di sela-sela pekerjaan sepanjang hari. Namun, tetap disiplin menggunakan waktu istirahat yang dialokasikan.

2. Lebih fokus, lebih sedikit gangguan

Salah satu gangguan terbesar saat bekerja dari rumah adalah harus mengatur pekerjaan rumah dan aktivitas rumah tangga.

Untuk meminimalisir gangguan rutin, gunakan aplikasi Samsung SmartThings untuk mengontrol seluruh ekosistem perangkat pintar di rumah dengan nyaman melalui smartphone. Mulai dari mengatur suhu AC yang tepat, atau memeriksa status cucian.

Samsung Smart Ecobubble Washer dapat menyelesaikan pencucian harian dengan cepat dan intuitif dengan bantuan AI, juga dapat dipantau lewat smartphone, walhasil kegiatan mencuci menjadi mudah sehingga dapat fokus pada pekerjaan.

3. Mempertahankan kebugaran dan kesehatan

Kebugaran besar manfaatnya untuk produktivitas. Saat work from home, manfaatkan waktu yang dihemat dari perjalanan rumah-kantor untuk berolahraga, karena endorfin yang diperoleh dari sesi olahraga dapat membantu menjaga kesehatan mental.

Tingkatkan produktivitas dari rutinitas olahraga Anda melalui jam tangan pintar seperti Galaxy Watch, yang memadukan produktivitas via smartphone dan teknologi kesehatan terkemuka untuk menyajikan semua statistik olahraga penting ke smartphone Galaxy.

Karena sebagian besar hari Anda dihabiskan dengan duduk, berinvestasi di kursi ergonomis dapat membantu menawarkan dukungan dan bantalan punggung yang cukup untuk membantu menjalani hari. Jika merasa kurang nyaman saat duduk waktu bekerja dari rumah, pertimbangkan untuk berpindah-pindah antara duduk dan berdiri dengan meja yang dapat disesuaikan ketinggiannya.

Karena pengaturan hybrid working kemungkinan besar akan bertahan hingga masa mendatang, saat ini beradaptasi dengan pola tersebut menjadi sangat penting. Dengan pendekatan dan perangkat yang tepat, kita semua dapat memiliki gaya hidup hybrid working yang disempurnakan yang memungkinkan kita menjadi produktif dan kolaboratif di tempat kerja dan di rumah.(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here