BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, Bukalapak dan Bank Commonwealth mengadakan Webinar Srikandi untuk para pelaku bisnis kecil & menengah perempuan di seluruh Indonesia dengan judul “Taktik Marketing Bikin Produk Lokal Dicintai Banyak Pembeli”.
Webinar ini bertujuan untuk membagikan cerita sukses dan strategi dalam mengembangkan produk lokal hingga sukses dan diminati banyak orang di Indonesia, sekaligus meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya manajemen keuangan sebagai upaya untuk mengembangkan usaha.
Masih sejalan dengan tagline Komunitas Srikandi Bukalapak yaitu Keluarga Terurus, Saldo Nambah Terus, kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi keuangan dengan target perempuan, bernama WISE (Womenpreneur Indonesia for Sustainability & Empowerment) milik Bank Commonwealth.
Komunitas Srikandi Bukalapak adalah komunitas pengusaha perempuan dan penjual online perempuan di Bukalapak yang bertujuan untuk pemberdayaan diri dengan memanfaatkan pengetahuan bisnis dan keterampilan kewirausahaan digital. Berdiri pada 2018 dan kini memiliki lebih dari 1.5 juta anggota hingga Desember 2020, Komunitas Srikandi Bukalapak fokus menyelenggarakan workshop womanpreneur di seluruh kota di Indonesia dengan pendekatan offline atau online. Kehadiran Komunitas Srikandi Bukalapak di tengah masyarakat, khususnya para perempuan, diharapkan semakin membawa manfaat yang besar bagi perekonomian bangsa Indonesia.
“Mengusung semangat R.A Kartini yang gigih memperjuangkan kesetaraan untuk perempuan di Indonesia, Bukalapak berharap akan tercipta wirausaha perempuan yang tangguh, mandiri serta mampu bersaing di era digital dan bermanfaat untuk sekitarnya. Hal inilah yang senantiasa menjadi tujuan dari semua program Komunitas Srikandi Bukalapak. Melalui Webinar edisi spesial ini, kami ingin meningkatkan kesadaran di kalangan pelaku usaha perempuan bahwa dengan memanfaatkan teknologi dan strategi pemasaran yang tepat, mereka dapat memiliki produk lokal yang dicintai oleh banyak pembeli serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Ian Agisti Dewi Rani, Merchant Community & Engagement Lead Bukalapak.
“Bank Commonwealth berkomitmen untuk aktif dalam memberdayakan perempuan Indonesia melalui program WISE dengan melangsungkan program literasi keuangan dalam berbagai kegiatan pelatihan dan pendampingan, baik secara tatap muka maupun daring, sejak 2014 dan telah diikuti oleh lebih dari 60.000 perempuan Indonesia. Dengan kerja sama strategis bersama Bukalapak ini, kami berharap dapat terus meningkatkan peran perempuan terutama yang memiliki UMKM untuk berkontribusi dalam memajukan perekonomian Indonesia,” kata Bayu Irawan, Head of Corporate Communications & Financial Inclusion Bank Commonwealth.(BA-04)