Strategi Bank OCBC NISP untuk Akselerasi Kinerja di 2021

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Bank OCBC NISP terus berupaya untuk berperan lebih dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19 yang telah berlangsung lebih dari satu tahun. Sebagai mitra seperjalanan dari masyarakat Indonesia selama 80 tahun, Bank OCBC NISP fokus untuk mendorong peningkatan literasi keuangan masyarakat, mendukung pengembangan para pelaku UMKM, dan keberlanjutan bisnis atau sustainability.

Disrupsi yang dihadirkan oleh pandemi ini mendorong Bank OCBC NISP untuk terus menghadirkan inovasi dan inisiatif dalam menyediakan solusi finansial bagi masyarakat, baik nasabah individu, maupun pelaku usaha kecil hingga besar.

“Dengan memahami tantangan yang dihadapi oleh nasabah, Kami terus mengakselerasi kemampuan dalam menjalankan fungsi intermediasi berdasarkan prinsip kehati-hatian dan menghadirkan berbagai solusi perbankan yang mendukung nasabah korporasi dan individu menjaga kesehatan keuangannya. Bank akan terus memperkuat layanan berbasis digital untuk menjawab kebutuhan nasabah mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks. Kami juga terus melanjutkan komitmen kami dalam mengambil peran yang lebih besar untuk mendorong keberlanjutan bisnis melalui pembiayaan sektor-sektor usaha yang dapat berkontribusi positif bagi ekonomi, sosial dan lingkungan,” ujar Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP.

Sebagai salah satu upaya untuk mendorong pergerakan ekonomi, Bank OCBC NISP telah menyiapkan beragam solusi menarik untuk meningkatkan penyaluran kredit, di antaranya melalui program #TAYTB Women Warrior yang memberikan pendanaan dengan suku bunga menarik bagi pengusaha perempuan Indonesia. Untuk pengusaha UMKM, Bank OCBC NISP menawarkan program KTA CashBiz dengan pendanaan hingga Rp200juta yang dapat diajukan secara online. Tidak hanya itu, untuk nasabah individual, Bank OCBC NISP juga memberikan suku bunga KPR Easy Start yang sangat menarik yakni mulai dari 1,8% p.a untuk tahun pertama khusus untuk properti yang ramah lingkungan dan memiliki pembangunan berkelanjutan.

Untuk mendukung nasabah korporasi menjawab tantangan yang dihadirkan pandemi, Bank OCBC NISP memberikan solusi perbankan komprehensif yang didukung dengan layanan berbasis digital, yakni [email protected] berbasis web dan mobile. Layanan [email protected] yang dapat disesuaikan dengan skala bisnis nasabah ini mendapat sambutan yang positif dari nasabah korporasi. Hal ini terlihat pada jumlah nilai transaksi yang dilakukan melalui channel ini mengalami peningkatan sebesar 63% yoy per kuartal I 2021. Di sisi lain, frekuensi transaksi meningkat sebesar 9% yoy dan jumlah pengguna meningkat sebesar 15% yoy.

Bank OCBC NISP juga terus melanjutkan komitmennya untuk menghadirkan solusi keuangan berkelanjutan yang mendukung nasabah agar dapat melaju jauh memberikan dampak positif terhadap aspek sosial, ekonomi dan lingkungan. Komitmen Bank OCBC NISP dalam mendorong penyaluran pembiayaan berkelanjutan ini direspon positif oleh nasabah korporasi.

Mendukung masyarakat Indonesia untuk #MelajuJauh mewujudkan masyarakat yang financially fit, Bank OCBC NISP terus memperkuat kemampuan aplikasi ONe Mobile sebagai Comprehensive Money Manager dalam genggaman yang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan transaksi nasabah tetapi juga membantu nasabah dalam melakukan pengelolaan keuangan dan investasi guna membantu mereka dalam  meraih aspirasi keuangannya.

Lebih dari sekedar kapabilitas untuk menabung ataupun transaksi pembayaran kebutuhan sehari-hari maupun lifestyle penggunanya, ONe Mobile menyediakan solusi komprehensif mulai dari informasi keuangan menyeluruh mulai dari portofolio akun, kondisi pasar terkini, pembelian maupun evaluasi atas kinerja produk-produk investasi yang dimiliki nasabah. Bahkan, nasabah dapat mengajukan aplikasi KPR melalui ONe Mobile untuk meraih mimpi memiliki rumah ataupun menjadikan properti sebagai instrumen investasi.

Pemanfaatan ONe Mobile terus meningkat terlihat dari jumlah download aplikasi ONe Mobile yang hampir mencapai 1 juta kali sepanjang tahun 2020. Tidak hanya dari jumlah downloader, kenyamanan nasabah dalam bertransaksi di ONe Mobile juga terlihat dari frekuensi transaksi dan nilai transaksi yang terus mengalami peningkatan. Hingga kuartal I 2021 ini jumlah pengguna mengalami peningkatan sebesar 32% jika dibandingkan periode yang sama pada tahun 2020.

Kenyamanan nasabah individu tidak hanya terbatas pada kegiatan transaksi perbankan. Nasabah juga mulai nyaman menggunakan channel digital Bank OCBC NISP untuk membeli produk-produk investasi, termasuk di dalamnya produk simpanan nasabah (costumer deposits). Nilai customer deposits yang dibuka melalui channel digital mengalami peningkatan sebesar 21% yoy.

Tidak hanya itu, Bank OCBC NISP juga terus membawa perbankan lebih dekat kepada seluruh nasabah dengan menghadirkan Omnichannel Banking Experience dimana nasabah tidak hanya mendapatkan layanan perbankan 24/7 dengan ONe Mobile, kini nasabah yang membutuhkan layanan advisory perbankan dapat berdiskusi dengan Relationship Manager Mobile atau datang ke kantor cabang yang didesain untuk memberikan kenyamanan nasabah berdiskusi mengenai aspirasi keuangannya.

“Kedepan, kami percaya kebutuhan akan pembiayaan berkelanjutan maupun layanan perbankan digital akan semakin tinggi. Bagi kami, kedua hal tersebut merupakan inisiatif yang perlu didorong lebih lanjut agar dapat mendukung kinerja korporasi yang berkelanjutan sekaligus mendukung pemulihan ekonomi nasional. Ini merupakan wujud konkrit dukungan Bank untuk menempatkan Indonesia sebagai salah satu Negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia,” tutup Parwati.(BA-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here